Dampak Buruk Memanjangkan Kuku; Yuk, Pertimbangkan Lagi!

dampak buruk memanjangkan kuku

Go Dok– Dampak buruk memanjangkan kuku- Mengingat kuku adalah tempat yang paling ideal  untuk tinggalnya kuman dan kotoran, maka ide memanjangkan kuku bukanlah hal yang bijak karena dapat membawa dampak buruk bagi kesehatan.

Tidak bisa dipungkiri, bagi kaum hawa kuku panjang merupakan salah satu simbol kecantikan, namun tahukah Anda bahwa hal tersebut dapat mengundang kuman dan bahkan masalah kesehatan lainnya jika tidak benar-benar dirawat? Ya, sebuah studi yang dilakukan oleh Infectious Disease Society of America menemukan bahwa kuku yang lebih panjang dari 3 milimeter dari ujung jari, rentan untuk membawa bakteri berbahaya dan juga ragi di dalamnya. Penelitian ini juga menyatakan bahwa kebiasan dari banyak orang adalah tidak mencuci tangan mereka dengan baik sehingga kuman tersebut masih menempel di kuku mereka. Menurut Dr. Carol Kauffman, salah satu pemimpin studi ini menyarankan kita untuk setidaknya mencuci tangan dan kuku paling tidak selama 15 detik agar bebas dari kuman yang tak terlihat.

Karena itu, para ahli kesehatan menyarankan untuk Anda memotong kuku dan menjaganya terus pendek dan bersih. Akan tetapi, apabila Anda salah satu dari mereka yang harus atau menginginkan kuku panjang secara natural atau bahkan menggunakan kuku artifisial, ada baiknya Anda mengetahui risiko dan cara mencegahnya agar kuku tetap terawat dengan baik.

Bagi Anda yang gemar memanjangkan kuku, berikut beberapa dampak buruk memanjangkan kuku:
  1. Anda dapat melukai diri sendiri contohnya ketika sedang menggaruk atau bahkan saat memakai makeup.
  2. Kuku artifisial dapat mengakibatkan infeksi jika dikenakan terlalu lama.
  3. Menggunakan tangan dengan kuku yang panjang di saat makan, memudahkan bakteri dan agen yang membahayakan lainnya untuk masuk ke dalam tubuh Anda.
  4. Menyulitkan Anda untuk dapat memegang apapun dengan kuat karena tentunya takut untuk mematahkan kuku.

Namun bagi Anda yang gemar memanjangkan kuku, berikut tips yang dapat Anda lakukan agar terhindar dari dampak buruk memanjangkan kuku:

  1. Jangan gunakan kuku  untuk membuka barang yang dapat mengikis sebagian kuku sehingga membuatnya tajam dan berbahaya.
  2. Pastikan Anda menggunakan sarung tangan saat sedang beradi di dapur dan tentunya membershikan dan mencuci tangan hingga ke bawah kuku terlebih dahulu agar bebas dari kuman.
  3. Hindari mengigit kuku karena hal ini merupakan sebuah kebiasaan buruk yang memudahkan kuman untuk memasuki tubuh Anda.
  4. Konsumsilah makanan bernutrisi seperti yang mengandung kalsium, protein dan vitamin agar kuku Anda terjaga dengan sehat.
  5. Minumlah air lebih banyak lagi agar kuku Anda tetap terhidrasi.

Nah, itu dia beberapa dampak buruk memanjangkan kuku serta tips yang harus dilakukan agar terbebaskan dari gangguan kesehatan dan kenyamanan diri Anda, ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.