Cara Menghilangkan Jerawat yang  Mudah dan Efektif

cara menghilangkan jerawat

Go DokCara menghilangkan jerawatJika Anda termasuk orang yang mudah, sering, atau sedang berjerawat, jangan dulu bersedih, ya. Cheer up! Banyak, kok, cara yang bisa ditempuh untuk meredakan atau bahkan menghilangkan si kecil menyebalkan ini.

Mulai dari menggunakan obat-obatan yang dijual di apotek, mengonsumsi suplemen kulit, perawatan kecantikan, atau dengan bahan-bahan alami yang ada di rumah Anda.

Penasaran bagaimana cara menghilangkan jerawat dari rumah? Simak terus, ya!

Cara menghilangkan jerawat dengan cepat
  • Es Batu

Es batu dikenal dapat membantu mendinginkan kulit sehingga bisa mengurangi pembengkakan, kemerahan, dan peradangan pada wajah Anda. Satu hal lagi, nih, es batu juga bisa memperbaiki sirkulasi darah pada wajah, sehingga membuat kulit wajah Anda menjadi semakin kencang.

Cara menghilangkan jerawat dengan es batu gampang, kok. Pertama, bungkus es batu dengan kain yang lembut, kemudian tempelkan pada jerawat selama beberapa detik. Jangan lama-lama ya, karena bisa melukai kulit wajah di sekitarnya yang masih sehat. Lakukan hal tersebut secara berkala dan perlahan. Anda juga bisa menambahkan minyak untuk perawatan wajah, seperti tea tree oil, rosemary, peppermint, dan lavender untuk mengurangi peradangan pada wajah.

Namun ada satu hal yang harus dicatat, nih. Selalu lapisi es batu dengan kain terlebih dahulu, ya. Pasalnya, jika jerawat langsung bersentuhan dengan es batu, dapat menyebabkan luka, lho!

  • Jus lemon

Kandungan vitamin C yang tinggi pada lemon terbukti dapat membunuh bakteri terkecil pada wajah, sehingga mengurangi kemerahan pada jerawat. Selain itu, kandungan vitamin C pada lemon juga dapat membuat jerawat mengering lebih cepat, lho!

Cara menghilangkan jerawat dengan jus lemon. Pertama, bersihkan dulu muka Anda dan keringkan selama 5-10 menit. Kemudian, celupkan kain lembut dalam jus lemon dan tempelkan secara perlahan pada jerawat Anda sebelum tidur. Saat proses ini terjadi, ada kemungkinan Anda merasa seperti disuntik atau digigit. Hal tersebut wajar karena kandungan asam yang ada dari jus lemon. Biarkan jus lemon meresap ke kulit Anda dan tunggu selama 20 menit. Setelah itu, Anda bisa langsung membilas muka dengan air hangat, deh.  Mudah, bukan?

Nah, tapi ada yang harus diperhatikan, nih. Gunakan selalu jus lemon segar yang baru diperas dari buahnya langsung, ya. Pasalnya, jus lemon dalam kemasan ada kemungkinan mengandung pengawet yang tidak baik bagi kulit wajah Anda.

  • Baking soda

Yups, racikan baking soda ternyata mampu membantu proses pengelupasan pada kulit dan menghilangkan minyak yang berlebih, kotoran, dan sel kulit mati pada wajah. Selain itu, baking soda juga mengandung zat antiperadangan yang mampu meredakan kemerahan, pembengkakan, dan iritasi pada kulit wajah.

Cara menghilangkan jerawat dengan baking soda, larutkan 2 sendok makan baking soda dengan 2 sendok makan air dan aduk hingga bercampur. Kemudian, oleskan campuran tersebut pada jerawat dan diamkan beberapa menit hingga mengering. Tapi, jangan terlalu lama, ya, karena dapat mengakibatkan iritasi, lho.

Setelah dirasa cukup kering, bilas wajah dengan air bersuhu ruangan dan keringkan dengan handuk secara perlahan. Selesai, deh!

Cara menghilangkan jerawat secara alami

Selain cara menghilangkan jerawat secara cepat, penting juga untuk menggunakan bahan-bahan yang alami, kan? Nah berikut bebrapa bahan alami yang bisa digunakan sebagai cara mudah menghilangkan jerawat dari rumah.

  • Bawang putih

Bawang putih dikenal memiliki kandungan antibakteri, antioksidan, antiseptik, dan belerang yang mampu mengobati gejala kemerahan, pembengkakan, iritasi, dan nyeri pada wajah yang berjerawat, lho.

Cara penggunaannya terbilang mudah, kok. Pertama, kupas dan potong bawang putih menjadi 2-3 bagian. Kemudian, potongan bawang putih tersebut dioleskan pada jerawat yang ada pada wajah Anda. Diamkan selama sekitar 5 menit dan kemudian bilas wajah dengan air bersuhu ruangan. Selain dioleskan pada wajah, mengonsumsi 1 siung bawang putih mentah juga dapat melancarkan peredaran darah, lho.

Nah, kalo yang satu ini, sih, pasti Anda sudah sering mendengarnya, ya. Jelly yang ada di dalam lidah buaya dikenal dengan kandungan antibakteri dan antijamur yang dapat membersihkan bakteri, kotoran, dan sel kulit mati yang tertinggal pada pori-pori wajah penyebab jerawat. Lidah buaya juga mengandung Salicylic Acid yang dapat menjaga keseimbangan pH pada kulit sehingga membantu meringangkan jerawat pada wajah.

Nah, ada beberapa cara menghilangkan jerawat menggunakan lidah buaya yang bisa Anda coba. Yaitu dengan mengoleskan jelly dari lidah buaya langsung ke seluruh wajah sebagai cara paling mudah dan efisien. Atau cara lain, Anda juga bisa mencampur 1 sendok teh jelly lidah buaya dengan 2 sendok teh air mawar dan oleskan pada jerawat yang tumbuh di wajah. Diamkan selama sekitar 15 menit sebelum dibilas dengan air yang bersih. Anda bisa terapkan metode ini 2 kali dalam seminggu, lho.

Benar, kan, ada cara menghilangkan jerawat yang mudah dan efektif? Anda cukup menggunakan bahan-bahan yang ada di sekitar Anda untuk meringankan jerawat yang timbul pada wajah Anda. Dengan begini, wajah dapat bersih dan terbebas dari jerawat. Selamat mencoba!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kulit wajah? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tips dan penanganannya. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi