Daftar Makanan yang Baik Dikonsumsi  Orang Pelupa

Makanan yang baik dikonsumsi orang pelup

Makanan yang baik dikonsumsi orang pelupa ; Biasanya lupa timbul akibat dari stres, distraksi, mulitasking hingga bertambahnya umur. Jika, Anda orang yang mudah lupa sebaiknya konsumsi makanan yang dapat meningkatkan daya ingat dan mengoptimalkan fungsi otak. Apa saja daftranya?

 

Go Dok Coba cek, apakah Anda termasuk orang yang pelupa? Mulai dari lupa di mana terakhir kali menyimpan kunci mobil atau kacamata, tidak ingat nama orang yang baru dikenal hingga lupa pin atau password.

Memang, lupa adalah hal manusiawi yang dapat timbul akibat stres, distraksi, multitasking hingga bertambahnya umur. Namun jangan khawatir, kabar baiknya ternyata ada beberapa jenis asupan yang jika rutin dikonsumsi dapat meningkatkan daya ingat dan mengoptimalkan fungsi otak. Penasaran makanan apa saja?

Berikut daftar makanan yang baik dikonsumsi orang pelupa:

1. Kacang, buah, dan sayur

Makanan yang baik dikonsumsi orang pelupa yang pertama yaitu kacang, buah dan sayur. Sel-sel otak yang dikenal dengan neuron, sangat rentan terhadap oksidasi dari radikal bebas. Untuk menetralisirnya Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan yang mengandung antioksidan yang tinggi seperti kacang, buah, dan sayur. Jadi, jika Anda rutin mengonsumsi makanan ini, maka otak Anda akan mendapatkan antioksidan yang diperlukan untuk melindungi beberapa bagiannya termasuk hippocampus, yaitu daerah utama yang membentuk dan mempertahankan daya ingat.

Selain itu, dalam sebuah studi yang dilakukan oleh The British Journal of Nutrition, menemukan bahwa memakan buah-buhan yang kaya akan flavonoids seperti beri, apel, dan citrus dapat memberikan efek positif terhadap daya ingat dengan meningkatkan fungsi kognitif otak. Bagi Anda pencinta sayur, Anda juga disarankan untuk mengonsumsi sayur yang mengandung vitamin k seperti kubis, kecambah, kol, dan brokoli.

2. Salmon dan Sarden

Salmon, sarden atau ikan yang kaya akan kandungan DHA atau docosahexaenoicacid, adalah salah satu tipe dari asam lemak omega-3 yang dapat memaksimalkan performa otak dan daya ingat Anda. Jadi, dengan mengonsumsi ikan jenis ini tiga kali dalam seminggu dan dibarengi dengan suplment minyak ikan, niscaya kinerja otak Anda akan terasah.

3. Minyak Kelapa

Tahukah Anda, minyak kelapa adalah jenis makanan yang sangat bagus untuk otak kerena mengandung asam lemak yang berfungsi sebagai sumber energi yang dapat meningkatkan fungsi otak dan juga daya ingat.

Ingin merasakan khasiatnya? Belilah minyak kelapa organik dan minumlah hingga 20 mililiter setiap harinya. Selain itu, Anda juga bisa menambahkannya ke dalam jus atau yoghurt favorit.

4. Telur

Berbahagialah bagi Anda penggemar telur! Faktanya telur adalah salah satu sumber choline atau nutrisi yang dapat memproduksi acetylcholine, sebuah neurotranmsmitter yang terletak bersamaan dengan titik tengah daya ingat. Selain itu, kuning telur juga mengandung banyak vitamin B12 yang dapat menurunkan tingkat homocysteine atau toksik pada otak sehingga performa daya ingat otak dapat meningkat.

5. Gandum

Selanjutnya, makanan yang baik dikonsumsi orang pelupa adalah gandum. Pasalnya, dengan rutin mengonsumsi gandum dapat menjaga kesehatan otak dan juga memberikannya energi. Cara kerjanya mudah, gandum akan memperlambat naiknya gula darah atau glukosa dalam pembuluh darah. Kandungan nutrisi choline dalam gandum dapat meningkatkan daya ingat dan membuat Anda bekerja lebih fokus.

6. Green Tea atau Teh Hijau

Jangan segan mengonsumsi teh hijau, hal ini dikarenakan kandungan teh hijau mengandung zat kimia EGCG atau epigallocatechin-3 gallate yang kaya akan antioksidan. Nah, zat inilah yang dapat melawan penuaan dan meningkatkan fungsi kognitif dan daya ingat, sebagaimana tertulis dalam sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Molecular Nutrition & Food Research.

7. Dark Chocolate atau Coklat Hitam

Kandungan kakao dalam cokelat hitam ini, ternyata dapat meningkatkan hormon endorfin yang berfungsi untuk mengaktifkan reseptor otak. Selain itu, kandungan antioksidan di dalamanya juga dapat menstimulasi fokus dan konsentrasi sehingga daya ingat terjaga.

8. Kopi

Terakhir, makanan yang baik dikonsumsi orang pelupa adalah kopi. Mengapa kopi? Beberapa peneliti dari John Hopkins University, menemukan bahwa kopi dapat membantu mengasah daya ingat jangka panjang maupun pendek. Menurut sebuah studi, meminum kopi satu atau dua cangkir sehari dapat menurunkan kemungkinan kita lupa selama 24 jam, loh! Bagaimana bisa? Hal ini dikarenakan kafein memiliki kandungan norepinephrine yang dapat meningkatkan daya ingat dengan mengendalikan hormon stres dalam otak.

Itu dia daftar makanan yang baik dikonsumsi orang pelupa! Selamat mencoba!

Baca juga:

Merasa kesehatan Anda terganggu? Malas pergi ke dokter? Gunakan saja fitur ‘Tanya Dokter’ pada aplikasi Go Dok untuk tanya jawab seputar permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasinya di sini.

YC/PJ/MA

Referensi