Cara Menghilangkan Kutu Rambut Beserta Penyebabnya

Cara menghilangkan kutu rambut

Cara menghilangkan kutu rambut bisa dengan obat generik. Sebagian besar obat generik yang digunakan untuk mengobati kutu rambut merupakan jenis pestisida yang aman diserap kulit kepala dan dijual bebas di apotek terdekat. Lalu, apa penyebab munculnya kutu?

 

Go Dok Rambut ibarat mahkota bagi manusia. Selain letaknya yang berada di kepala, rambut yang sehat dapat memunculkan kharisma tersendiri bagi yang melihatnya, lho. Maka dari itu, penting untuk menjaga keindahan dan kebersihan rambut.

Nah, bagaimana jika mahkota Anda dinodai oleh kutu rambut yang menyebabkan kepala Anda gatal? Gara-gara makhluk asing ini, kharisma Anda bisa hancur karena sering menggaruk kepala.

Siapa sih yang menginginkan rambutnya menjadi rumah bagi kutu-kutu menyebalkan? Nah bagi Anda yang penasaran dengan penyebab gatal karena kutu rambut, mari berkenalan sedikit dengan Pediculus humanus capitis dulu, yuk!

Apa itu Pediculus humanus capitis?

Pediculus humanus capitis merupakan jenis kutu rambut.  Ketika dewasa, serangga parasit ini memiliki ukuran 2,1 mm -3,3 mm atau sebesar biji wijen dengan ukuran yang betina lebih besar daripada yang jantan.

Nah, berbicara kutu rambut identik dengan rasa gatal, bukan? Memang, rasa gatal yang terjadi disebabkan oleh air liur yang disuntikan kutu rambut ke kulit kepala Anda untuk menghindari pendarahan saat sedang menghisap darah. Kutu ini memang seperti nyamuk, di mana membutuhkan darah manusia sebagai makanan sehari-hari. Saking butuhnya akan darah manusia, kutu rambut hanya bisa bertahan hidup selama 2 hari jika tidak menghisap darah kulit kepala Anda.

Seekor kutu dapat menetap di rambut Anda hingga 30 hari, lho! Bayangkan Anda akan dihantui rasa gatal selama sebulan penuh. Selain itu, perempuan dinilai lebih rentan terkena kutu rambut, lho, dibandingkan laki-laki. Jadi, terus jaga kebersihan rambut Anda, ya! Lalu, bagaimana cara menghilangkan kutu rambut?

Cara menghilangkan kutu rambut

Cara menghilangkan kutu rambut biasanya dengan menggunakan obat generik. Sebagian besar obat generik yang digunakan untuk mengobati kutu rambut merupakan jenis pestisida yang aman diserap kulit kepala dan dijual bebas di apotek terdekat. Sedikit saran untuk Anda, hindari membersihkan rambut dengan conditioner sebelum mengaplikasikan produk di hari sebelumnya agar produk dapat bekerja dengan maksimal.

Nah, mengingat kutu rambut lebih mudah hinggap pada anak balita, ada baiknya sebagai orang tua memperhatikan kandungan dari obat tersebut. Cara menghilangkan kutu rambut bagi anak-anak gunakan Pyrethrin yang terbuat dari ekstrak bunga krisan untuk bayi berumur 2 tahun ke atas.

Bagi balita berumur 2 bulan, Permethrin juga aman karena kandungan yang mirip dengan Pyrethrin. Jika balita Anda berusia 6 bulan ke atas, bisa gunakan lotion alcohol Benzyl sebagai cara menghilangkan kutu rambut yang menyebalkan itu.

Selain menggunakan obat, Anda juga bisa menggunakan sisir bergigi rapat untuk menyaring kutu dari rambut. Nah ini yang menyebalkan, kutu yang dewasa bisa bergerak sangat cepat sehingga cenderung sulit ditangkap, dengan kecepatan sekitar 9 inci per menit, lho.

Lalu, apa penyebab kutu rambut muncul?

Nah, mungkin sebagian besar sudah memahami ya kalau kutu rambut dapat menular dari satu kepala ke lainnya. Penularannya tentu saja melalui ‘migrasi’ yang dilakukan si kutu itu sendiri. Nah, jika sudah menetap dan tidak dibersihkan secara menyeluruh, tidak menutup kemungkinan mereka akan berkembang biak di rambut Anda. Akibatnya, rasa hilangnya akan sulit dan lama dihilangkan, deh. Nah, yang paling menyeramkan adalah, kutu rambut betina dapat bertelur hingga 8 butir per hari, lho!

Kutu rambut sering kali berada di rambut anak-anak usia sekolah hingga balita. Tingginya aktivitas anak di sekolah meningkatkan risiko penyebaran dari satu kepala ke lainnya yang menjadi penyebab gatal karena kutu rambut. Salah satu caranya, jika anak Anda memegang rambut temannya yang berkutu, kemudian memegang rambutnya sendiri. Yups, sentuhan seperti itu, selain dapat memindahkan kutu juga telur-telur yang ada.

Selain itu, penggunaan barang pengidap kutu rambut juga dapat menularkannya, lho. Barang-barang seperti sisir, topi, bando, bantal, dan alat mandi seperti handuk juga meningkatakan risiko penularan kutu rambut.

Kini, Anda sudah tahucara menghilangkan kutu rambut dan penyebabnya. Jangan lupa untuk selalu menjaga kebersihan tempat-tempat yang biasa menjadi alas tidur si anak ya, seperti karpet dan kasur. Tempat-tempat yang berbulu cenderung disenangi kutu rambut berkembang biak, lho. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi