Cara Menghilangkan Panu yang Bisa Anda Coba

Cara menghilangkan panu

Cara menghilangkan panu, rasa gatal karena panu memicu Anda sering menggaruk dan memicu timbulnya luka. Ada beberapa obat generik yang bisa Anda coba untuk meredakan infeksi panu pada kulit. Apa saja obat tersebut?

 

Go Dok – Kulit putih memang menjadi idaman setiap orang. Namun, bagaimana dengan kulit putih berbentuk tutul dan tidak merata disertai rasa gatal yang amat sangat? Wah, itu sih namanya panu, dong!

Siapa sih yang mau kulit indahnya ternodai panu? Rasa gatal yang disebabkan panu tentunya memicu Anda sering menggaruk, bukan? Menggaruk terlalu keras memicu timbulnya luka, lho. Selain itu, faktor penampilan juga menjadi alasan utama mengapa panu dibenci oleh semua orang.

Nah, jika Anda terlanjur sudah terkena panu, ada kok cara menghilangkan panu yang bisa dipilih dengan mengonsumsi sejumlah obat tertentu. Mau tahu apa saja obat tersebut?

Cek terus artikel seputar cara menghilangkan panu di bawah ini, ya!

Pada dasarnya, ada sejumlah jamur yang memang hidup di kulit Anda. Nah, dalam kondisi tertentu, jamur tersebut dapat bergerak aktif dan menginfeksi kulit Anda, deh. Jika sudah aktif, panu tersebut dapat tumbuh karena adanya infeksi jamur Pityrosporum ovale maupun Malassezia Furfur.

Ada beberapa obat generik yang bisa Anda coba untuk meredakan infeksi panu pada kulit, mulai berupa gel, sampo, hingga obat minum. Sebagian besar, obat-obat tersebut dapat Anda temukan di apotek terdekat dan bisa langsung minum tanpa perlu resep dokter, sedangkan lainnya harus melalui rekomendasi tersebut.

  • Clotrimazoledan Miconazole, salah satu obat generik berbentuk gel yang dapat Anda oleskan 2 kali sehari selama 10 hingga 14 hari.
  • Selain Anda menggunakan obat berbentuk gel, ada juga yang berbentuk sampo seperti Selenium sulfidedan Ketoconazole . Anda bisa menemukan obat ini di apotek, namun sebaiknya berkonsultasi terlebih dulu dengan dokter. Gunakan selama 15 menit sebanyak 2 kali seminggu untuk 2 hingga 4 minggu ke depan.
  • Jika dokter menemukan infeksi panu yang Anda rasakan cukup parah sehingga membutuhkan obat minum, biasanya dokter akan memberikan resep obat Fluconazoledan Itraconazole. Selain dapat mengobati lebih intesif, obat minum dinilai lebih simple dibanding menggunakan obat gel maupun sampo.

Nah, perlu diingat, nih. Walaupun Anda sudah melakukan pengobatan dan terbebas dari infeksi, noda bekas panu tidak akan hilang dengan sekejap, lho. Bekas noda tersebut akan bertahan berupa warna kulit yang belang.

Biasanya noda belang tersebut dapat bertahan dalam hitungan minggu hingga bulan, dan dapat infeksi dapat datang lagi jika cuaca mulai menjadi lembap.

Walaupun ada obat-obat generik yang mudah ditemukan di apotek, ada baiknya Anda menjaga kondisi tubuh agar terhindar dari infeksi panu. Selain membuat tidak nyaman, malu dong jika harus ada panu yang memenuhi tubuh Anda, apalagi jika ternyata muncul di wajah.

Nah beberapa tips di bawah ini bisa Anda ikuti biar terhindar dari infeksi panu:

  • Hindari penggunaan perawatan kulit dan wajah yang berminyak
  • Kurangi intensitas diri terkena paparan sinar matahari karena
  • Gunakan sunscreendengan SPF minimal 30 agar mengurangi
  • Jangan mengenakan pakaian yang ketat, lebih baik yang longgar dan memiliki sirkulasi udara yang cukup, seperti bahan katun untuk mengurangi keringat.

Nah itu dia beberapa obat yang bisa digunakan sebagai cara menghilangkan panu yang menganggu kulit indah Anda. Terlebih, saat ini sedang musim hujan, artinya cuaca menjadi cenderung lembap dan pakaian menjadi tidak kering.

Kalau tidak rajin mengganti pakaian dan merawat tubuh, waspada infeksi panu mengintai Anda, lho. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi