Ciri-Ciri Sperma Sehat Dan Tidak Sehat

Ciri-ciri sperma

Ciri-ciri sperma yang sehat akan memiliki bau chlorine seperti obat pemutih yang pekat. Hal ini disebabkan oleh alkaline yang terkandung di dalamnya. Sedangkan, ciri sperma tidak sehat biasanya memiliki warna lain, seperti kuning atau hijau dan  bisa jadi Anda terindikasi mengidap Sexually Transmitted Infection (STI).

Go Dok Banyak yang mengira bahwa sehat dan tidaknya sperma merupakan hal terakhir yang perlu dikhawatirkan. Lagipula, mengecek kesehatan sperma harus melalui pemeriksaan laboratorium yang rumit dan memakan biaya besar. Hal ini tidak sepenuhnya benar, lho.

Kesehatan sperma sangat penting apabila Anda ingin segera memiliki buah hati. Selain itu, sperma dapat menjadi salah satu indikator kesehatan tubuh kita dan dapat mendeteksi berbagai penyakit kronis. Menariknya, Anda tidak perlu melakukan tes laboratorium untuk mengetahuinya. Anda cukup mengobservasinya dengan mata telanjang. Sebelum itu, pastikan Anda mengetahui ciri-ciri sperma sehat dan tidak sehat, ya.

Bagaimanakah ciri-ciri sperma yang Sehat?

Saat ejakuliasi, pria mengeluarkan cairan kental yang mengandung sperma. Cairan ini umumnya berwarna putih atau keabu-abuan dan sedikit lengket di kulit. Ciri-ciri sperma yang normal akan memiliki bau chlorine seperti obat pemutih yang pekat. Hal ini disebabkan oleh alkaline yang terkandung di dalamnya.

Disebutkan bahwa cairan ejakulasi yang diproduksi oleh seorang pria berkisar antara 2 hingga 5 ml. Dan dalam cairan tersebut, tidak semuanya merupakan sperma, lho. Namun hanya 10% dari seluruh cairan. Inilah mengapa sperma yang sehat sangat esensial bagi Anda yang sangat mengharapkan untuk memiliki keturunan. Sperma yang sehat terbukti lebih kuat menembus dinding ovum. Dengan demikian, presentase keberhasilan ovulasi akan meningkat.

Apakah sperma berwarna merah dan kecoklatan tergolong normal?

Anda tidak perlu khawatir, karena sperma yang demikian tergolong normal. Warna merah dan kecoklatan tersebut berasal dari tercampurnya darah bersama cairan sperma. Darah tersebut keluar dari pembuluh darah tipis yang terdapat di area penyimpanan sperma atau vesicles.

Meskipun terdengar mengkhawatirkan, namun sebenarnya hal ini sangat normal, kok. Namun apabila hal ini berlanjut hingga beberapa hari, bisa saja terjadi trauma atau infeksi pada sistem reproduksi. Pada beberapa kasus langka, hal ini bisa menjadi pertanda kanker. Segera kunjungi dokter terdekat untuk penanganan lebih lanjut, ya.

Mendeteksi sperma tidak sehat

Ciri-ciri sperma tidak sehat biasanya memiliki warna lain, seperti kuning atau hijau. Jika cairan sperma berwarna demikian, bisa jadi Anda terindikasi mengidap Sexually Transmitted Infection (STI). Pada kondisi demikian, biasanya cairan sperma memiliki aroma tidak sedap. Gejala STI lain pada pria adalah:

  • Timbulnya rasa sakit pada penis
  • Rasa terbakar saat buang air kecil
  • Gatal-gatal di area penis
  • Area penis membengkak.

Namun ada kalanya penderita STI tidak menampakkan gejala apapun. Maka dari itu, sebaiknya lakukanlah hubungan seksual dengan pasangan yang sama dan selalu pastikan kehigienisan alat reproduksi Anda untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan.

Bagaimana jika sperma tidak keluar saat ejakulasi?

Hal ini ternyata juga dialami oleh sebagian pria. Meskipun tergolong langka, kondisi ini dapat menurunkan kepercayaan diri seorang pria, terlebih bagi mereka yang telah berkeluarga. Namun tahukah Anda bahwa hal ini sebenarnya tergolong cukup normal.

 Sistem reproduksi tidak akan mengeluarkan cairan sperma apabila sudah tidak ada lagi yang tersisa dalam testis. Biasanya, kondisi ini terjadi karena orgasme berkali-kali.

Lain halnya apabila kondisi ini ditemukan pada pria paruh baya. Pria dalam usia tersebut dan baru saja melakukan radioterapi, operasi, atau perlakuan lain pada area prostat kemungkinan mengidap retrogade ejaculation atau kondisi dimana sperma dialirkan kembali ke saluran kemih.

 

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar seks? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk konsultasikan seputar tipsnya dengan dokter Go Dok, GRATIS! Download aplikasinya di sini.