Cuka Apel ; Ketahui Manfaat dan Cara Membuatnya

cuka apel

Cuka apel biasa digunakan dalam beberapa perawatan, misalnya sebagai cara merawat wajah, menurunkan berat badan, hingga menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes.Tentunya, manfaat cuka apel sangat baguskan. Lalu, bagaimana cara membuat cuka apel?

 

Go Dok Sepertinya secara perlahan, sebagian besar masyarakat sudah mulai menyadari promosi kesehatan yang ditawarkan oleh Apple Cider Vinegar (ACV) atau cuka apel, ya. Memang, selain dikenal sebagai bahan penyedap rasa, cuka ternyata memiliki fungsi medis, lho.

Pada dasarnya, cuka memiliki kadar asam yang tinggi sehingga bersifat antibakteri. Karena hal itulah, cuka apel bisa Anda pilih sebagai perawatan tubuh alami yang bisa dilakukan di rumah. Cuka apel biasa digunakan dalam beberapa perawatan, misalnya sebagai cara merawat wajah, menurunkan berat badan, hingga menurunkan kadar gula bagi penderita diabetes.

Nah, apakah Anda mulai tertarik untuk makin mengenal minuman berkhasiat ini? Yuk, simak terus artikel di bawah ini!

Memang, kebanyakan cuka apel digunakan sebagai penambah rasa dalam masakan. Namun, tidak sedikit juga yang menjadikannya sebagai saus dalam salad favoritnya. Rasanya yang cenderung asam dipercaya menambah kesegaran dari racikan salad buah maupun sayuran.

Nah, jika Anda terlalu malas untuk membuat salad namun tetap ingin mendapat manfaat kesehatan dari cuka apel, bisa juga lho mencampurnya dengan air mineral ataupun teh. Caranya, cukup campurkan 1-2 sendok makan cuka apel ke dalam minuman Anda, dan sudah siap dikonsumsi.

Tapi perlu diingat ya, karena sifatnya yang asam, jangan diminum langsung dan selalu gunakan cuka apel sebagai bahan campuran, ya!

Manfaat cuka apel

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya,minuman ini  bisa dipilih sebagai pengobatan alami yang bisa dikonsumsi harian. Nah, sejumlah penelitian yang dilakukan praktisi kesehatan menyebutkan beberapa manfaat cuka apel jika rutin dikonsumsi.

  • Di dalam cuka apel terkandung senyawa polyphenolsyang bersifat antioksidan sehingga bisa meredakan kerusakan sel-sel dalam tubuh. Dengan mencegah kerusakan sel, Anda dapat terhindar beberapa penyakit berbahaya, lho, termasuk kanker.
  • Bagi Anda yang sedang menderita diabetes tipe 2, mengonsumsi minuman ini dapat membantu mengatur kadar insulin, lho. Artinya, jika gula darah Anda tinggi, hormon insulin yang diproduksi oleh pankreas dapat menetralisir kadar gula secara optimal jika rutin mengonsumsi cuka apel. Jadi, jangan lewatkan menu ini dalam sarapan harian Anda, ya!
  • Kandungan asam dalam cuka apel terbukti ampuh membunuh sejumlah bakteri, sehingga bisa digunakan sebagai disinfektan untuk membersihkan jamur hidung, kutu, dan infeksi pada telinga
  • Nah, bagi Anda yang ingin menurunkan berat badan, cuka apel bisa jadi metode tepat, lho. Sebuah penelitian menyebutkan, cuka apel dapat membuat Anda merasa kenyang lebih lama sehingga dapat mengurangi asupan 200-275 kalori dalam sehari.
Cara membuat cuka apel

Zaman sekarang, Anda bisa mendapatkan cuka apel dengan membelinya di pasar swalayan. Banyaknya masyarakat yang mulai menyadari manfaat kesehatan dari minuman ini membuatnya menjadi salah satu alternatif obat rumahan yang alami. Banyaknya toko online juga memudahkan Anda untuk mendapatkan cuka apel tanpa harus keuar rumah.

Cuka apel, seperti memproduksi cuka pada umumnya, terdiri dari 2 proses. Pertama, merupakan proses fermentasi potongan apel menggunakan ragi, sehingga kandungan gula di dalamnya dapat berubah menjadi alkohol. Kemudian, bakteri-bakteri baik dimasukan ke dalam campuran fermentasi tersebut, yang kemudian dapat mengubah alkohol menjadi bersifat acetic acid.

Makanya, vinegar yang berarti cuka, memiliki arti lain yaitu sour wine atau anggur asam. Nama tersebut diambil karena cara pembuatan cuka yang menyerupai produksi wine.

Kini, setelah Anda mengenal cuka apel sebagai minuman berkhasiat, wajar rasanya  melihat semakin banyak orang yang mengonsumsi minuman yang satu ini. Walau terlihat biasa saja, minuman ini menjanjikan berbagai macam manfaat, bukan? Tunggu apalagi, yuk mulai biasakan hidup sehat!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

TP/PJ/MA

Referensi