Cek Bagian Ini untuk Mengetahui Suhu Normal Bayi

Suhu normal bayi

Suhu normal bayi ; untuk  mengamati gejala penyakit yang menyerang bayi salah satu cara yang paling mudah dan edektif adalah dengan mengamati apakah adanya perubahan atau peningkatan pada suhu normal bayi atau tidak.

 

Go Dok – Merawat dan menjaga kesehatan buah hati tentunya menjadi keharusan setiap orangtua ya, agar menjamin masa tumbuh kembangnya menjadi maksimal. Karena tubuh bayi cenderung masih rentan terserang berbagai macam penyakit, orangtua harus cermat dalam mengamati gejala penyakit yang hendak menyerang bayi.

Salah satu cara yang paling mudah dan efektif adalah mengamati apakah adanya perubahan atau peningkatan pada suhu normal bayi atau tidak.

Dengan banyaknya metode pengecekan suhu yang tersedia, penggunaan termometer termasuk paling populer dilakukan para orangtua. Mau tahu bagian tubuh mana saja yang harus dicek dan diperhatikan agar memberikan informasi suhu tubuh paling akurat?

Berikut beberapa  bagian tubuh yang harus dicek untuk mengetahui Suhu Normal Bayi!

– Ketiak

Bagian ketiak sangat identik dengan termometer. Hampir setiap orang meletakan termometer di ketiak untuk mengetahui suhu tubuhnya. Apakah hal tersebut juga akurat untuk mengetahui suhu normal bayi?

Memang, mengecek pada bagian ketiak umum dilakukan untuk memeriksa demam pada bayi yang baru lahir. Nah, berikut beberapa cara yang bisa Anda coba.

  1. Bersihkan termometer dengan air sabun yang dingin lalu bilas.
  2. Letakkan ujung termometer di tengah ketiak anak Anda.
  3. Pastikan lengan anak Anda menggepitnya dengan tepat pada tubuhnya.
  4. Biarkan termometer selama 1 menit sampai terdengar bunyi “bip”.
  5. Keluarkan termometer dari ketiak bayi Anda dan baca suhu.
  6. Bersihkan termometer.

Sayangnya, metode ini tidak memberikan hasil yang cukup akurat dibandingkan pengecekan suhu di bagian anus (rektal). Jadi, jika anak merasa demam namun suhu di termometer tidak tampak tinggi, segera lakukan pengecekan di bagian anus, ya!

– Dubur

Seperti yang disebutkan sebelumnya, pengecekan suhu di bagian dubur atau anus (rektum) dipercaya mampu memberikan hasil yang paling akurat dalam mengetahui adanya perubahan suhu normal bayi.

Tantangannya adalah, mengecek di bagian anus bisa menjadi cara yang paling sulit untuk dilakukan karena dapat membuat bayi merasa tidak nyaman dan gelisah, bahkan berujung hinga menangis meraung-raung. Walau begitu, ada beberapa tips yang bisa coba, nih.

  1. Bersihkan termometer dengan air sabun yang dingin lalu bilas.
  2. Lapisi ujung berwarna perak dengan petroleum jelly(seperti Vaseline).
  3. Tempatkan bayi Anda dengan posisi tiduran dengan lutut ditekuk.
  4. Masukkan perlahan termometer ke dalam dubur, kira-kira sedalam 2,5 cm (1 inci) sambil dibandung dengan jari-jari Anda.
  5. Tunggu sekitar 1 menit, Anda akan mendengar bunyi “bip”.
  6. Keluarkan termometer dari dubur bayi Anda dan baca suhu.
  7. Bersihkan termometer.
– Mulut

Metode oral ini kurang efektif dan tidak dianjurkan untuk anak-anak dibawah usia 5 tahun karena mereka cenderung tidak bisa diam untuk menahan termometer di bawah lidah dalam jangka waktu yang cukup lama. Berikut beberapa tipsnya!

  1. Bersihkan termometer dengan air sabun yang dingin lalu bilas.
  2. Secara hati-hati, letakkan ujung termometer di bawah lidah anak Anda.
  3. Tutup mulut anak Anda, biarkan termometer di tempatnya selama 1 menit sampai Anda mendengar bunyi “bip”.
  4. Keluarkan termometer dari mulut dan baca suhu.
  5. Bersihkan termometer.
– Telinga

Meskipun cara ini relatif cepat dilakukan, tingkat akurasi mengecek di bagian telinga sangat rendah. Artinya, bagian telingan hanyalah menjadi alternatif terakhir yang bisa Anda lakukan dan tidak bisa menjadi acuan pertama dalam mendapatkan suhu normal bayi.

  1. Gunakan ujung termometer hingga bersih terlebih dulu, kemudian tarik telinga dengan perlahan ke arah atas. Ini akan membantu untuk meluruskan saluran telinga, sehingga Anda bisa melihat dengan jelas jalur dari dalam telinga hingga ke gendang telinga.
  2. Masukkan termometer secara perlahan sampai saluran telinga tertutup sepenuhnya.
  3. Tekan dan tahan tombolnya selama beberapa saat.
  4. Keluarkan termometer dari telinga dan baca suhu.

Itu dia beberapa bagian tubuh yang bisa Anda cek menggunakan termometer untuk mendapatkan suhu normal bayi dengan tingkat akurasi yang beragam. Namun, satu hal yang harus diingat adalah jangan menggunakan termometer yang sama untuk mengecek bagian tubuh yang berbeda, seperti pada bagian anus dan mulut. Walaupun sudah dibersihkan, tetap ada risiko kuman yang tertinggal dan menyebabkan penyakit pada buah hati Anda. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Atasi permasalahan kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab seputar penanganannya dengan Tim Dokter Go Dok. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/TP/PJ

Referensi