Diet Atkins ; Program Diet Rendah Karbohidrat

Diet Atkins

Diet Atkins merupakan suatu program diet rendah-karbohidrat, yang sangat direkomendasikan untuk penurunan berat badan. Mereka yang menjalani diet ini mengklaim bahwa Anda dapat menurunkan berat badan selagi masih mengonsumsi protein dan lemak seperti biasa.

Go DokAnda merasa kelebihan berat badan? Menginginkan cara cepat untuk mengatasinya? Belakangan suatu program yang dinamakan Diet Atkins menjadi populer di kalangan mereka yang menderita obesitas.

Pasalnya, diet yang satu ini memberi jaminan untuk menurunkan berat badan, dan mempertahankannya bahkan setelah program diet selesai. Keefektifannya membuat diet ini banyak diminati. Tertarik untuk mencobanya? Yuk, simak penjelasan lengkap dalam mengenal diet Atkins berikut ini!

Apa itu diet Atkins?

Diet Atkins merupakan suatu program diet rendah-karbohidrat, yang sangat direkomendasikan untuk penurunan berat badan. Mereka yang menjalani diet ini mengklaim bahwa Anda dapat menurunkan berat badan selagi masih mengonsumsi protein dan lemak seperti biasa, bahkan sebanyak yang Anda mau.

Namun, Anda harus menghindari makanan yang tinggi karbohidrat sebanyak dan sebisa mungkin. Jika Anda masih ragu, ketahuilah bahwa program diet ini didukung secara ilmiah.

Berdasarkan penelitian selama 12 tahun terakhir, sebanyak lebih dari 20 studi telah menunjukkan bahwa diet rendah-karbohidrat tanpa kebutuhan untuk menghitung asupan kalori cukup efektif untuk menurunkan berat badan dan dapat meningkatkan kesehatan tubuh Anda.

Bagaimana cara kerja program diet Atkins?

Dalam mengenal diet Atkins, tentunya Anda juga harus mengenal cara kerjanya. Diet ini terbagi atas 4 tahap, yaitu :

  • Tahap 1 (induksi) : Pada tahap yang cukup ketat ini, Anda diharuskan mengonsumsi karbohidrat tidak lebih dari 20 gr dalam 2 minggu. Artinya, Anda harus mengurangi secara drastis asupan karbohidrat dan mengonsumsinya hanya dari sumber nabati.  Di lain sisi, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi makanan tinggi-lemak, tinggi-protein, dengan sayuran berkarbohidrat rendah. Anda bisa mengonsumsi karbohidrat dari sayuran, seperti brokoli, asparagus, kacang hijau, paprika, seledri, dan mentimun. Sementara protein dan lemak bisa didapat dari ikan, kerang, daging sapi, daging ayam, telur, dan keju yang harus Anda konsumsi setiap hari.
  • Tahap 2 (menyeimbangkan) :Di tahap ini, Anda akan terus mengonsumsi minimal 12 – 15 gr karbohidrat dari sumber nabati. Anda juga tetap harus menghindari makanan berkadar gula tinggi. Anda bisa menambah kembali menu yang kaya karbohidrat, namun masih dalam batas nabati, seperti kacang-kacangan, beri, dan biji-bijian. Pada tahap ini, berat badan Anda akan terus berkurang. Tetaplah jalani tahap ini hingga Anda hanya berjarak 4,5 kg dari berat badan sasaran Anda.
  • Tahap 3 (fine-tuning) :Di tahap ini, Anda biasanya sudah sangat dekat dengan berat badan sasaran Anda. Anda bisa menambah secara bertahap variasi makanan yang dikonsumsi, termasuk buah-buahan, sayuran yang mengandung starch (pati), dan gandum murni. Anda dapat menambah sekitar 10 gr karbohidrat setiap minggu, namun berhentilah jika penurunan berat badan kembali berhenti. Anda harus tetap menjalani tahap ini hingga berat badan sasaran Anda tercapai.
  • Tahap 4 (pemeliharaan): Di tahap ini, Anda bisa memakan sebanyak mungkin karbohidrat sehat yang dapat ditoleransi  tubuh Anda, tanpa menambah berat badan. Tahap ini dijalani setelah Anda mencapai berat badan yang menjadi sasaran.

Lalu, makanan apa saja yang ada di dalam menu?

Diet Atkins di awalnya akan berfokus pada konsumsi makanan yang mengandung protein serta lemak, seperti :

  • Daging sapi
  • Daging ayam
  • Seafood
  • Telur
  • Mentega
  • Minyak
  • Keju.

Sementara itu, Anda juga harus menghindari konsumsi makanan yang bersari pati dengan kadar karbohidrat tinggi dan berkadar gula tinggi, antara lain :

  • Roti dan gandum
  • Pasta
  • Kentang
  • Keripik
  • Kue-kue
  • Permen.

Pertama-tama, Anda akan mengonsumsi karbohidrat dalam bentuk sayuran. Jika Anda sudah berkembang lebih jauh, Anda akan bisa menambah sumber karbohidrat nabati lainnya, seperti kacang-kacangan, buah, dan gandum murni.

Nah, itu dia serba serbi mengenal diet Atkins yang penting untuk Anda ketahui sebelum memutuskan untuk mencobanya. Jadi, siap menjalaninya? Tentukan berat badan idaman Anda!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi