Definisi Kasih Sayang dan Bentuknya dalam Kehidupan

definisi kasih sayang

Go DokDefinisi kasih sayangDengan semakin mendekatnya bulan Februari, artinya semakin dekat pula hari Valentine. Hari yang juga dijuluki Hari Kasih Sayang sedunia ini, merupakan waktu di mana setiap orang memberikan tanda cinta dan kasih sayang kepada teman hidup mereka. Nah, untuk menyambut Hari Valentine, mari simak apa kata psikolog dan dunia kesehatan tentang definisi kasih sayang itu sendiri. Apa yang termasuk bentuk kasih sayang, dan bagaimana rasa ini timbul di dalam diri setiap orang? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan lengkap tentang kasih sayang berikut ini!

Definisi kasih sayang

Kasih sayang, yang dalam bahasa Inggris disebut juga sebagai affection, merupakan suatu cara untuk menunjukkan rasa cinta atau mengungkapkan rasa cinta kepada seseorang, secara fisik. Tingkah mesra ini ditunjukkan dengan berbagai cara fisik, baik itu sentuhan, pelukan, maupun ciuman terhadap seseorang yang Anda sayangi.  Di sisi lain, definisi kasih sayang ternyata tidak hanya diartikan sebagai bentuk fisik dari cinta. Menurut Psychology Dictionary, kasih sayang merupakan suatu perasaan emosional, yang melibatkan kedekatan, keintiman, dan sensitivitas terhadap orang lain. Jadi, definisi kasih sayang diartikan sebagai perasaan emosional, yang tidak terkait dengan cara seksual, melainkan dalam cara yang justru tidak melibatkan hubungan seksual sama sekali.

Lalu, apa kata psikolog tentang kasih sayang?

Menurut situs Biopsychology, definisi kasih sayang seringkali diartikan sebagai suatu perasaan yang diberikan dan diterima oleh seseorang, dalam konteks hubungannya dengan cinta. Namun, hal ini tidak bisa diartikan secara mutlak. Pasalnya, suatu bentuk emosi bukanlah sesuatu yang dapat diberikan ataupun diterima. Emosi adalah sesuatu yang secara sederhana dirasakan, layaknya rasa marah maupun rasa bahagia. Karenanya, kasih sayang tidak secara mutlak didefinisikan sebagai suatu bentuk emosi, melainkan perasaan yang diberikan oleh satu orang ke seseorang, atau sesuatu lainnya.

Kasih sayang merupakan sesuatu yang mengalir di antara manusia, diterima, dan diberikan. Untuk memberikan maupun merasakan kasih sayang, seseorang membutuhkan suatu bentuk usaha. Dalam hubungannya antara satu makhluk dan makhluk lain, kasih sayang berbentuk non-seksual, di mana setiap orang yang memiliki rasa cinta terhadap orang lain bisa merasakannya. Hal ini dibuktikkan dengan adanya kasih sayang yang timbul dari rasa cinta seorang ibu kepada anaknya, seorang kakak kepada adiknya, dan tentu saja seorang pria kepada wanita, ataupun sebaliknya. Ditambah lagi, definisi kasih sayang bukanlah sesuatu yang hanya diberikan antar-manusia, melainkan juga kepada spesies lainnya. Manusia bisa merasakan dan memberikan kasih sayang kepada hewan peliharaannya, baik itu kucing, anjing, maupun hewan lainnya.

Apakah kasih sayang dan cinta merupakan dua hal yang berbeda?

Ya, kasih sayang dan cinta merupakan dua hal yang berbeda. Pasalnya, kasih sayang muncul sebagai salah satu bentuk cinta, dan bukan satu-satunya wujud dari cinta itu sendiri. Cinta merupakan sesuatu yang lebih rumit, dengan cakupan yang lebih luas. Bentuk dari cinta bisa bermacam-macam, baik itu dalam bentuk kasih sayang, perhatian, pemahaman antara satu sama lain, dan hubungan seksual. Sementara kasih sayang adalah suatu wujud dari pengungkapan cinta yang diberikan oleh seseorang kepada sesuatu atau orang lain yang memang dicintainya.

Nah, itu dia penjelasan mengenai definisi kasih sayang dan bentuknya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi