Cara Tetap Bugar Beraktivitas Saat Puasa

Tetap bugar beraktivitas saat puasa

Tetap bugar beraktivitas saat puasa ; Berpuasa bagi Anda yang tetap beraktivitas dan bekerja di tengah penatnya kehidupan ibukota, hal ini menjadi sulit. Rasa lapar dan lemas yang menghantui saat menjalankan puasa membuat Anda sulit berkonsentrasi. Bagaimanakah cara agar tetap bugar beraktivitas saat puasa?

 

Go DokTanpa terasa, sebentara lagi bulan Ramadhan sudah datang kembali menyapa Anda. Bagi yang Muslim, menjalankan ibadah puasa selama 30 hari penuh di bulan ini merupakan hal yang wajib. Nah, tentunya bagi Anda yang juga tetap beraktivitas dan bekerja di tengah penatnya kehidupan ibukota, hal ini menjadi sulit. Tak jarang, rasa lapar dan lemas yang menghantui saat menjalankan puasa membuat Anda sulit berkonsentrasi. Lalu, bagaimanakah cara yang tepat agar tetap bugar beraktivitas saat puasa?

 Berikut tips  agar tetap bugar beraktivitas saat puasa yang bisa Anda terapkan :

1. Jangan pernah meninggalkan sahur

Tips pertama agar tetap bugar beraktivitas saat puasa adalah jangan pernah meninggalkan waktu sahur. Hal ini penting, agar tubuh Anda tetap fit seharian, meskipun menahan rasa lapar. Makanan yang Anda konsumsi saat sahur akan menjaga asupan nutrisi serta kalori di dalam tubuh Anda seharian, sekaligus menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Karena itu, meskipun Anda bangun telat, dan waktu sahur hanya tinggal tersisa sedikit, tetaplah makan sesuatu yang bernutrisi dan minum air putih guna menjaga kebugaran tubuh Anda sebelum berpuasa seharian.

2. Konsumsi makanan bernutrisi saat sahur

Tips kedua untuk tetap bugar beraktivitas saat puasa adalah menjalani sahur dengan mengonsumsi makanan bernutrisi tinggi. Mulai dari makanan yang mengandung protein tinggi, seperti telur, keju, daging ikan, dan yoghurt, hingga makanan yang mengandung serat tinggi, seperti sayur mayur, gandum, dan kentang.

Selain itu, Anda juga harus ingat untuk memasukkan makanan berkarbohidrat dalam menu sahur Anda, seperti oat, gandum, nasi putih atau merah, guna membantu gula darah di dalam tubuh Anda tetap stabil dan memberi Anda rasa kenyang hampir sepanjang hari. Jika menu-menu ini dengan lengkap Anda jalankan, tentu rasa lapar bisa dengan mudah diatasi dan tubuh akan terjaga tetap fit sepanjang hari.

3. Jangan lupa mengonsumsi cukup air putih

Untuk menjaga tubuh Anda tetap bugar beraktivitas saat puasa, tentunya tubuh Anda tak boleh sampai kekurangan cairan. Karena itu, jangan lupa untuk mengonsumsi setidaknya 5 – 8 gelas air putih di waktu sahur (disesuaikan dengan berat badan Anda) guna menjaga tubuh Anda tetap terhidrasi dengan baik. Sebab, jika cairan tubuh Anda tercukupi, rasa kantuk pun akan lebih sulit menyerang.

4. Jangan lupakan buah-buahan

Baik saat sahur maupun saat berbuka, konsumsi buah-buahan yang sehat dan mengandung kadar gula yang dibutuhkan tubuh seharian. Hal ini penting dalam menjaga tubuh Anda tetap bugar dalam beraktivitas saat puasa, lho! Pasalnya, buah-buahan mengandung cairan dan kadar gula tinggi, khususnya ketimun, semangka, melon, dan labu. Anda juga bisa mengganti buah segar dengan jus buah, hanya saja perhatikan pula kandungan kadar gula yang ditambahkannya, ya!

5. Berolahraga atau peregangan ringan

Meskipun sedang berpuasa, bukan berarti Anda harus malas bergerak. Pasalnya, malas bergerak justru akan lebih sering menurunkan kadar konsentrasi dan rasa lemas yang Anda rasakan. Karena itu, saat Anda merasa mengantuk saat bekerja sambil berpuasa, bangkitlah dari tepat duduk, dan lakukan peregangan ringan atau lari-lari kecil di tempat. Atau, Anda dapat juga melakukan olahraga ringan di pagi dan sore hari saat berpuasa. Ingat, jangan lakukan olahraga yang terlalu berat, seperti push-up, sit-up, atau jogging dalam waktu lama, ya! Karena hal ini justru dapat menguras tenaga dan membuat tubuh Anda bertambah lemas.

Nah, itu dia 5 tips yang bisa Anda terapkan guna menjaga tubuh tetap bugar selama beraktivitas saat puasa. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi