Cara Menghilangkan Komedo Putih di Rumah Tanpa Repot

cara menghilangkan komedo putih

Cara menghilangkan komedo putih sebenarnya bisa dilakukan dengan mudah di rumah, tanpa harus mengunjungi salon kecantikan. Mulai dari rajin membersihkan wajah dengan pembersih muka tanpa detergen yang dicampur scrub alami, hingga ramuan kecantikan yang mengandung tea tree oil.

Go DokImpian untuk memiliki wajah yang mulus dan bercahaya sepertinya menjadi tantangan tersendiri ketika gangguan kecantikan seperti jerawat dan komedo hitam maupun putih datang menghampiri. Maka dari itu, Anda harus membekali diri dengan informasi seputar cara menghilangkan komedo putih, hitam, serta cara membersihkan jerawat yang membandel.

Seperti yang sudah kita ketahui, jerawat dan komedo akan muncul jika kotoran dan sebum (minyak) terperangkap di dalam pori-pori wajah yang tidak sempat keluar, hingga akhirnya meradang. Padahal, untuk mengusir masalah kecantikan yang disebutkan di atas sangat mudah dilakukan di rumah, tanpa harus repot-repot dan menghabiskan banyak uang di salon kecantikan.

Mau tahu cara menghilangkan komedo putih dengan mudah tanpa perlu ke salon kecantikan?

Langkah 1

Cucilah wajah Anda sebanyak dua kali setiap hari dengan menggunakan pembersih yang lembut dan tidak mengadung detergen. Kemudian, ketika akan membilas, satu hal yang harus Anda hindari adalah, menggosok wajah terlalu kencang! Pasalnya, kesalahan ini meningkatkan risiko kulit wajah akan mengalami iritasi dan membuat komedo putih menjadi tampak lebih buruk.

Langkah 2

Lalu, Anda bisa menghilangkan komedo putih dengan menggunakan produk pengelupas kulit yang lembut menggunakan produk scrub yang dijual di toko perawatan wajah secara rutin satu kali setiap minggu.

Selain itu, Anda juga bisa membuat scrub alami sendiri dengan mencampur 1 sendok teh baking soda atau dengan air hingga butirannya cukup halus. Setelah itu, oleskan scrub alami tadi ke wajah dan pijat dengan lembut pada area wajah yang berisi komedo putih, seperti area T zone mulai dari dahi hingga hidung. Kemudian, bilas wajah dengan air hangat sampai bersih.

Langkah 3

Anda juga bisa menggunakan obat-obatan yang mengandung benzoyl peroxide, resorsinol, atau asam salisilat sebagai cara menghilangkan komedo putih pada wajah. Pasalnya, kandungan benzoil peroksida dapat membunuh bakteri dan mengurangi produksi minyak pada wajah.

Nah, asam salisilat dan resorsinol dipercaya mampu memecah komedo putih yang terperangkap di bawah lapisan kulit. Cobalah untuk memulai dengan produk yang memiliki kandungan rendah. Pasalnya, kandungan yang terlalu kuat dapat memicu munculnya iritasi pada kulit.

Langkah 4

Gunakan alat yang terbuat dari stainless steel untuk menghilangkan komedo. Caranya, hadapkan wajah Anda pada uap air panas untuk membuka pori-pori pada wajah. Sebelumnya, panaskan air hingga mendidih, kemudian letakan handuk besar di atas kepala seperti membuat tenda.

Hadapkan wajah di atas uap air panas tersebur selama enam hingga delapan menit. Setelah itu, berdiri di depan kaca dengan alat untuk mengeluarkan komedo menggunakan alat tersebut. Kemudian, oleskan area tersebut dengan alkohol untuk menghilangkan bakteri dari pori-pori yang terbuka.

Langkah 5

Gunakan produk untuk wajah untuk wajah berminyak, baik untuk produk rambut, maupun make-up. Pasalnya, produksi minyak berlebih akan menyumbat pori-pori wajah Anda dan dapat menciptakan komedo baru.

Selain langkah-langkah di atas, Anda juga bisa menggunakan bahan-bahan di bawah ini untuk menghilangkan komedo putih pada wajah. Mau tahu apa saja?

  • Tea Tree Oil

Minyak pohon teh atau yang sering disebut dengan tea tree oil memiliki khasiat antimikroba yang baik untuk melenyapkan bakteri pada lapisan kulit wajah yang terbukti ampuh untuk menghilangkan whiteheads atau komedo putih.

Cara pemakaiannya, cukup oleskan tea tree oil  ke wajah dan tepuk dengan lembut. Selain itu, gunakanlah produk untuk wajah yang memiliki kandungan minyak pohon teh.

  • Krim Vitamin A

Vitamin A adalah nutrisi yang memiliki kandungan antioksidan yang kuat. Dalam hal kesehatan kulit wajah, vitamin A memiliki potensi untuk mengurangi kemerahan dan peradangan untuk sementara waktu.

Produk dengan kandungan vitamin A dapat Anda temukan dengan mudah. Oleskan produk ini sebanyak satu atau dua kali per hari. Jangan lupa juga untuk menggunakan sun block setiap hari ya!

Nah, itu tadi beragam bahan dan cara menghilangkan komedo putih yang dapat membantu wajah Anda kembali cerah dan mulus. Selamat mencoba!

 

Baca juga:

 

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

 

GT/PJ/TP

Referensi