Cara Menghilangkan Tahi Lalat dengan Operasi

cara menghilangkan tahi lalat

Cara menghilangkan tahi lalat menggunakan obat topikal seperti krim atau salep memang sudah dilakukan banyak orang, namun tidak seefektif dengan prosedur operasi. Sebelum mengambil keputusan untuk melakukannya, ada baiknya Anda mengenali jenis tahi lalat yang ada di tubuh.

 

Go Dok Kehadiran tahi lalat pada bagian tubuh tertentu seperti wajah memang dapat mengganggu penampilan. Memang, berbagai prosedur dan cara menghilangkan tahi lalat dengan operasi sudah tersebar di berbagai rumah sakit dan klinik kecantikan. Hal tersebut bertujuan untuk meningkatkan penampilan Anda dan terbebas dari corak hitam yang menganggu.

Namun, prosedur operasi bukan hanya dilakukan untuk tujuan kecantikan saja, lho. Seperti yang sudah diketahui, beberapa jenis tahi lalat juga bisa menjadi ciri dan tanda kelainan pada tubuh, salah satunya kanker. Jika tahi lalat di tubuh Anda menjadi indikasi adanya kanker, tentunya prosedur operasi harus segera dilakukan.

Nah, sebelum mengambil keputusan untuk melakukan prosedur operasi, ada baiknya Anda mengenali karakter tahi lalat yang ada di tubuh. Apakah tahi lalat Anda bersifat aman atau menjadi ciri awal adanya kanker pada tubuh.

Apa saja jenis dan karakter tahi lalat?

Berikut jenis dan karakter tahi lalat yang cenderung aman dan tidak berpotensi kanker:

  • Berwarna cokelat muda
  • Berbentuk oval atau bundar, dengan bagian tepi yang beraturan
  • Teksturnya cenderung halus pada kulit
  • Berukuran kecil, dengan diameter seperempat inci atau seukuran lingkaran pensil
  • Seringkali berada pada bagian atas tubuh, seperti wajah, lengan, dada, leher, dan punggung
  • Jumlahnya cenderung tidak terlalu banyak, yaitu kurang dari 40 buah pada seluruh tubuh.

Berkebalikan dengan tahi lalat yang bersifat aman, berikut ini jenis dan karakter tahi lalat yang berpotensi kanker:

  • Memiliki warna yang beragam, seperti pink, merah, atau cokelat tua
  • Bentuknya akan terlihat berbeda dari tahi lalat lainnya di tubuh, serta seringkali memiliki bentuk dan bagian tepi yang tidak beraturan
  • Teksturnya kasar, mulai dari bersisik, berkerak, hingga bergelombang pada kulit
  • Berukuran lebih besar dari biasanya, seringkali lebih besar dari lingkaran pensil
  • Muncul di lokasi yang tersebar pada tubuh, seperti kepala, di bawah rambut, payudara, atau di pantat. Bisa juga muncul di punggung, wajah, leher, lengan, dan dada seperti karakter tahi lalat yang normal.
  • Jumlahnya cenderung banyak, yaitu bisa mencapai lebih dari 100 buah pada tubuh.
Bagaimana cara menghilangkan tahi lalat dengan operasi?

Setidaknya ada tiga prosedur dan cara menghilangkan tahi lalat dengan operasi yang lazim dilakukan dan bisa Anda dapatkan di rumah sakit atau klinik kecantikan terdekat. Ketiga metode tersebut adalah dengan operasi pembedahan tahi lalat, mencukur tahi lalat tanpa jahitan, hingga memanfaatkan teknologi laser.

  • Pembedahan tahi lalat (excision)

Prosedur yang satu ini dilakukan jika tahi lalat berukuran besar dan bersifat ganas sehingga berpotensi menjadi kanker. Dalam prosedur ini, ahli bedah akan memotong tahi lalat keluar seluruhnya dan menutup luka dengan jahitan.

Sebelumnya, dokter bedah akan memberikan anestesi dan mematikan jaringan di area sekitar tahi lalat berada. Kemudian, dokter akan memotong kulit sehat yang berada di area tahi lalat dengan kedalaman tertentu.

Hal tersebut dilakukan untuk memastikan seluruh jaringan yang berhubungan dengan tahi lalat terangkat. Apalagi, jika tahi lalat tersebut berpotensi menjadi kanker, dokter akan memotong area yang lebih besar agar seluruh jaringan tahi lalat terangkat seluruhnya dan tidak meninggalkan sisa. Setelah tahi lalat terangkat, dokter akan mengehentikan proses pendarahannya dan menjahit bagian kulit yang sudah dipotong.

  • Pencukuran tanpa dijahit

Jika tahi lalat bersifat jinak dan berada di atas lapisan kulit, prosedur operasi dengan mencukur dan mengangkatnya dari atas kulit bisa juga Anda lakukan. Dalam prosedur ini, dokter terlebih dulu akan memberikan anestesi lokal ke area di sekitar tahi lalat. Kemudian dokter akan mencukur permukaan tahi lalat dan memotong sedikit di bawah permukaan kulit menggunakan pisau bedah.

Setelah mencukur tahi lalat, dokter akan menggunakan alat listrik untuk membakar area pengangkatan tahi lalat untuk menghentikan pendarahan. Setelah prosedur selesai secara keseluruhan, Anda biasanya tidak perlu mendapatkan jahitan dan hanya perlu ditutup dengan perban oleh dokter.

  • Teknologi laser

Jika tahi lalat Anda berukuran kecil, dengan bentuk yang datar dan berwarna cokelat, metode operasi menggunakan laser bisa dicoba, lho. Biasanya, metode laser sebagai cara menghilangkan tahi lalat dengan operasi ini umum dilakukan dengan tujuan kecantikan.

Pertama-tama, dokter akan memberikan anestesi lokal untuk mematikan jaringan pada tahi lalat. Kemudian, menggunakan laser, dokter kemudian akan mengangkat jaringan tahi lalat secara keseluruhan.

Namun diingat, ya, prosedur ini tidak berlangsung secara instan. Biasanya, Anda diharuskan melakukan pengobatan hingga tiga kali kunjungan ke rumah sakit atau klinik kecantikan. Selain itu, metode laser juga umumnya kurang ampuh untuk menghilangkan tahi lalat yang berukuran sangat besar dan menonjol di atas permukaan kulit.

Itulah berbagai metode dan cara menghilangkan tahi lalat dengan operasi yang banyak dilakukan bagi Anda yang memiliki masalah tersebut. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari Smartphone. Download aplikasinya di sini.

PE/PJ/MA

Referensi