Cara Tepat untuk Mengecilkan Betis Anda

Cara tepat untuk mengecilkan betis

Cara tepat untuk mengecilkan betis yang bisa dipraktikkan di rumah bagi Anda yang memiliki betis terlalu besar salah satunya dengan melakukan latihan kardiovaskular. Dengan rutin melakukan latihan ini  akan membantu dalam melangsingkan ukuran betis tanpa harus menambah massa otot di area tersebut.

Go Dok Betis merupakan salah satu bagian tubuh yang akan terlihat jelek jika ukurannya terlalu besar. Pasalnya, hal ini akan membuat bentuk keseluruhan tubuh Anda tidak proposional dan tampak aneh saat harus berjalan dengan menggunakan sepatu hak tinggi.

Nah, jika Anda merasa memiliki betis yang terlalu besar, dengan terlalu banyak lemak yang menggantung di bagian tersebut, Anda bisa melakukan beberapa cara untuk mengatasinya.

Berikut beberapa cara tepat untuk mengecilkan betis yang bisa Anda coba!

1.Latihan betis dengan dua kaki

Cara tepat untuk mengecilkan bertis Anda yang pertama adalah dengan melakukan latihan pengencang otot betis menggunakan dua kaki. Hal ini akan melibatkan Anda mengangkat kedua betis secara bersamaan.

Untuk melakukannya, pertama-tama Anda harus berdiri di dekat dinding, untuk menjaga keseimbangan. Posisikan kedua telapak kaki Anda hingga selebar pinggul, dan pastikan pergelangan kaki, lutut, serta pinggul Anda berada dalam posisi tegak lurus.

Hal ini dilakukan agar area persendian Anda tetap terlindungi. Kemudian, Anda bisa berjingkat, menaikkan tubuh ke arah atas dengan bertumpu pada ujung-ujung kedua kaki. Jagalah agar otot-otot perut Anda tertarik ke atas, secara lurus, bukan ke depan atau ke belakang. Dengan cara ini, otot-otot betis Anda juga akan terangkat.

Tahan posisi tersebut hingga beberapa menit, sebelum beristirahat dan mulai melakukannya lagi dari awal. Jika dilakukan secara rutin, latihan ini bisa mengencangkan otot-otot gastrocnemius dan soleus pada betis Anda, sekaligus memperkecil dan membentuk ukuran betis.

2. Lakukan latihan kardiovaskular

Salah satu alasan betis Anda berukuran besar adalah terlalu banyak terdapat lemak di bagian tersebut. Nah, untuk membakar lemak berlebih, Anda sebaiknya melakukan latihan kardivaskular secara rutin, setidaknya selama 60 menit sebanyak 2 – 3 kali dalam seminggu.

Hal ini akan membantu dalam melangsingkan ukuran betis tanpa harus menambah massa otot di area tersebut. Berikut adalah beberapa latihan kardio yang bisa Anda lakukan :

  • Berjalan santai dalam jarak jauh di jalanan yang rata
  • Berlari lambat dalam jarak yang jauh di jalanan rata
  • Berenang
  • Bersepeda di jalanan rata selama setengah jam dalam sehari.

Ingat, jangan lakukan latihan kardio berupa loncat tali, tepuk nyamuk, atau lompat squat. Pasalnya, ini akan menambah berat massa otot betis Anda.

3. Pilih menu diet yang sesuai

Cara tepat untuk mengecilkan betis Anda yang selanjutnya adalah dengan mengubah pola dan menu makan, guna mengurangi kadar lemak berlebih di area betis. Mulailah mengonsumsi makanan yang penuh nutrisi, berkalori rendah, dan berlemak rendah.

Perbanyak mengonsumsi sayuran, buah, kacang-kacangan, makanan yang terbuat dari gandum murni, serta susu rendah lemak. Hindari banyak mengonsumsi makanan olahan, gorengan, serta makanan dengan pemanis dan perisa buatan, seperti chiki, pizza, dan kue-kue kering. Hindari pula makan hingga kenyang, dan hindari makan besar dalam sekali waktu.

4. Perkuat otot betis dengan latihan menekuk kaki

Cara tepat untuk mengecilkan betis Anda yang terakhir adalah dengan melakukan latihan menekuk kaki, atau yang juga biasa disebut lunges. Berikut adalah langkah-langkahnya :

  • Berdirilah tegak dan posisikan kedua tangan Anda di pinggul
  • Langkahkan kaki kanan Anda ke depan, sementara kaki kiri Anda diregangkan jauh ke belakang. Lakukan hal ini sembari juga menekuk kaku kanan Anda di lutut, hingga membentuk sudut 90 derajat
  • Bebankan berat badan Anda pada telapak kaki. Pertahankan posisi ini selama beberapa saat, sebelum kembali berdiri tegak
  • Lakukan hal yang sama, kali ini dengan kaki kiri Anda yang menekuk ke depan
  • Ulangi rangkaian latihan tersebut hingga beberapa kali, sesuai kemampuan Anda.

Jika ingin variasi, Anda bisa pula mencoba latihan ini dengan menggunakan anak-anak tangga sebagai tumpuan kaki. Tak hanya mengencangkan dan melangsingkan betis, latihan ini juga bisa mengencangkan pantat, lho!

Nah, itu dia 4 cara tepat untuk mengecilkan betis Anda. Semoga bermanfaat, dan selamat mencoba!

 

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

SF/PJ/MA

Referensi