Cara Mengurangi Mata Minus dan Mencegahnya Bertambah Buruk

Cara mengurangi mata minus

Cara mengurangi mata minus atau yang disebut juga rabun jauh (myopia) bisa diatasi dengan berbagai cara seperti menggunakan lensa kontak multifokal, tetes mata atropine,  asupan vitamin A dan C, operasi mata hingga menghentikan kebiasaan terlalu lama di depan komputer.

Go DokMata minus, atau yang disebut juga rabun jauh (myopia), merupakan salah satu masalah kesehatan mata yang paling umum menimpa berbagai kalangan. Myopia akan menyebabkan Anda kesulitan untuk melihat sesuatu yang berjarak cukup jauh, namun tidak masalah saat Anda membaca atau melihat sesuatu dalam jarak dekat.

Kondisi ini dapat mulai muncul di usia kanak-kanak, mulai dari umur 6 – 8 tahun, baik yang sifatnya disebabkan keturunan atau kebiasaan tak sehat. Nah, adakah cara untuk mengurangi mata minus?

Yuk, simak penjelasan lengkap cara mengurangi mata minus di bawah ini!

1. Lensa kontak multifokal

Cara mengurangi mata minus yang pertama adalah dengan menggunakan lensa kontak multifokal. Apa itu? Kontak lensa ini didesain khusus agar memiliki kekuatan yang berbeda pada masing-masing  area lensanya guna memperbaiki penglihatan mata minus maupun rabun jauh.

Beberapa tahun belakangan, para peneliti dan dokter mata semakin yakin bahwa lensa kontak ini dapat mengurangi mata minus. Pada suatu penelitian di tahun 2010 di Australia, Cina, dan USA, data menunjukkan bahwa lensa multifokal yang memiliki dual-fokus memiliki kekuatan penuh dalam pengurangan mata minus pada lensanya.

Selain itu, para peneliti di USA pada November 2013 juga menemukan bahwa anak-anak penderita myopia yang menggunakan lensa kontak multifokal sehari-harinya memiliki penambahan mata minus yang lebih minim sekitar 50% daripada mereka yang tidak menggunakannya.

2. Tetes mata Atropine

Tetes mata Atropine telah lama digunakan untuk mengontrol perkembangan mata minus pada penderita rabun jauh. Medikasi ini bekerja dengan cara melebarkan pupil mata dan melumpuhkan sementara fungsi penyesuaian fokus pada pupil.

Hal ini akan benar-benar mengendurkan mekanisme fokus mata Anda. Nah, suatu studi yang dilakukan oleh para dokter mata di Taiwan baru-baru ini menjelaskan bahwa penanganan rabun jauh dengan tetes mata Atropine diharapkan mampu menghambat peningkatan minus pada mata anak-anak.

3. Orthokeratology

Cara mengurangi mata minus selanjutnya dengan orthokeratology.  Orthokeratology merupakan penggunaan suatu kontak lensa yang didesain khusus. Perangkat ini digunakan saat tidur di malam hari guna mengurangi minus mata secara sementara pada penderita rabun jauh dan penderita masalah mata lainnya.

Hal ini agar penderita kemudian tidak perlu menggunakan kacamata atau lensa kontak dalam beraktivitas saat bangun nantinya. Namun, beberapa dokter mata saat ini juga menggunakan Ortho-K untuk mengontrol pertambahan mata minus pada anak.

Bukti menunjukkan, bahwa anak-anak yang menderita rabun jauh dan menjalani Ortho-K selama beberapa tahun memiliki pengurangan mata minus yang lebih baik dibandingkan anak-anak yang menggunakan kacamata atau lensa kontak biasa.

4. Asupan vitamin A dan C

Tak perlu ditanya lagi, vitamin A dan C sudah terkenal sejak dulu akan efek positifnya terhadap kesehatan mata. Anda bisa menambah menu buah dan sayuran yang kaya akan kedua vitamin dalam menu makan, seperti melon, jeruk, buah naga, bayam, brokoli, wortel, dan makanan lainnya. Meski tidak pasti mengurangi mata minus, namun cara ini bisa memperlambat pertambahan angka minus mata Anda.

5. Operasi mata

Peanangan rabun jauh dengan menjalani operasi mata bisa dibilang sudah pasti dapat memperbaiki penglihatan Anda, bahkan membuatnya normal kembali. Rabun jauh bisa sembuh melalui operasi mata, dan Anda tak perlu lagi menggunakan kacamata atupun lensa kontak ke depannya.

Ada dua tipe operasi, yaitu Photorefractive keratectomy dan operasi LASIK, dokter akan memperbaiki penglihatan Anda secara langsung. Namun, tentu saja, operasi mata memiliki harga yang sangat mahal.

6. Jangan terlalu lama di depan komputer

Cara mengurangi mata minus yang satu ini tidak bisa mengurangi secara pasti, namun dapat mencegah kondisinya bertambah buruk. Anda disarankan untuk tidak menatap layar komputer terus menerus selama berjam-jam.

Ikutilah aturan untuk melepaskan pandangan dari layar komputer setiap 20 menit sekali, dan memandang satu hal lain yang berjarak lebih jauh dari Anda selama 20 detik. Hal ini akan membantu kesehatan mata Anda.

Nah, itu tadi 6 metode atau cara mengurangi mata minus yang mungkin bisa Anda coba. Berkonsultasilah terlebih dulu dengan dokter mata Anda, ya! Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

SF/JJ/MA

Referensi