Cara Mengobati Muntaber Secara Alami

cara emngobati muntaber

Cara mengobati muntaber ;  muntaber merupakan salah satu bentuk perlawanan tubuh pada gangguan pencernaan. Penyebabnya bisa berasal dari berbagai sumber, seperti infeksi virus atau bakteri, keracunan makanan, maupun air yang telah terkontaminasi.

 

Go Dok – Sepertinya, sebagian besar dari Anda, setidaknya pernah mengalami muntaber. Anda harus sering keluar-masuk kamar mandi dengan kondisi feses berbentuk cair. Pastinya kesal, dong, jika terus-terusan mengalami kondisi seperti itu.

Seperti yang telah kita ketahui sebelumnya, muntaber merupakan salah satu bentuk perlawanan tubuh pada gangguan pencernaan. Penyebabnya bisa berasal dari berbagai sumber, seperti infeksi virus atau bakteri, keracunan makanan, maupun air yang telah terkontaminasi.

Beragam cara dapat digunakan sebagai cara mengobati muntaber. Salah satunya dengan obat-obatan. Kandungan dalam obat memang dapat mengurangi gejala muntaber, namun beberapa orang mengaku mereka menjadi kesulitan buang air besar setelah mengonsumsi obat tersebut. Maka dari itu, sebagian orang lainnya memilih cara pengobatan muntaber secara alami.

Memangnya, ada cara mengobati muntaber secara alami? Tentu saja! Selain terbukti ampuh, juga tanpa menimbulkan efek samping, lho. Tetap scroll terus ya!

Berikut cara mengobati muntaber secara alami yang bisa Anda praktikkan!

1. Lawan dehidrasi

Saat sedang mengalami muntaber, hal utama yang harus diperhatikan, jangan sampai Anda mengalami dehidrasi. Kekurangan cairan bisa berujung fatal pada penderita, baik anak-anak maupun orang dewasa. Maka dari itu, tetap berikan suplai ASI yang cukup jika bayi Anda mengalami muntaber, ya! Untuk anak-anak maupun orang dewasa, Anda bisa memanfaatkan minuman pengganti cairan tubuh yang hilang untuk melawan dehidrasi, salah satunya adalah oralit.

2. Bantu dengan probiotik

Seperti yang telah disebutkan, muntaber bisa disebabkan oleh infeksi bakteri dalam sistem pencernaan Anda. Maka dari itu, probiotik sangat berguna sebagai cara mengobati muntaber secara alami langsung kepada sumber permasalahannya. Pasalnya, probiotok mengandung bakteri baik yang bisa bisa melawan bakteri jahat, serta menetralisasi sistem pencernaan.

Tidak sulit, lho, mendapatkan sumber probiotik dalam menu sehari-hari Anda. Yoghurt, keju, dan tempe adalah beberapa contoh makanan yang terbukti kaya akan probiotik.

3. Makanan yang dianjurkan dan tidak dianjurkan

Cara mengobati muntaber secara alami yang terakhir adalah memperhatikan makanan dan minuman yang Anda konsumsi. Meskipun Anda sedang mengalami muntaber, penting bagi Anda untuk tetap mendapat asupan gizi. Makanan yang dianjurkan dalam mengobati muntaber secara alami adalah menu-menu yang bersifat rendah serat. Anda bisa mengonsumsi pisang, roti gandum, kentang rebus, atau sup ayam untuk memenuhi asupan gizi selama muntaber.

Sementara itu, menu berserat tinggi sebaiknya Anda hindari, ya, karena berpotensi menimbulkan kembung pada perut, lho. Menu tersebut di antaranya seperti kacang-kacangan, kol, kubis, brokoli, kopi, teh, jagung, es krim, dan minuman beralkohol.

Walaupun Anda telah mengetahui cara mengobati muntaber secara alami, tetap saja mencegahnya menjadi pilihan terbaik. Tetap perhatikan kebersihan dari menu makanan agar sistem pencernaan Anda tidak bermasalah, ya!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

RZ/TP/PJ/MA

Referensi