Cara Berhenti Merokok yang Sederhana; Yuk, Coba!

cara berhenti merokok

Cara berhenti merokok ; Anda salah satu orang yang tidak bisa berhenti merokok atau sudah kecanduan terhadap rokok? Banyak cara untuk berhenti dari merokok mulai dari mengonsumsi obat-obatan, akupuntur, hipnoterapi hingga terapi laser. Atau, Anda bisa mencoba cara sederhana berikut ini!

 

Go Dok   Tentu sudah banyak dari Anda yang mengetahui betapa berbahayanya kebiasaan menghisap tembakau, baik bagi diri sendiri dan orang lain. Namun, berhenti dari kebiasaan yang satu ini memang bukan perkara mudah. Efek nikmat yang dihasilkan dari kandungan nikotin pada rokok terbukti mempengaruhi keseimbangan zat dopamine dan norepinephrine di otak Anda. Hal inilah yang kemudian berujung pada ketergantungan terhadap rokok dan menjadikannya kebutuhan yang harus dipenuhi oleh tubuh.

Gawatnya lagi, lama-kelamaan tingkat ketergantungan terhadap rokok menjadi sangat kuat. Sampai-sampai, di kalangan para perokok muncul slogan “lebih baik tidak makan daripada tidak merokok”. Mengkhawatirkan, bukan? Jika sudah begini, memang sulit mencari cara untuk meninggalkan rokok. Padahal, banyak hal yang bisa Anda coba, mulai dari mengonsumsi obat-obatan, akupuntur, hipnoterapi hingga terapi laser. Nah, jika tak satu pun dari hal tersebut manjur, mungkin Anda bisa mencoba cara sederhana untuk berhenti dari kebiasaan merokok.

Berikut cara berhenti merokok yang sederhana, yuk coba!

1. Banyak meminum air putih

Pertama, cara berhenti merokok secara sederhana dengan banyak mengonsumsi air putih. Tahukah Anda, bahwa mengonsumsi air putih merupakan cara terbaik dalam membersihkan nikotin di dalam tubuh? Saat Anda berhenti merokok, sistem tubuh Anda akan menetralisir racun dan nikotin dengan sendirinya. Karena itu, saat keinginan untuk merokok kembali muncul, minumlah air putih secukupnya. Hal ini akan membantu tubuh Anda mengeluarkan racun dan mengurangi ketergantungan terhadap rokok lebih cepat.

2. Mengonsumsi wortel

Gantilah sebungkus rokok Anda dengan seikat wortel segar! Dalam penelitiannya, James A. Duke, Ph.D, seorang botanical medicine di Amerika, menyebutkan bahwa wortel terbukti mampu mengurangi kebiasaan merokok. Tak hanya itu, kandungan karotenoid dalam wortel juga diketahui efektif untuk mencegah kanker akibat rokok. Anda dapat membawa sekotak wortel segar yang dipotong memanjang menyerupai rokok. Setiap timbul keinginan untuk merokok, kunyahlah wortel sedikit demi sedikit.

3. Meminum jahe hangat

Selanjutnya, cara berhenti merokok dengan meminum jahe hangat. Biasanya, rasa asam dan mual di mulut ketika lama tidak bertemu tembakau membuat para perokok tidak betah untuk berhenti merokok. Untuk mengatasi hal ini, minumlah segelas jahe hangat di pagi dan sore hari. Pasalnya, selain membuat rasa asam di mulut berkurang, jahe hangat juga membuat tubuh terasa hangat dan mendorong keluarnya keringat. Berkeringat merupakan cara yang baik untuk mengeluarkan kotoran dan racun dari dalam tubuh Anda, termasuk pula racun nikotin. Agar lebih praktis, Anda dapat mengulum potongan jahe kecil setiap kali rasa mual muncul. Namun, jangan sampai berlebihan ya, sebab FDA (Food and Drug Administration) Amerika menyebutkan konsumsi jahe lebih daru 2 gr per kg boot tubuh Anda dapat memberikan dampak buruk.

4. Melatih pikiran dan tubuh

Cara berhenti merokok selanjutnya dengan melatih pikiran dan tubuh. Penelitian terbaru membuktikan bahwa berolahraga dan melatih pemusatan pikiran Anda secara rutin dapat membantu dalam mengurangi keinginan untuk merokok. Meskipun tidak semua ahli mendukung hal ini, namun banyak yang telah menerapkan metode pelatihan pikiran serta badan, dan mengakui efeknya. Karenanya, cobalah untuk berolahraga ringan (atau berat),  yoga, serta meditasi secara rutin guna mengurangi kebiasaan merokok.

5. Manfaatkan jeruk nipis

Di samping menjadi penyedap soto, menurut buku Tanaman Obat Keluarga karangan Ir. Fuziah Muhlisah,  jeruk nipis (Citrus aurantifolia) ternyata berkhasiat pula untuk menghentikan kebiasaan merokok Anda. Caranya? Hisaplah sepotong kecil jeruk nipis secara rutin, beberapa kali sehari. Meski terasa kecut, namun rasa asamnya yang segar akan merangsang Anda untuk minum air putih lebih banyak. Di samping itu, jeruk nipis juga membantu dalam membersihkan nikotin yang menempel pada gigi dan mulut. Mudah bukan cara sederhana untuk berhenti dari kebiasaan merokok ini

Berhenti merokok memang tidak dapat dilakukan dengan seketika. Dibutuhkan kesabaran dan keinginan yang kuat dari dalam diri Anda. Karenanya, beritahu dan mintalah dukungan orang – orang terdekat Anda mengenai cara berhenti merokok. Semoga berhasil!