Cara Menyembuhkan Sariawan dengan Bahan Alami yang Ampuh

Cara menyembuhkan sariawan

Cara menyembuhkan sariawan ;  sariawan dapat menyerang beberapa bagian dalam mulut, seperti bagian pipi dalam, lidah, gusi, dan langit-langit mulut. Selain mengonsumsi vitamin C, Anda juga bisa meredakan sariawan  dengan mencoba beberapa cara alami.

 

Go Dok – Sepertinya, berwisata kuliner sudah menjadi kewajiban setiap orang ketika sedang mengunjungi sebuah daerah baru, ya. Menikmati segala ragam makanan, mulai dari camilan hingga makanan berat harus dicicipi tidak boleh ada satupun yang terlewati.

Namun, kesenangan berwisata kuliner jadi terganggu ketika terdapat sariawan di mulut Anda. Akibatnya, Anda tidak bisa menyicipi semua ragam makanan, seperti makanan yang pedas, asam, dll. Selain itu, aktivitas mengunyah jadi tergganggu karena rasa sakit yang ditimbulkan dari sariawan tersebut.

Agar wisata kuliner Anda tidak terganggu, mengapa tidak mencoba cara menyembuhkan sariawan dengan beberapa bahan alami dan mudah ditemukan di sekitar Anda. Mau tahu apa saja cara yang bisa dilakukan?

Berikut cara menyembuhkan sariawan dengan beberapa cara alami yang bisa di coba!

Sebelum memilih metode yang digunakan, temukan terlebih dahulu di mana letak sariawan tersebut berada. Biasanya, sariawan dapat menyerang beberapa bagian dalam mulut, seperti bagian pipi dalam, lidah, gusi, dan langit-langit mulut. Namun, tentu saja yang paling umum adalah menyerang bagian bibir karena mengalami cedera ketika mengunyah makanan favorit Anda.

Selain karena cedera tersebut, sariawan juga dapat terjadi karena penurunan fungsi dari sistem imun yang menyebabkan tubuh rentan terkena infeksi dari virus.

Selain mengonsumsi vitamin C, Anda juga bisa meredakannya dengan mencoba beberapa cara alami seperti berikut ini.

  • Berkumur dengan larutan garam bisa jadi resep alami yang sudah turun temurun diajarkan oleh orang tua karena dipercaya dapat mengurangi bakteri dan virus penyebab sariawan. Caramenyembuhkan sariawan dengan laurtan garam: larutkan setengah sendok teh garam ke dalam segelas air hangat sebanyak 3 sampai 4 kali sehari. Anda juga bisa menggunakan campuran larutan baking soda dengan air hangat, lho.
  • Berkumur dengan obat kumur yang tidak mengandung alkohol untuk membantu membersihkan virus dan bakteri penyebab sariawan.
  • Mengoleskan minyak cengkeh di area sariawan setelah membersihkan mulut dengan obat kumur atau air garam juga dapat membantu meredakan sariawan. Pasalnya, minyak cengkeh dipercaya bersifat antiseptikserta mengandung zat antibakteri yang baik untuk membasmi bakteri dan virus penyebab sariawan.
  • Anda bisa coba meletakan dan sedikit menggosokan potongan kecil es batu di sariawan hingga meleleh. Rasa dingin tersebut dapat membantu melancarkan aliran darah sebagai proses penyembuhan serta membuat area sariawan yang sakit menjadi kebal dan mati rasa.
  • Meminum teh herbal chamomile yang dicampur dengan madu. Madu bersifat antiseptiksehingga dipercaya dapat meredakan sariawan. Selain itu, teh chamomile juga bersifat anti inflamasi yang dapat meredakan peradangan akibat sariawan. Selain diminum, cara menyembuhkan sariawan dengan bahan alami ini Anda juga bisa menempelkan kantung teh bekas seduhan di area sariawan, lho.
  • Selain menggunakan ramuan di atas, selalu rajin sikat gigi dan menggunakan benang gigi agar sariawan tidak terinfeksi bakteri. Ingat ya, selalu menggosok gigi dengan sikat gigi yang lembut dan pasta gigi bebas deterjen.
  • Hindari mengonsumsi makanan yang pedas atau masam karena dapat menyebabkan sariawan menjadi semakin meradang dan iritasi.
  • Hindari pula makanan asin, kopi, cokelat, kacang-kacangan, keripik kentang atau biskuit yang dapat mencederai mulut. Selain itu, untuk sementara Anda jangan dulu mengonsumsi minuman bersoda atau beralkohol serta minuman yang terlalu manis, terlalu panas, atau terlalu dingin.

Itulah beberapa cara menyembuhkan sariawan menggunakan bahan yang alami dan cenderung mudah ditemukan, bukan. Selain itu, selalu ingat agar tidak menyentuh sariawan dengan tangan karena dapat mengganggu proses penyembuhan dan menyebabkan infeksi menyebar ke bagian mulut lainnya. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi