Ciri-Ciri Alergi pada Wajah dan Penjelasannya

Ciri-ciri alergi pada wajah

Ciri-ciri alergi pada wajah bisa saja berbeda-beda, tergantung oleh hal atau zat apa yang menjadi pemicu reaksi alergi tersebut. Namun, alergi wajah umumnya ditandai gatal, sensai terbakar pada kulit wajah, munculnya bentol-bentol, bibir membengkak, mata memerah dan gatal-gatal hingga mata berair.

 

Go DokHampir setiap orang memiliki alergi tertentu pada suatu hal, baik itu makanan, kuman, bakteri, binatang, maupun hal-hal lainnya. Reaksi alergi selalu tidak mengenakkan bagi mereka yang mengalaminya. Jika sudah mengetahui hal apa yang menimbulkan reaksi alergi pada tubuh Anda, tentu akan lebih mudah untuk menghindarinya setiap waktu. Namun, bagaimana jika Anda belum mengetahuinya?

Hal ini tentu bisa datang tanpa disangka-sangka, dan merepotkan. Terlebih lagi reaksi alergi bisa muncul di bagian tubuh manapun, yang salah satunya adalah wajah. Jika wajah yang terkena, tentu akan menjadi masalah tersendiri bagi penampilan Anda. Nah, apa sajakah ciri-ciri alergi pada wajah? Untuk mengenalnya, yuk simak penjelasan lengkap berikut ini!

Sekilas tentang alergi pada wajah

Reaksi alergi yang terjadi pada wajah Anda, bisa disebabkan oleh berbagai macam hal, mulai dari paparan terhadap zat tertentu, alergi serbuk bunga, atau kandungan zat pada produk kosmetik Anda. Terjadinya reaksi alergi sangat mudah, Anda hanya cukup menyentuh, menyenggol, atau menelan suatu pemicu alergi, lalu jika memang kulit Anda sensitif terhadap hal itu, maka muncullah reaksi alergi.

Reaksi alergi juga lebih umum timbul pada wajah Anda dibandingkan bagian kulit lain, karena kulit wajah merupakan bagian yang lebih sensitif dibandingkan area kulit lainnya. Selain itu, berbagai macam produk kecantikan umumnya diaplikasikan pada wajah, sehingga lebih mudah Anda terkena alergi di area tersebut. Karenanya, akan lebih baik jika Anda sudah mengenal lebih dulu hal apa yang merupakan alergen bagi Anda.

Lalu, apa sajakah ciriciri alergi pada wajah?

Ciri-ciri alergi pada wajah bisa saja berbeda-beda, tergantung oleh hal atau zat apa yang menjadi pemicu reaksi alergi tersebut. Berikut adalah beberapa ciri-ciri alergi pada wajah yang umumnya terjadi :

  • Gatal
  • Muncul rasa menyengat pada kulit wajah
  • Sensasi terbakar pada kulit wajah
  • Timbul pola bintik-bintik kemerahan
  • Munculnya ruam yang terasa gatal dan menjadi semakin banyak saat digaruk
  • Muncul bentol-bentol
  • Bengkak
  • Kulit wajah menjadi kering dan pecah-pecah
  • Kulit wajah menjadi melepuh
  • Bibir membengkak
  • Pembengkakan pada area mata dan sekitarnya
  • Pembengkakan pada area mulut, lidah, dan sekitarnya
  • Mata memerah dan gatal-gatal
  • Mata berai.
Lalu, bagaimana cara mengatasinya?

Jika Anda mengalami beberapa di antara sejumlah ciri-ciri alergi pada wajah yang ada di atas, maka hampir pasti Anda memang sedang menderita alergi. Untuk mengatasinya, pertama-tama identifikasi dulu alergen yang memicu reaksi ini, lalu jauhkan diri Anda dari hal tersebut. Hindari alergen selama beberapa hari ke depan (atau seumur hidup lebih baik), dan oleskan salep kulit yang banyak dijual di apotik atau minyak esensial (kayu putih, telon, tawon, dll) secara teratur.

Anda juga bisa mengonsumsi obat anti gatal yang dijual bebas oleh apotek. Dalam beberapa hari, kemungkinan besar reaksi alergi sudah akan membaik. Namun, jika tidak juga membaik dan justru bertambah parah, misalnya pembengkakan pada mata dan bibir sudah terlalu besar, maka Anda perlu segera pergi ke dokter guna mendiskusikan pengobatan yang tepat.

Nah, itu tadi sekilas tentang ciri-ciri alergi pada wajah yang bisa berguna untuk Anda. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Kini Anda bisa tanya dokter gratis lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi