Cara Selalu Tampak Muda dengan Senam Wajah

Senam wajah

Senam wajah  jika dilakukan secara rutin bukan tidak mungkin wajah Anda bisa terlihat awet muda yang mana Anda akan terhindar dari tanda-tanda penuaan, termasuk keriput, kantung mata, dan kerutan-kerutan lainnya. Lalu, agaimanakah cara selalu tampak muda dengan senam wajah?

 

Go Dok – Tentu kebanyakan dari Anda sudah amat familiar dengan olahraga senam tubuh yang seringkali dilakukan baik di sekolah, tempat kerja, maupun grup tetangga ibu-ibu. Namun, bagaimana dengan senam wajah? Jika Anda belum pernah mendengarnya, berarti perlu Anda tahu bahwa gerakan senam yang satu ini bisa membuat wajah tampak lebih muda. Jika dilakukan secara rutin, bukan tidak mungkin wajah Anda bisa terhindar dari tanda-tanda penuaan, termasuk keriput, kantung mata, dan kerutan-kerutan lainnya. Nah, bagaimanakah cara selalu tampak muda dengan senam wajah?

Yuk,  simak penjelasan lengkap senam wajah untuk tamoil awet muda berikut ini!

1. Senam dengan senyuman

Ya, cara selalu tampak muda dengan senam wajah yang pertama adalah senam dengan senyuman. Ya, jenis senam wajah yang satu ini dapat membantu mengurangi kerutan-kerutan di sekitar pipi Anda, serta keriput pada wajah. Untuk melakukannya, Anda dapat mengikuti cara-cara berikut :

  • Sembunyikan gigi Anda dengan bibir membentuk huruf O pada mulut Anda
  • Tersenyumlah lebar, sembari masih mempertahankan gigi Anda tersembunyi di balik bibir. Ulangi gerakan ini sebanyak 6 kali.
  • Selanjutnya, tahan senyum Anda sembari meletakkan jari telunjuk pada dagu. Lalu mulailah menggerakkan rahang Anda ke atas dan ke bawah, sembari mengarahkan kepala Anda miring ke belakang. Istirahatkan wajah Anda selama beberapa saat, sebelum kembali mengulangi gerakan ini sebanyak dua kali.

Percayalah, jika melakukannya secara rutin setiap hari, Anda bisa menghindari dua tanda penuaan : keriput wajah dan kerutan di sekitar pipi. Hebat, bukan?

2. Senam Happy Cheeks

Senam wajah yang satu ini cukup populer di kalangan masyarakat Barat. Dengan senam wajah ini, Anda bisa mengencangkan otot-otot pipi yang biasanya mulai mengeriput seiring bertambah tuanya usia Anda. Untuk melakukannya, Anda lagi-lagi harus melibatkan senyuman. Anda pertama-tama harus tersenyum dengan mulut mengerucut. Selanjutnya, letakkan jari-jari Anda di sudut-sudut mulut dan geser perlahan dengan gerakan memijat hingga ke bagian atas pipi. Tahan posisi ini selama 20 detik, sebelum melepaskannya. Jika melakukannya secara rutin setiap hari, otot-otot pipi Anda akan lebih kencang dan terhindar dari penuaan dini.

3. Senam dengan membentuk huruf V

Tahukah Anda? Menjaga kulit wajah tetap muda dengan senam wajah yang membentuk huruf V dapat menghindarkan terbentuknya keriput bercabang pada sudut mulut dan mata, kantung mata, dan mata bengkak. Untuk melakukannya, Anda harus mengikuti langkah-langkah berikut ini :

  • Tekanlah kedua sudut alis Anda sebelah dalam dengan menggunakan kedua jari tengah Anda. Lalu, gunakan jari telunjuk Anda untuk menekan kedua sudut alis yang sebelah luar.

  • Selanjutnya, tataplah langit-langit. Sembari melakukannya, angkat kelopak mata bagian bawah Anda,  hingga mata Anda tampak juling. Pertahankan posisi ini selama beberapa saat sebelum melepaskannya.

  • Ulangi gerakan-gerakan tadi sebanyak 6 kali, dan selesaikan dengan menutup mata Anda kuat-kuat hingga berkerut, selama 10 detik.

4. Senam penghalus dahi

Salah satu tanda penuaan yang harus Anda waspadai adalah kerutan serta garis-garis horizontal yang terbentuk pada bagian dahi. Jika Anda seringkali stres dan banyak pikiran, Anda akan semakin sering mengerutkan dahi, sehingga tanda penuaan yang satu ini seringkali muncul terlalu dini. Nah, Anda bisa menghindarinya dengan senam wajah penghalus dahi yang langkah-langkahnya adalah :

  • Letakkan kedua tangan Anda di dahi, lalu lebarkan semua jari-jari Anda di antara alis dan garis rambut.
  • Selanjutnya, sapukan jari-jari Anda dengan perlahan dan lembut ke arah luar, melewati dahi, sembari memberikan tekanan lembut pada kulit wajah.
  • Istirahatkan wajah Anda, sebelum mengulangi langkah-langkah tersebut sebanyak 10 kali.

Lakukan gerakan senam wajah tersebut secara teratur setiap harinya, untuk merilekskan bagian dahi serta menghindari munculnya garis-garis horizontal yang merupakan tanda penuaan.

Nah, itu dia 4 gerakan yang dapat Anda lakukan agar kulit wajah tetap terlihat lebih muda dengan senam wajah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi