Ciri-Ciri Senyum Sehat ; Ini Dia 6 Indikatornya

Ciri-ciri senyum sehat

Ciri-ciri senyum sehat ; Indikator penentu senyuman sehat Anda salah satunya dilihat dari kesehatan gigi dan mulut Anda seperti bibir yang merah natural, gusi sehat, gigi yang rapih, putih dan bersih.

 

Go Dok  Semua orang tentunya ingin kan memiliki senyuman yang indah seperti para bintang film di layar kaca, bukan? Bibir yang merah natural, gigi rapih, putih, dan bersih adalah beberapa indikator yang dapat menyempurnakan senyuman Anda. Karena manfaat senyum yang sangat luar biasa, untuk itu Anda harus menjaga kesehatan gigi dan mulut Anda, untuk memiliki senyuman yang indah.

Berikut ciri-ciri senyum sehat dilihat dari kesehatan gigi dan mulut Anda:

1. Gusi sehat

Ciri-ciri senyum sehat, tentunya berawal dari kondisi gusi yang baik. Di mana, bebas dari penyakit, infeksi, tidak berdarah ketika sedang gosok gigi atau menggunakan flos gigi, dan gusi berwarna pink. Lalu bagaimana caranya agar bisa mendapatkan gusi yang sehat? Gampang! Hindarilah menggosok gigi terlalu keras karena dapat mengikis gusi dan akarnya, sebaiknya gosoklah gigi dengan perlahan dan lakukan pengecekan ke dokter gigi setiap 6 bulan sekali.

2. Bebas dari Bau Nafas

Bau mulu yang tidak sedap menjadi salah satu ciri senyuman Anda tidak sehat, bukan? Pasalnya, selain mengganggu, bau mulut juga dapat menjadi tanda akan adanya penyakit. Jadi, pastikan Anda sering menggosok gigi dan membersihkan mulut, ya!

3. Enamel Gigi yang Kuat

Ciri-ciri senyuman sehat selanjutnya dilihar dari  enamel gigi yang kuat. Apabila gigi Anda memilki lapisan enamel yang tipis, maka gigi akan terasa sangat sensitiif dan ujung gigi akan terlihat trasnparan atau kasar. Selain itu, akibat menipisnya enamel ini, akan mengekspos lapisan gigi berikutnya yang berwarna kuning.

4. Kerapihan Gigi

Sangatlah penting untuk menjaga kerapihan gigi, karena selain terlihat indah ketika sedang tersenyum, gigi yang rapi juga akan memudahkan Anda dalam membersihkannya. Selebihnya, memiliki gigi yang tidak rapih, juga dapat meningkatkan risiko gangguan pada dagu seperti Temporomandibular Joint Disorder atau TMD.

5. Bebas Rasa Sakit

Senyum yang sehat adalah cerminan kesehatan mulut dan gigi Anda. Jadi pastikanlah kesehatan gigi dan mulut Anda, macam-macam penyakit yang harus diwaspadai adalah gigi sensitif, sariawan, hingga bibir pecah-pecah yang dapat mengganggu penampilan bibir dan mulut.

6. Bibir Sehat

Ciri-ciri senyuman sehat terakhir dilihar dari kesehatan bibir. Pink merona adalah salah satu ciri bibir yang sehat, selain itu harus juga didukung dengan keadaan yang lembap dan bebas dari kulit yang pecah-pecah. Tipsnya sebelum memakai lipstik usahakanlah untuk memakai pelembap agar bibir terjaga kesehatannya.

Nah, itu dia ciri-ciri senyum sehat! Bagaimana? Senyum yang sehat tak melulu harus melakukan perawatan yang mahal, bukan? Ingat! Dengan memilki senyuman yang sehat, Anda tentunya akan menjadi lebih percaya diri dalam berkomunikasi. Selain itu senyum yang sehat, tidak hanya indah untuk dilihat tetapi juga dirasakan oleh diri Anda sendiri, bukan begitu? Jadi, seberapa sehatkah senyuman Anda menurut ciri-ciri di atas?

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.