Daftar Asupan dan Makanan yang Baik untuk Ibu Hamil

Makanan yang baik untuk ibu hamil

Makanan yang baik untuk ibu hamil ; Demi kesehatan kandungan dan dirinya. Bumil, harus memilih makanan yang baik untuk dikonsumsi sehari-hari. Lalu, apa saja makanan dan minuman sehat agar asupan nutrisi di masa kehamilan terpenuhi?

 

Go DokSaat tengah hamil, mendapat asupan nutrisi yang cukup untuk Anda dan si jabang bayi tentu merupakan suatu hal yang penting. Karena itu, Anda haruslah menjadi seseorang yang pemilih dalam hal makanan. Terdapat beberapa makanan yang memang perlu dihindari, dan sebaliknya terdapat pula beberapa makanan serta minuman sehat untuk ibu hamil yang dapat Anda masukkan ke dalam menu diet. Namun, beberapa di antara asupan dan makanan yang baik untuk ibu hamil ini belumlah populer dan banyak diketahui. Apa sajakah daftar asupan dan makanan yang baik untuk ibu hamil?

Berikut adalah beberapa  makanan yang baik untuk ibu hamil:

1. Susu kedelai

Makanan yang baik untuk ibu hamil pertama susu kedelai. Tentu Anda tahu bahwa susu merupakan salah satu produk yang membawa banyak manfaat sehat bagi perkembangan janin. Namun, ada beberapa di antara Anda yang menderita intoleransi laktosa atau alergi terhadap produk olahan sapi. Jika Anda adalah salah satunya, maka susu kedelai bisa menjadi salah satu alternatif. Susu kedelai memiliki kandungan yang mirip dengan susu sapi, meskipun kadar kalori dan karbohidrat di dalamnya sedikit lebih rendah dibandingkan susu sapi. Namun, kandungan kalsium dan proteinnya dapat mencukupi jumlah yang dibutuhkan selama kehamilan. Tak hanya itu, susu kedelai juga bebas kolesterol, tidak mengandung laktosa, dan memiliki kandungan lemak yang rendah. Susu kedelai juga bisa mencegah terjadinya hipertensi yang umum dialami ibu hamil, lho! Karena itu, susu kedelai untuk ibu hamil sangat dianjurkan bagi Anda yang menderita intoleransi laktosa dan alergi.

2. Madu

Siapa bilang ibu hamil tidak boleh mengonsumsi madu? Justru, madu mengandung nutrisi, vitamin, mineral, protein dan kalori yang Anda butuhkan di masa kehamilan. Madu unutk ibu hamil sangat baik, karena sistem imun Anda pun akan lebih terjaga berkat kandungan anti-bakteri dan antioksidan di dalamnya. Tak hanya itu, madu juga mencegah Anda terkena penyakit ringan seperti flu dan batuk selama hamil. Mengonsumsi madu secara rutin juga bisa mencegah maag dan insomnia yang sering Anda alami saat hamil, lho! Namun, berhati-hatilah dalam memilih produk madu yang Anda konsumsi, dan jangan mengonsumsi madu yang mentah atau belum terpasteurisasi, karena dapat menyebabkan botulisme.

3. Minyak ikan

Makanan sehat untuk ibu hamil yang ketiga adalah minyak ikan, terutama minyak ikan kod. Pasalnya, minyak ikan kaya akan Omega 3, yang penting untuk perkembangan otak dan mata janin Anda. Tak hanya itu, minyak ikan juga memiliki kandungan vitamin D tinggi, yang juga baik sebagai suplemen bagi janin selama kehamilan, dan mencegah pre-eklampsia pada ibu yang mengandung. Penelitian terbaru juga membuktikan bahwa mengonsumsi minyak ikan untuk ibu hamil dapat meningkatkan berat badan bayi saat lahir, serta menurunkan risiko bayi terkena berbagai penyakit nantinya. Untuk mendapatkan manfaat ini, Anda bisa mengonsumsi sebanyak satu sendok makan minyak ikan setiap harinya.

4. Kurma

Makanan untuk ibu hamil yang selanjutnya adalah buah kurma, yang bisa memperlancar jalannya kelahiran tanpa bahaya apapun bagi ibu dan janin. Tak hanya itu, kurma juga memberikan Anda lebih banyak energi yang dibutuhkan di masa kehamilan, berkat kandungan gula alaminya. Kurma juga memiliki kandungan serat tinggi yang mencegah konstipasi saat kehamilan dan menjaga sistem pencernaan tetap lancar. Kandungan protein di dalamnya juga berperan dalam produksi asam amino yang penting bagi perkembangan tubuh janin dan kandungan vitamin K di dalamnya juga membantu pertumbuhan tulang janin. Masih kurang? Kurma juga mengandung cukup banyak zat besi yang berguna dalam mencegah anemia selama kehamilan, lho!

5. Air kelapa

Ya, air kelapa merupakan salah satu jenis asupan yang sehat untuk ibu hamil yang tentunya aman untuk dikonsumsi selama Anda mengandung si buah hati. Kandungan potasium, magnesium, dan mineral lainnya di dalam air kelapa dapat melancarkan pembuangan air dan kotoran bagi ibu hamil, serta mencegah terjadinya infeksi saluran kemih sehingga kelahiran bayi pun berjalan lebih lancar. Tak hanya itu, kandungan elektrolitnya juga memproduksi energi yang dibutuhkan serta mengontrol tekanan darah Anda. Lebih jauh, air kelapa juga bisa mencegah konstipasi yang umum terjadi pada ibu hamil. Untuk kandungan vitamin dan mineralnya yang menyehatkan, tentu Anda tak perlu meragukan lagi, ya!

Nah, itu dia daftar 5 makanan yang baik untuk ibu hamil yang harus Anda ketahui. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kandungan Anda? Gunakan fitur ‘tanya Dokter’ untuk chat dokter seputar penanganannya. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi