Cari Tahu Cara Mengempeskan Jerawat Secara Alami

Cara mengempaskan jerawat

Cara mengempaskan jerawat secara alami yang bisa Anda aplikasikan sendiri di rumah dengan membuat masker dari bahan-bahan alami  seperti madu, lemon, bawang putih, es batu, uap, jeruk nipis, tomat, lidah buaya, mentimun yang terbukti berkhasiat untuk perawatan wajah berjerawat yang Anda alami.

 

Go DokJerawat; permasalahan kulit yang satu ini memang sering sekali menghinggapi kaum pria dan wanita, apalagi jika usia mereka masih tergolong dalam usia pubertas. Jerawat yang timbul karena tersumbatnya pori-pori kulit oleh minyak wajah berlebih, debu, atau kotoran lain ini ternyata tidak hanya bisa membuat wajah terlihat kusam dan tidak menarik, tapi juga dapat menurunkan tingkat kepercayaan diri. Lalu, apa yang bisa dilakukan untuk mengempeskan jerawat secara cepat, namun aman?

Berikut  beberapa cara mengempeskan jerawat secara alami yang dapat Anda coba:

1. Madu

Cara mengempeskan jerawat secara alami yang pertama adalah dengan menggunakan madu. Meskipun terlihat sederhana, namun madu terbukti ampuh dapat mengurangi kemerahan pada jerawat sekaligus meredaknnya dengan seketika. Caranya, cukup oleskan madu ke area wajah yang bermasalah, lalu diamkan selama 15 menit. Setelah itu, baru bilas wajah dengan air hangat hingga bersih.

2. Lemon

Selanjutnya, Anda juga bisa mencoba lemon. Caranya adalah dengan mengiris tipis 1  buah lemon, lalu menempelkan potongan tersebut ke bagian wajah yang berjerawat. Cara lain adalah dengan memeras 1 buah lemon, lalu menggunakan air perasannya sebagai masker. Tunggu hingga mengering, lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

3. Bawang Putih

Selain dikenal sebagai bahan alami yang baik untuk mengurangi tekanan darah tinggi, bawang putih juga bisa dimanfaatkan untuk mengempeskan jerawat membandel. Caranya adalah dengan menggosokkan bawang putih ke area wajah yang berjerawat, diamkan selama 5 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat. Mudah, bukan?

4. Es Batu

Cara mengengempeskan jerawat secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan es batu. Ya, cukup dengan menempelkan es batu pada jerawat membandel, Anda akan langsung melihat perubahannya.

5. Uap

Pernahkan Anda menggunakan uap untuk menghilangkan jerawat? Jika belum, maka ini saatnya! Caranya, tuangkan air panas ke dalam baskom atau wadah lainnya, lalu tempatkan kepala di atas baskom agar uap panasnya mengenai wajah Anda. Cara ini dijamin dapat membuat jerawat pergi dan tidak kembali lagi.

6. Jeruk Nipis

Jeruk nipis; bahan alami yang ampuh sekali menghilangkan jerawat. Caranya, siapkan 1-2 buah jeruk nipis, lalu peras. Gunakan air perasannya sebagai masker, tunggu hingga mengering, lalu bilas dengan menggunakan air bersih.

7. Tomat

Cara mengempeskan jerawat secara alami yang selanjutnya adalah dengan menggunakan masker tomat. Caranya, haluskan 2-3 butir tomat, lalu tambahkan beberapa sendok madu. Setelah itu, oleskan masker tomat pada seluruh permukaan wajah, tunggu selama 10 menit sebelum dibilas dengan menggunakan air hangat.

8. Lidah buaya

Cara memanfaatkan lidah buaya untuk mengempeskan jerawat ternyata mudah. Cukup dengan mengiris lidah buaya menjadi 2 bagian, lalu mengambil lendir di dalamnya. Nah, lendir inilah yang bisa dijadikan masker untuk menghilangkan jerawat dengan segera.

9. Mentimun

Cara mengempeskan jerawat secara alami yang terakhir adalah dengan menggunakan mentimun. Caranya, gosokkan mentimun ke area wajah yang bermasalah, diamkan selama 10 menit, lalu bilas dengan menggunakan air hangat hingga bersih. Mudah sekali!

Itu tadi beberapa cara mengempeskan jerawat secara alami yang dapat Anda coba. Tunggu apa lagi?

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.