Cara Menidurkan Bayi Rewel pada Malam Hari

Cara menidurkan bayi

Cara menidurkan bayi yang rewel dan susah tidur memang cukup menguras tenaga dan pikiran, apalagi jika bunda sudah lelah beraktivitas seharian. Bunda bisa mencoba beberapa cara seperti melakukan aktivitas mandi sebelum bayi tidur dan membuat rutinitas ringan seperti membaca dongeng sebelum tidur.

 

Go DokOrangtua mana yang tidak ingin melihat anaknya dapat tertidur dengan tenang sepanjang malam? Sayangnya, tidak setiap bayi mudah untuk diajak tidur di malam hari. Sehingga, dibutuhkan sejumlah cara menidurkan bayi yang seringkali rewel dan menangis ketika hendak memasuki waktu tidurnya di malam hari. Mau tahu caranya?

Berikut cara menidurkan bayi rewel dan enggan untuk segera terlelap di malam hari!

1. Ciptakan suasana yang tenang pada malam hari

Tidak seperti orang dewasa, bayi belum memiliki siklus sirkadian sebagai jam biologis yang bekerja secara alami untuk menghasilkan hormon melatonin yang bertugas memerintahkan tubuh untuk beristirahat ketika malam hari tiba. Maka dari itu, bunda harus menciptakan sendiri suasana di sekitar bayi agar tetap gelap dan tenang, untuk menstimulasi terbentuknya jam biologis bayi.

Salah satu cara mudah untuk merangsang jam biologis bayi dengan menggunakan cahaya. Awalnya, bunda bisa terus menyalakan lampu tidur ketika bayi masih terjaga di siang hari. Nah, ketika hari menjelang malam, di mana menjadi waktu tidur bayi, gelapkan ruangan dan jangan membuat kegaduhan.

Selain itu, pastikan kondisi kamar bayi tetap sama sebelum bayi tertidur hingga dirinya terbangun. Dengan begini, tubuh bayi akan terbiasa untuk tidur menjelang malam hari ketika suasana mulai gelap.

2. Bentuk rutinitas sebelum tidur

Karena bayi belum memiliki jam biologis, Anda sebagai orangtua harus membentuk jam biologis dengan cara sendiri. Anda bisa mencoba dengan membuat rutinitas di malam hari sebelum waktu tidurnya tiba, hingga usianya menginjak 3 bulan.

Bunda bisa membawa bayi ke kamar tidur sekitar 30 menit hingga 1 jam sebelum waktu tidurnya tiba. Lakukan aktivitas ringan bersamanya, seperti membacakan dongeng, bermain boneka, atau memberikan makanan ringan menjelang tidur. Pastikan aktivitas tersebut dilakukan berulang terus menerus setiap hari agar tubuh bayi terbiasa.

Sembari menghabiskan waktu bersama, redupkan lampu secara perlahan agar tubuhnya siap untuk tidur. Dengan membiasakan rutinitas tersebut, jam biologis bayi akan terbentuk secara bertahap hingga akhirnya anak bisa tidur dengan sendirinya ketika malam hari tiba.

3. Mandi sebelum tidur

Apa yang Anda rasakan jika mandi air hangat sebelum tertidur? Tentu tubuh terasa lebih rileks dan lemas, bukan? Hal yang sama pun dapat dirasakan bayi, lho! Dengan begitu, hal ini bisa bunda coba sebagai cara menidurkan bayi agar tidak rewel pada malam hari.

Setelah selesai dimandikan, langsung berikan piyama bayi agar mencegahnya dari masuk angin. Lalu, berikan sedikit minyak telon dan berikan pijatan lembut pada tubuhnya untuk membantunya mennjadi lebih rileks.

Nah, sebaiknya aktivitas mandi dilakukan di dalam kamar bayi untuk menjaga suasana hatinya. Selain itu, sebaiknya aktivitas mandi hingga bayi siap tidur dilakukan tidak lebih dari 30 menit, ya!

4. Berikan objek atau mainan kesayangan

Mungkin bunda tidak bisa setiap waktu berada di samping bayi ketika dirinya tertidur. Hal tersebut dapat membuat bayi resah dan ketakutan karena tidak ada sosok penjaga di sisinya ketika terbangun dari tidur. Nah, bunda bisa mengakali hal tersebut dengan memberikan barang yang selalu ada di kasurnya, agar merasa tenang ketika terbangun dalam kondisi sendirian tanpa orangtua.

Bunda bisa mencoba barang-barang yang memang selalu berada di sekitarnya, seperti selimut bayi dan boneka yang ada di kasurnya. Bunda juga bisa memberikan kain atau pakaian yang biasa dipakai untuk membuat bayi merasa kalau Anda selalu berada di sisinya. Indera penciuman bayi sudah berfungsi cukup baik pada usia awal sehingga bunda bisa mengakalinya dengan hal tersebut.

Namun satu hal yang harus diingat, jangan memberikan benda yang sangat lembut, seperti selimut dan boneka berbulu halus kepada bayi sebelum berusia 6 bulan. Pasalnya, sebelum usia tersebut, bayi dapat terserang Sudden Infant Death Syndrome (SIDS) atau bayi sulit bernapas karena terhalang benda-benda lembut tersebut.

Nah, apakah bayi Anda masih sulit tidur di malam hari? Mulai sekarang bunda bisa mencoba cara menidurkan bayi rewel dan susah untuk tidur di malam hari. Selamat mencoba!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi