Cara Menghilangkan Karang Gigi agar Mulut Sehat

Cara menghilangkan karang gigi

Cara menghilangkan karang gigi ; Sejatinya, langkah paling sederhana guna menghilangkan karang gigi untuk miliki mulut yang sehat adalah dengan menggosok gigi Anda minimal dua kali sehari. Gunakanlah sikat gigi yang lembut dan gantilah sikat gigi Anda setiap tiga atau empat bulan.

 

Go DokApakah pernah merasa terganggu dengan warna kekuningan pada gigi? Kemudian Anda memutuskan untuk pergi ke dokter gigi dan menghilangkannya, tetapi seiring berjalannya waktu warna kuning itu tetap muncul lagi dan lagi. Sejatinya, karang gigi terbentuk dari bakteri, yang awalnya hanya sekedar lapisan tipis yang tidak terlihat. Nah, lapisan ini perlahan-lahan akan terakumulasi dan menimbulkan warna kuning yang semakin jelas. Jika tak segera dibersihkan, lapisan bakteri akan terus menumpuk hingga kemudian merusak gigi dan gusi Anda. Lalu, bagaimana cara menghilangkan karang gigi dengan tepat?

Mari simak cara menghilangkan karang  gigi lengkapnya berikut ini!

Sejatinya, langkah paling sederhana dalam cara menghilangkan karang gigi adalah dengan menyikat gigi Anda minimal dua kali sehari. Gunakanlah sikat gigi yang lembut dan gantilah sikat gigi Anda setiap tiga atau empat bulan.

Selain itu, Anda juga dapat menggunakan benang gigi sebelum menyikat gigi agar makanan yang menempel dan sukar dibersihkan dengan sikat gigi dapat terangkat dengan mudah.

Berikut adalah langkah-langkah dalam menggunakan benang gigi :
  1. Ambil benang gigi sepanjang 45 cm kemudian kaitkan benang gigi pada jari tengah Anda.
  2. Tahan benang dengan jari telunjuk dan ibu jari Anda, kemudian dorong benang di antara dua gigi, lalu bentuk menjadi seperti huruf C di satu sisi gigi.
  3. Gosokkan benang gigi ke atas dan ke bawah gigi anda dengan lembut, berhati-hatilah agar benang tidak tersentak.
  4. Lakukan proses ini pada semua gigi Anda guna menghilangkan karang gigi. Berhati-hatilah ketika membalikkan benang pada sisi belakang gigi Anda.

Setelah menggunakan benang gigi, Anda harus menyikat gigi Anda minimal selama dua menit.

Berikut langkah menyikat gigi dengan benar:
  1. Gunakan pasta gigi cukup seukuran kacang letakkan pada permukaan sikat gigi Anda. Untuk anak-anak seukuran sebutir beras saja.
  2. Pegang sikat gigi Anda sekitar pada sudut 45 derajat pada gusi Anda.
  3. Gerakkan sikat gigi Anda bolak-balik secara singkat, gosokkan lembut dengan gerakan melebar yang sama pada setiap gigi Anda.
  4. Sikat semua permukaan gigi Anda, pada permukaan gigi yang di luar, di dalam, maupun bagian gigi yang sering digunakan untuk mengunyah. Dan jangan lupakan menyikat lidah Anda.
  5. Untuk bagian dalam gigi depan Anda, miringkan sikat gigi Anda secara vertikal dan lakukan gerakan menyikat ke atas dan ke bawah kecil-kecil.
Oil Pulling

Cara menghilangkan karang gigi ini dapat Anda lakukan dengan berkumur menggunakan minyak kelapa atau minyak zaitun. Hal ini dapat membantu dalam mengurangi rasa sakit pada gusi, mencegah kerusakan gigi dan memperkuat gigi serta menghilangkan karang gigi dan plak membandel. Pasalnya, minyak kelapa mengandung asam lemak yang dipercaya dapat berfungsi sebagai anti inflamasi dan anti-mikroba.

Cara melakukan oil pulling adalah dengan berkumur menggunakan minyak zaitun atau minyak kelapa selama 20 menit sampai 30 menit (lebih lama dari menggunkan obat kumur). Anda cukup berkumur di sekitar gigi dan mulut anda, dan tidak perlu berkumur di sekitaran tenggorokan sebab bisa saja cairan minyak tertelan. Lakukan hal ini secara rutin guna mengilangkan karang gigi, ya!

Manfaatkan baking soda

Terakhir yang dipercaya ampuh dalam cara menghilangkan karang gigi adalah dengan memanfaatkan baking soda. Pasalnya, banyak peneliti telah mebuktikan bahwa orang yang menyikat giginya dengan baking soda mengeluarkan lebih banyak plak dan memiliki sedikit plak yang tumbuh kembali selama 24 jam dalam sehari dibandingkan dengan orang yang mengunakan pasta gigi yang tidak mengandung baking soda. Hal ini dikarenakan baking soda memang efektif dalam menghilangkan karang gigi sebab memiliki sifat sebagai pembersih alami dan abrasif, artinya bagus untuk menggosok.

Nah, itu dia beberapa cara menghilangkan karang gigi. Semoga bermanfaat untuk Anda, ya!

Baca juga:

Punya permasalah seputar kesehatan gigi? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter spesialis gigi. GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi