Cara menghilangkan bau kaki , Mau Mencobanya?

cara menghilangkan bau kaki

Cara menghilangkan bau kaki ; Selain rutin mengganti kaus kaki dan sepatu, beberapa perawatan rumahan bisa Anda coba juga lho sebagai cara menghilangkan bau kaki yang membandel.

Go DokKetika musim hujan melanda, segala aktivitas di luar rumah jadi terkendala. Termasuk ketika hendak berangkat kerja. Apalagi jika Anda termasuk pengguna angkutan umum. Selain pakaian, alas kaki pasti menjadi langganan kebasahan, deh!

Selain menyebabkan masuk angin, pakaian dan alas kaki yang basah bisa menyebabkan lembab, lho. Salah satunya kaki yang menjadi langganan lembab ketika Anda menerjang hujan saat menuju kantor. Akibatnya, aroma tidak sedap keluar dari kaki Anda.

Ya, musim hujan terkadang identik dengan bau kaki. Cipratan air yang masuk ke dalam sepatu dan tidak segera dikeringkan menjadi penyebab utamanya. Dalam dunia medis, dikenal istilah Bromodosis yaitu bentuk kelainan yang menyebabkan kaki menjadi bau busuk.

Namun selain faktor eksternal seperti itu, ada juga hal-hal yang membuat kaki Anda menjadi bau. Salah satunya Hyperhidrosis atau sebuah kondisi metabolisme tubuh yang tidak seimbang sehingga menyebabkan tubuh memproduksi keringat melebihi kondisi normal.

Nah, agar Anda tidak mengemban rasa malu terus menerus, berikut ini cara menghilangkan bau kaki yang bisa Anda coba. Scroll terus ke bawah, ya!

Cara menghilangkan bau kaki yang bisa Anda langsung praktikkan

Pada dasarnya, bau kaki bisa muncul karena kebiasaan Anda untuk malas mengganti kaus kaki, akibatnya bakteri jadi betah untuk hidup di kaki Anda, deh. Nah, Anda bisa coba beberapa tips di bawah ini.

  • Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, kondisi alas kaki yang basah menjadi penyebab utama kaki menjadi bau. Maka dari itu, selalu rutin untuk mengenakan kaus kaki dan menggantinya setiap hari, ya! Kaus kaki berbahan katun dapat menyerap keringat penyebab berkembangnya bakteri dan jamur dalam di kaki, lho.
  • Jika hujan melanda setiap hari, Anda bisa mengenakan sepatu berbahan kanvas agar cepat kering ketika dijemur. Selain itu, sepatu yang memiliki banyak lubang dan rongga udara juga cocok dipakai agar kaki bisa bernapas dan tidak mudah lembab

Selain rutin mengganti kaus kaki dan sepatu, beberapa perawatan rumahan bisa Anda coba juga lho sebagai cara menghilangkan bau kaki yang membandel.

  • Merendam kaki bisa menjadi cara untuk membersihkan bakteri yang hidup dan berkembang biak di kaki Anda, lho. Tapi jangan sembarang merendam ya, coba deh ramuan garam inggris dan air hangat. Caranya, masukan 1-2 gelas garam inggris dalam baskom kecil berisi air hangat sebagai tempat kaki Anda berendam selama 10-20 menit. Kandungan asam sulfat dalam garam inggris terbukti ampuh untuk membunuh bakteri kaki, lho.
  • Jika tak ada garam inggris di rumah, cuka juga ampuh membasmi bakteri, kok. Tingginya asam pada cuka terbukti menjadi zat antibakteri yang ampuh untuk menghilangkan bau kaki. Anda juga bisa menggunakan Apple Cider Vinegar(ACV) atau cuka apel sebagai bahan racikan rendaman. Tapi perlu diingat, hindari penggunaan cuka jika terdapat luka di kaki Anda, karena dapat menyebabkan peradangan pada kulit, lho!

Selain merawat kaki Anda, ada baiknya memperhatikan kebersihan sepatu, ya. Jika sedang tidak digunakan, Anda bisa memasukan barang-barang tertentu untuk meredakan bau yang menempel pada sepatu. Misalnya, baking soda dan kantung teh yang terbukti ampuh untuk menyerap kelembapan yang tertinggal dalam sepatu.

Kira-kira begitulah beberapa cara menghilangkan bau kaki yang bisa Anda coba. Selain itu, ada juga langkah medis dengan menggunakan obat, seperti Iontophoresis dan suntik Botolinum toxin (Botox) untuk meredakan kondisi keringat berlebih pada kaki. Selamat mencoba!

Baca juga:

Jaga kesehatan Anda dengan gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk diskusikan permasalahan kesehatan Anda. GRATIS! Download aplikasi Go Dok, di sini.

TP/PJ/MA

Referensi