Definisi Diet dan Beragam Jenisnya

definisi diet

Diet bisa diartikan sebagai pola makan yang biasa dijalani oleh seseorang (individu), atau sekelompok orang dalam suatu negara, daerah, atau kepercayaan tertentu. Istilah diet juga seringkali diartikan sebagai aturan pola makan ketat untuk alasan kesehatan atau penyembuhan penyakit.

 

Go DokDiet oh diet. Istilah yang satu ini pastinya sudah begitu akrab di telinga Anda, dan terdengar di mana-mana. Apa yang terlintas di pikiran Anda saat mendengar istilah ini? Aturan pola makan ketat? Suatu cara untuk mengurangi berat badan? Terkadang, beberapa orang juga mengartikan diet sebagai “tidak makan sama sekali atau hanya makan sangat sedikit” demi mencapai berat badan ideal. Namun, apakah semua hal tersebut benar-benar definisi diet? Untuk menjawabnya, yuk simak penjelasan lengkap berikut ini!

Apa itu diet?

Menurut kamus Merriam-Webster, istilah diet pertama kali muncul dalam bahasa Inggris pada abad ketigabelas, dan diartikan sebagai “makanan  dan minuman yang umumnya dikonsumsi seseorang  setiap hari”. Secara modern, hal ini bisa diartikan sebagai pola makan yang biasa dijalani oleh seseorang (individu), atau sekelompok orang dalam suatu negara, daerah, atau kepercayaan tertentu. Belakangan, diet juga diartikan sebagai aturan makan-minum, pola makan-minum, atau cara makan-minum yang dihemat dan diatur ketat dengan tujuan untuk mengurangi berat badan seseorang. Istilah diet juga seringkali diartikan sebagai aturan pola makan ketat untuk alasan kesehatan atau penyembuhan penyakit.

Diet secara garis besar

Diet yang diartikan sebagai pola makan sehari-hari, bisa digunakan untuk menyebut kebiasaan makan sekelompok orang dari daerah tertentu. Pola makan penduduk Jepang, kadang disebut Japanese Diet atau Okinawa Diet (lebih banyak ikan dan protein), sementara ada pula Indian Diet atau Hawaiian Diet untuk menyebut pola makan orang India (sedikit daging) dan Hawai.

Diet bisa pula digunakan untuk menyebut pola makan seseorang dalam kepercayaan atau prinsip tertentu. Pola makan yang menghindari mengonsumsi daging misalnya, disebut Vegetarian Diet. Ada pula Starch Diet yang diselami oleh mereka yang hanya mengonsumsi karbohidrat melalui starch. Selain itu, ada pula Hindu Diet (tidak mengonsumsi daging sapi) dan Islamic diet (tidak mengonsumsi daging babi, anjing, dan apapun yang diharamkan dalam Islam).

Diet sehat

Sederhana saja, diet sehat merupakan pola makan dan minum yang mengutamakan asupan nutrisi dan kalori yang dibutuhkan oleh tubuh melalui berbagai makanan. Diet sehat memastikan bahwa tubuh Anda mengonsumsi segala nutrisi yang dibutuhkan tubuh setiap harinya; protein, serat, karbohidrat, vitamin, dan mineral secara teratur. Setiap orang tentu seharusnya mengikuti pola makan sehat ini, hanya saja tidak banyak yang melakukannya. Diet sehat antara lain terdiri dari :

  • Protein, yang Anda butuhkan 35% dari total asupan kalori setiap hari. Anda bisa mendapatkannya dari daging, telur, daging ikan, kacang-kacangan,
  • Karbohidrat, dibutuhkan sebanyak hampir 75% dari total asupan kalori Anda per harinya, untuk memberikan energi bagi tubuh.  Anda bisa mendapatkannya dari nasi, roti, kentang, ubi, ketela, gandum, oat, dan makanan lainnya.
  • Serat, dibutuhkan tubuh terutama untuk melancarkan pencernaan, bisa Anda dapatkan dari berbagai sayuran hijau, buah-buahan, dan jus.
  • Vitamin dan mineral, dibutuhkan tubuh untuk memperkuat sistem imun serta menjaga kesehatan berbagai organ tubuh. Anda bisa mendapatkannya dari kacang-kacangan, susu, telur, sayuran, dan buah-buahan.

Selain itu, meminum air putih setidaknya 6 – 8 gelas dalam sehari juga termasuk dalam diet sehat, guna menjaga tubuh tidak dehidrasi. Diet sehat juga termasuk larangan untuk terlalu banyak mengonsumsi gula, garam, serta lemak (gorengan, makanan cepat saji, minuman berperisa buatan, makanan kalengan, dll). Serta rekomendasi untuk mengonsumsi lebih banyak buah dan sayuran.

Diet sebagai aturan makan ketat

Diet yang diartikan sebagai aturan pola makan ketat, biasanya dilakukan karena berbagai alasan, mulai dari menurunkan berat badan, membantu penyembuhan suatu penyakit, atau untuk alasan kesehatan lainnya. Diet untuk menurunkan berat badan beragam, mulai dari DietMediteranian, Diet OCD, Diet Gluten, dan Diet Mayo. Sementara itu, diet yang bertujuan untuk membantu penyembuhan suatu penyakit, antara lain adalah Diet Ketogenik, Diet Hipertensi, Diet Diabetes, dan Diet Jantung Sehat.

Diet bisa pula dilakukan untuk menghilangkan racun, seperti Diet Detox dan Diet Ginjal Sehat. Biasanya, masing-masing diet dijalankan dengan masing-masing aturan tertentu. Baik itu aturan waktu makan, jenis makanan dan minuman apa saja yang boleh dan tidak boleh dikonsumsi, seberapa banyak suatu makanan atau minuman harus dikonsumsi, dan hal-hal lainnya.

Nah, itu dia penjelasan lengkap tentang definisi diet dan ragam jenisnya yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar diet? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tipsnya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi