Cara Mengobati Sakit Gigi dengan Bahan Alami

Cara mengobati sakit gigi

Cara mengobati sakit gigi ; Selain dengan obat yang dijual di apotek untuk mengatasi sakit gigi yang sedang Anda alami. Anda bisa mengaplikasikan cara alami untuk mengobati sakit gigi salah satunya dengan larutan air garam.

 

Go DokSiapa yang tidak sebal, ketika saat-saat menyenangkan makan es krim harus diganggu dengan rasa ngilu pada gigi? Bahkan, setelah makan es krim usai pun rasa ngilu terus menyertai hingga malam hari menjelang tidur.

Seseorang yang sedang sakit gigi cenderung menjadi lebih sensitif dan mudah marah. Maka dari itu, diperlukan pertolongan pertama ketika sakit gigi tiba-tiba menyerang.

Berikut cara mengobati sakit gigi menggunakan bahan alami yang bisa Anda coba di rumah.

– Larutan air garam

Ini mungkin merupakan cara paling legendaris yang selalu diajarkan dan dilakukan orang tua secara turun temurun sejak zaman dahulu kala. Nyatanya, larutan air garam memang dianggap sebagai disinfektan alami karena mengandung bahan antibakteri dan mencegah peradangan lebih lanjut.

Caranya, cukup larutkan setengah sendok teh garam pada segelas air hangat. Kumur selama 30 detik kemudian muntahkan. Cara ini juga bisa Anda lakukan secara rutin sehabis makan agar tidak ada sisa makanan yang tersisa di sela-sela gigi.

– Minyak cengkeh

Mungkin belum banyak yang tahu kalau kandungan minyak pada cengkeh dapat menjadi bius anestesi alami, yang dapat meredakan rasa ngilu pada mulut Anda. Selain itu, minyak pada cengkeh mengandung eugenol yang bersifat antiseptik sehingga dapat membantu meredakan infeksi yang menyerang gigi Anda.

Cara mengobati sakit gigi denga minyak cengkeh, Anda bisa langsung mengunyah beberapa biji cengkeh di area gigi yang terasa sakit. Selain itu, Anda juga bisa mengeluarkan minyaknya terlebih dulu kemudian dioleskan perlahan menggunakan kapas atau cotton bud di area gigi yang sakit.

– Bawang putih

Seperti cengkeh, bawang putih juga mengandung antibiotik alami yang disebut allicin. Zat tersebut dipercaya mampu mengurangi bakteri jahat yang menginfeksi gigi Anda. Walaupun tidak menjamin 100% sembuh dari sakit gigi, mengunyah beberapa suing bawang putih terbukti ampuh meredakan rasa ngilu yang Anda rasakan, kok.

– Daun jambu

Selain buahnya yang menyegarkan, daun jambu juga bersifat antimikroba yang baik untuk meredakan rasa ngilu pada gigi Anda. Selain itu, mengunyah 2 lembar daun jambu juga dapat meredakan peradangan yang terjadi pada gigi Anda.

Jika Anda tidak kuat dengan rasa daun jambu yang masih utuh, bisa juga merebusnya terlebih dahulu kemudian menjadikan air campuran tersebut sebagai obat kumur.

 – Kompres dengan es batu

Mengompres area mulut yang ngilu dengan es batu juga bisa dijadikan sebagai cara mengobati sakit gigi. Rasa dingin dari kompresan es batu dapat mengecilkan aliran darah sehingga peradangan tidak semakin parah.

– Kantung teh peppermint

Minum teh di sore hari memang dapat menenangkan hati. Tapi tunggu, sisa kantung teh yang  telah dipakai jangan dulu Anda buang, ya. Pasalnya, kantung teh bekas minuman Anda bisa digunakan untuk meredakan sakit gigi, lho. Tapi ingat, hanya teh rasa peppermint, ya

Perlu diingat, nih, untuk menggunakan kantung teh yang sudah agak dingin, ya. Jangan yang baru diseduh, karena tentu saja masih panas. Setelah dirasa telah dingin, cukup tempelkan kantung teh pada bagian gigi yang sakit.

Jika Anda sudah pernah mecoba bahan alami di atas sebagai cara mengobati sakit gigi, Anda juga bisa mencoba beberapa jenis obat generik yang dinilai ampuh, seperti ibuprofen dan diclofenac. Obat seperti parasetamol juga bisa menjadi pilihan, walaupun efek yang dirasakan dianggap kurang ampuh untuk meredakan sakit gigi.

Baca juga:

Punya permasalah seputar kesehatan gigi? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter spesialis gigi. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi