Ciuman Bibir ; Jenis dan Manfaatnya untuk Anda

ciuman bibir

Ciuman bibir ;  salah satu manfaat ciuman bibir dapat melepaskan sejumlah hormon baik yang dapat meningkatkan mood dan membawa efek positif secara psikologis, seperti oxytocin, endorphin, dopamine, dan vasopressin.

Go DokMungkin, bagi sebagian masyarakat Indonesia, ciuman bibir masih terlalu ‘tabu’ dan porno untuk dilakukan di depan umum. Mereka lebih memilih untuk mencium pipi ataupun kening sebagai tanda perhatian karena dianggap lebih sopan untuk dilakukan.

Namun terlepas soal norma, ciuman bibir itu banyak manfaatnya, lho. Secara psikologis, ciuman bibir bisa menunjukan keintiman yang lebih tinggi daripada cium kening maupun pipi. Rasa senang yang timbul akibat ciuman bibir, secara medis, juga terbukti dapat melepaskan hormon-hormon baik, lho.

Hal tersebut bukan terjadi begitu saja. Rupanya, bibir memiliki sensitivitas yang tinggi, lho. Tidak disangka, kan? Makanya, di saat bibir bersentuhan, akan menimbulkan rangsangan beragam, yang sebagian besar menimbulkan rasa tenang dan nyaman.

Manfaat ciuman bibir

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya salah satu manfaat ciuman bibir dapat melepaskan sejumlah hormon baik yang dapat meningkatkan mood dan membawa efek positif secara psikologis, seperti oxytocin, endorphin, dopamine, dan vasopressin. Tidak hanya itu, masih ada beberapa manfaat medis lainnya dari manfaat ciuman bibir. Cek terus ke bawah, ya!

  • Membersihkan mulut

Yups, saat Anda sedang berciuman bibir dengan pasangan, secara respons tubuh akan merangsang produksi kelenjar air liur, lho. Mathew Messina, DDS, seorang dokter gigi dari Ohio dan penasihat American Dental Association menyebutkan, produksi air liur tersebut memang terbukti dapat membersihkan gigi. Namun dirinya tidak merekomendasikan untuk berciuman bibir setelah makan tanpa sikat gigi terlebih dahulu.

  • Membuat wajah awet muda

Ciuman bibir bisa membuat wajah awet muda, lho. Kok bisa? Rupanya, saat sedang mencium bibir, otot wajah Anda secara tidak sadar bergerak aktif. Salah satu jenis ciuman French Kiss yang melibatkan pergerakan lidah, setidaknya menggerakan 34 otot wajah dan 112 otot tubuh, lho. Wow!

Walaupun terdengar konyol, tapi ini betul terjadi. Bryan Stamford, PhD, seorang direktur pusat kesehatan dari University of Louisville menyebutkan, ciuman yang penuh gairah dapat membakar 2 kalori per menit, lho. Bandingkan dengan jogging di treadmill yang dapat membakar 11,2 kalori per menit. Lumayan juga, kan?

  • Meredakan alergi pernapasan

Sebuah studi yang dilakukan di Jepang menyebutkan, ciuman bibir selama 30 menit bisa menurunkan produksi histamine, zat yang merangsang munculnya allergen dari dalam tubuh.

Jenis ciuman bibir

Pada dasarnya, aktivitas ciuman bibir adalah mempertemukan kedua bibir. Sebagai variasi, Anda juga bisa menambah gerakan tambahan, seperti memberi gigitan lembut maupun jilatan kepada bibir pasangan Anda. Gerakan tambahan seperti ini, dapat memberikan reaksi rangsangan lainnya, lho. Beberapa jenis ciuman bibir ‘hot’ di antaranya:

  • French Kiss. Jenis ini melibatkan gerakan lidah dalam ciuman bibir. Tidak hanya dilakukan di permukaan bibir, namun bisa juga mempertemukan kedua lidah di dalam mulut.
  • Lizard Kiss. Jenis ini juga melibatkan gerakan lidah, namun biasanya dilakukan di luar mulut. Pernah melihat kadal saat sedang ‘melet’? Ya, kira-kira seperti itu yang bisa Anda lakukan dengan pasangan.
  • Seperti yang disebutkan sebelumnya, Anda bisa memberikan gigitan lembut pada bibir pasangan. Anda bisa pertahankan gigitan tersebut beberapa saat untuk membuat rasa intim yang lebih dalam. Selain di bibir, gigitan lembut di hidung, pipi, dagu, dan leher juga menimbulkan sensualitas tersendiri, lho!

Kini, sudah tahu kan manfaat dan jenis ciuman bibir? Selain menyenangkan, ciuman bibir juga menyehatkan tubuh, lho. Tapi diingat, ciumlah pasangan Anda bukan pasangan orang lain, ya! Selamat mencoba!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

>