Cara Merawat Rambut Pendek agar Tetap Tampil Menawan

cara merawat rambut pendek

Cara merawat rambut pendek memang susah susah gampang. Di satu sisi, rambut pendek menjadi lebih mudah diatur dengan penggunaan shampo yang sedikit. Namun memiliki rambut yang pendek juga membuatnya tampak lebih berminyak karena produksi minyak rambut tetap serupa ketika memiliki rambut panjang.

Go DokBagi sebagian wanita, memotong rambut menjadi pendek menjadi cara agar kepala terhindar dari rasa gerah dan cenderung menjadi lebih mudah untuk diatur. Namun jangan salah, rupanya cara merawat rambut pendek pun sama-sama membutuhkan perhatian lebih seperti memiliki rambut panjang, lho.

Memiliki potongan rambut yang pendek memang dapat mengesankan seorang wanita memiliki jiwa yang simpel dan gaya yang lebih eye-catching. Selain itu, potongan rambut pendek dipilih sebagian wanita yang merasa dirinya sebagai orang yang independen dan memiliki jiwa pemimpin.

Namun harus diingat, memiliki potongan rambut pendek menuntut untuk lebih memperhatikan detil dari kondisi rambut itu sendiri. Sebab, jika rambut pendek tidak dirawat dengan baik, masalah rambut seperti ketombe dan rambut yang bercabang pun jadi lebih mudah terlihat dibandingkan mereka yang memiliki rambut panjang.

Maka dari itu, simak nih cara merawat rambut pendek agar tetap tampil menawan seharian!

  1. Ubah rutinitas keramas

Baik memiliki rambut pendek maupun panjang, tubuh tetap menghasilkan minyak pada kulit kepala dengan jumlah yang sama, lho. Dampaknya, Anda yang memiliki rambut pendek akan menjadi terlihat lebih berminyak dibandingkan ketika berambut panjang. Maka dari itu, cobalah mencuci rambut lebih sering namun dengan kandungan shampo yang bersifat lebih ringan.

  1. Gunakan sedikit shampo dan kondisioner

Mulailah menggunakan shampo dan kondisioner dengan jumlah yang lebih sedikit ketika sedang keramas. Rambut pendek tidak akan memerlukan banyak kondisioner. Penggunaan kondisioner yang terlalu banyak akan membebani rambut. Selain itu, menggunakan menggunakan shampo terlalu banyak dapat membuat kulit kepala iritasi dan rambut tampak kering.

  1. Jangan biarkan rambutmu tidak tertata

Salah satu keuntungan memiliki potongan rambut pendek membuatnya tidak perlu tata rambut sedemikian rupa. Walaupun begitu, model rambut seperti habis bangun tidur juga tidak sedap dipandang, bukan? Jika Anda tidak memiliki banyak waktu untuk menata rambut, cukup semprotkan air ke rambut menggunakan botol semprot. Lalu, cukup gunakan tangan untuk menata rambut sesuai dengan keinginan. Mudah bukan?

  1. Gunakan produk rambut yang sesuai dengan jenis rambut

Anda bisa menambahkan penggunaan produk untuk rambut seperti serum anti-keriting, gel, spray atau krim styling. Penggunaan produk akan lebih sedikit serta membuatnya lebih mudah untuk ditata. Selain itu, cobalah untuk menghindari penggunaan alat styling yang panas seperti catokan rambut.

  1. Jagalah kulit kepala

Kulit kepala menjadi salah satu yang perlu diperhatikan dalam upaya menjaga kesehatan rambut, salah satunya dalam menggunakan produk gel atau wax. Pasalnya, penggunaan produk tersebut secara berlebihan dapat membuatnya terjadi penumpukan dan membuat kulit kepala menjadi kering dan teriritasi, bahkan bisa membuatnya terkelupas. Sebagai alternatif, cobalah memakai masker rambut di kepala.

  1. Keringkan rambut

Cobalah untuk selalu mengeringkan rambut secara total. Pasalnya, kondisi rambut yang setengah kering akan membuatnya terlihat kusut, lho. Nah, jika hendak menggunakan hair dryer, cobalah untuk menggunakan suhu yang tidak begitu panas agar kulit kepala tetap terjaga. Maka dari itu, jangan lupa untuk mengeringkan rambut secara total.

  1. Jadwalkan pemotongan rambut secara teratur

Ketika rambut sudah mulai tumbuh, penampilan Anda tentu akan berubah. Maka dari itu, cobalah membuat jadwal merapihkan rambut secara rutin setiap 6 minggu dan memotong rambut secara penuh dalam waktu 3 bulan sekali.

Nah, itu dia 7 cara merawat rambut pendek agar dapat tampil menawan seharian. Apapun gaya rambut yang Anda pilih, ingatlah untuk selalu menjaga kesehatan rambut dan kulit kepala. Semoga bermanfaat!

 

 

Baca juga:

 

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

 

GT/PJ/TP

Referensi