Dampak Buruk Sinar UV Bagi Kesehatan, Apa saja?

Dampak buruk sinar uv

Go DokDampak buruk sinar UVSalah satu musuh utama kulit yang sering dihindari adalah Sinar Ultraviolet (UV). Mengapa? Karena banyak pengetahuan yang menyebutkan bahwa sinar tersebut dapat menyebabkan kulit ‘terbakar’ dan jaringan tubuh rusak jika terpapar terus menerus.

Berdasarkan panjang gelombang dan energi yang dimilikinya, sinar ultraviolet dikelompokkan menjadi tiga jenis yaitu:  UVA,  UVB, dan  UVC. Sebenarnya, tidak peduli sinar UV jenis apa yang menembus bumi. Faktanya, ketiganya memiliki dampak berbahaya bagi kesehatan Anda.

Yuk, simak ulasan dampak buruk sinar UV berikut ini!

1. Kanker kulit

Kanker kulit merupakan salah satu dari dampak buruk sinar UV yang bisa mengintai Anda. Menurut penelitian, 90% penyebab kanker kulit ialah paparan sinar UV. Karsinoma sel basal, karsinoma sel skuamosa dan melanoma adalah tiga tipe kanker kulit yang mungkin dapat terjadi. Ingin menghindarinya? Sebaiknya hindarilah sinar matahari di siang dan sore hari, namun jika Anda memiliki rutinitas di luar ruangan sebaiknya gunakanlah pakaian dan produk pelindung kulit.

2. Eritema

Eritema  adalah istilah umum yang digunakan untuk menggambarkan kondisi kulit yang ditandai dengan kemerahan atau ruam, biasanya dikarenakan terkena paparan sinar UV yang terlalu lama.

3. Merusak mata

Jangan sekali-kali melihat paparan sinar UV dengan mata telanjang secara langsung. Pasalnya, paparan UV yang berkepanjangan atau intensitas UV yang tinggi nyatanya dapat merusak jaringan mata atau yang lebih dikenal dengan istilah  ‘kebutaan salju’ atau fotokeratitis. Meskipun dampak buruk sinar uv ini dapat hilang beberapa hari, tidak menutup kemungkinan menyebabkan komplikasi lebih lanjut dan berujung pada katarak.

4. Merusak sistem kekebalan tubuh

Semua orang pasti tahu, sistem kekebalan tubuh yang baik akan melindungi Anda dari berbagai penyakit berbahaya. Salah satu cara yang bisa dilakukan agar memiliki kekebalan tubuh yang kuat adalah dengan menghindari sinar UV, pasalnya sengatan matahari bisa mengubah distribusi dan fungsi sel darah putih melawan penyakit pada manusia hingga 24 jam setelah terpapar.

5. Penuaan pada kulit

Sebaiknya hindarilah berlama-lama berada di bawah sinar matahari jika tidak mau terlihat tua dari umur Anda. Pasalnya, dampak buruk sinar UV dapat menghancurkan kolagen dan jaringan ikat di bawah lapisan atas kulit yang menyebabkan keriput, bintik cokelat, hilangnya elastisitas, hingga perbedaan warna atau belang.

Itulah 5 dampak buruk dari sinar UV bagi kesehatan . Disamping memiliki dampak buruk sebenarnya sinar UV juga memiliki dampak positif termasuk sumber vitamin D bagi tubuh. Vitamin  D berasal dari sinar matahari di pagi hari. Akan tetapi jika terkena sinar matahari lewat dari pagi hari akan berbahaya, apalagi jika berlebihan. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kulit wajah? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tips dan penanganannya. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

IS/PJ/MA

Referensi