Ciri ciri Kanker Serviks dan Cara Mendiagnosanya

Ciri ciri kanker serviks

Ciri ciri kanker serviks ; Sudahkah Anda melakukan upaya pencegahan atas kemunculan kanker serviks? Atau mungkin, Anda masih belum bisa mendeteksi gejala dan ciri ciri kanker serviks yang sedang mengancam jiwa Anda?

 

Go Dok – Bagi kaum perempuan, menjaga kesehatan organ kewanitaan pastinya sudah menjadi keharusan dan harga mati, ya. Tidak ada istilah toleransi dalam merawat organ kewanitaan, daripada harus menghadapi kenyataan terkena salah satu penyakit mematikan; kanker serviks.

Mungkin sudah banyak orang yang familiar dengan penyakit kanker serviks. Lalu, sudahkah Anda melakukan upaya pencegahan atas kemunculan kanker serviks? Atau mungkin, Anda masih belum bisa mendeteksi gejala dan ciri ciri kanker serviks yang sedang mengancam jiwa Anda?

Tenang saja, Anda berada di tempat yang tepat. Dengan memiliki pemahaman untuk mengenali ciri ciri kanker serviks, Anda sebagai kaum perempuan telah berhasil menjauhkan diri dari penyakit yang mematikan ini, lho.

Berikut penjelasan mengenai ciri ciri kanker serviks dan cara mendiagnosanya!

Seperti yang telah Anda ketahui, kanker serviks adalah sel kanker yang tumbuh dan berkembang pada leher rahim perempuan. Serviks sendiri adalah bagian pada bawah rahim yang menonjol ke dalam vagina.

Kanker serviks sebagian besar disebabkan oleh virus yang disebut dengan human papillomavirus atau HPV. Jenis virus HPV ini ada banyak, dan tidak semua jenis HPV menyebabkan kanker serviks. Pasalnya, virus yang serupa dapat menyebabkan penyakit lainnya, seperti kutil kelamin.

Sebagian besar wanita yang beranjak dewasa, biasanya telah terinfeksi HPV.  Tapi jangan langsung panik, ya! Biasanya, virus ini bisa hilang dengan sendirinya, walau ada juga yang memicu timbulnya genital warts penyebab kanker serviks. Maka dari itu, perempuan yang mulai menginjak usia remaja diwajibkan untuk melakukan tes Pap smear agar dapat mendeteksi adanya perubahan sel yang berpotensi menjadi kanker pada rahim.

Ciri ciri Kanker Serviks

Walau tidak semua sel serviks menimbulkan efek yang berbahaya, kanker serviks bisa saja muncul jika dibiarkan terlalu lama dan tidak mendapatkan penanganan secara serius. Pada tahap awal, kanker serviks biasanya tidak memperliatkan gejala yang mencolok. Nah, untuk mencegahnya, perhatikan gejala dan ciri ciri kanker serviks yang dapat terlihat, seperti:

  • Perdarahan pada vagina yang tidak normal, seperti perdarahan ketika sedang menstruasi, setelah berhubungan seks, atau setelah menopause.
  • Pendarahan setelah membilas vagina
  • Nyeri pada perut bagian bawah atau panggul.
  • Sakit saat berhubungan seks.
  • Warna pada kulit vagina yang tidak normal.
Bagaimana cara mendiagnosa Kanker Serviks?

Melakukan tes Pap smear merupakan cara paling tepat untuk memeriksa apakah Anda terkena kanker serviks atau tidak. Selama tes berlangsung, dokter akan mengambil sel kecil dari permukaan serviks untuk mengeceknya apakah terlihat adanya perubahan sel. Jika didapatkan adanya perubahan sel yang abnormal, maka dokter Anda akan melakukan tes selanjutnya untuk memastikan apakah ada sel kanker yang dapat memicu kanker serviks atau tidak.

Di dalam tes yang sama, dokter juga akan mengambil sampel jaringan atau biopsi jika ditemukan gejala kanker serviks lainnya, seperti pendarahan setelah berhubungan seks.

Nah, itu dia sedikit gambaran untuk mengetahui ciri ciri kanker serviks yang umum ditemukan pada wanita yang mulai menginjak usia dewasa dan cara mendiagnosanya. Ladies, jika Anda merasakan beberapa ciri ciri kanker serviks di atas, segeralah periksakan kondisi kesehatan organ kewanitaan sebelum terlambat, ya!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/TP/PJ

Referensi