Cara Menghilangkan Flek Hitam Bekas Jerawat

flek hitam bekas jerawat

Flek hitam bekas jerawat merupakan salah satu permasalahan kulit wajah yang sulit untuk dihilangkan. Selain perawatan ke klinik kecantikan ternyata menghilangkan noda bekas jerawat bisa dengan mempraktikkan cara tradisional seperti menggunakan bahan-bahan alami.

 

Go Dok Wajah berjerawat memang bikin pusing, belum lagi dengan bekas yang akan ditinggalkan. Baru mau ngaca saja sudah bikin bad mood. Jangan bete dulu! Bekas jerawat bisa lho dihilangkan dengan beberapa cara tradisional alias bikin sendiri di rumah.

Tak perlu lagi memikirkan perawatan dengan harga selangit, karena Anda bisa membuat semuanya di rumah dengan harga yang miring juga. Penasaran? Simak terus artikelnya, ya!

Cara untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat secara natural

1. Lidah Buaya

Gel yang terdapat pada lidah buaya merupakan sumber vitamin yang sangat ampuh dalam menyamarkan bekas jerawat. Kandungan lidah buaya juga bersifat lembut dan dingin, sehingga Anda tidak perlu khawatir iritasi akan terjadi pada kulit. Selain itu, lidah buaya juga dapat menjadi pelembab alami bagi wajah. Tanaman ini dapat membuat kulit terlihat sehat dan terasa lembut.

Cara menggunakan lidah buaya untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat adalah potong lidah buaya dan kupas potongan tersebut. Setelah itu, tempelkan gel yang ada di dalam lidah buaya ke kulit wajah dan pijat lembut. Untuk hasil terbaik, biarkan gel selama 30 menit kemudian bilas wajah Anda.

 2. Baking Soda

Baking Soda atau soda kue adalah barang rumah tangga yang memiliki banyak kegunaan, salah satunya adalah menyamarkan bekas jerawat. Soda kue memiliki kandungan kristal natrium bikarbonat yang dapat mengelupas sel kulit mati ketika digunakan sebagai scrub wajah.

Cara menggunakan soda kue untuk wajah adalah campurkan beberapa sendok teh soda kue dengan air secukupnya hingga membentuk tebal yang kental, kemudian tempelkan ke wajah dan pijat lembut. Diamkan selama dua menit dan bilas wajah dengan air hangat.

3. Minyak Kelapa

Minyak kelapa merupakan bahan yang dapat menyamarkan luka jerawat serta bisa menjadi pelembab yang alami. Gunakan minyak kelapa sekitar seperempat sendok teh, gunakan minyak kelapa organik. Oleskan ke wajah kemudian pijat lembut ke bagian kulit yang ada flek bekas jerawatnya.

Nah, penggunaan minyak kelapa ini tidak perlu dibilas lagi loh! Karena, vitamin yang terkandung di dalam minyak kelapa dapat meningkatkan kesehatan kulit. Namun, jika Anda merasa tidak nyaman karena perasaan lengket, bilas wajah setelah 30 menit memakai minyak kelapa pada wajah.

4. Mentimun

Mentimun merupakan bahan yang sangat populer dalam perawatan wajah. Sayuran ini tidak hanya dapat menghidrasi kulit, tetapi mentimun juga mengandung vitamin A, vitamin C, dan magnesium yang baik untuk kulit wajah. Cara mengaplikasikan mentimun untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat   potong mentimun menjadi beberapa iris, kemudian letakkan di atas kulit wajah yang ada bekas jerawatnya. Diamkan selama tiga puluh menit, kemudian bilas wajah dengan air dingin. Ulangi cara ini sesuai dengan kebutuhan wajahmu!

5. Madu

Pelembab alami lainnya yang dapat membantu menghilangkan bekas jerawat adalah madu. Gunakanlah madu mentah, bukan yang sudah diolah. Cara menggunakan madu ini sangat mudah. Cukup oleskan madu ke atas wajah dan pijat dengan lembut. Untuk hasil yang lebih terlihat, Anda juga dapat mencampurkan sekitar satu sendok teh bubuk kayu manis.

Nah, itu tadi cara-cara alami untuk menghilangkan flek hitam bekas jerawat pada wajah Anda. Selamat mencoba!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

GA/PJ/MA

Referensi