Cara Mengetahui Kesehatan Rambut dan Tips Mengatasinya

Cara mengetahui kesehatan rambut

Cara mengetahui kesehatan rambut ; Rambut yang indah dan sehat pasti menjadi idaman setiap orang. Untuk mengecek kesehatan rambut Anda salah satunya dengan mengetes sehelai rambut pada wadah berisikan air. Anda bisa praktikkan cara merawat kesehatan rambut jika terdapat masalah pada rambut Anda.

 

Go DokSiapa yang tidak mau memiliki rambut sehat dan berkilau seperti layaknya bintang iklan sampo di televisi? Namun seperti yang kita semua ketahui, menjaga kesehatan rambut tidaklah mudah. Ada beberapa perawatan yang harus dilakukan untuk memiliki rambut indah dan sehat, tetapi sebelum itu, sudahkah Anda tahu seperti apa ciri-ciri rambut yang sehat itu secara lebih detil lagi?

Yuk, simak cara mengetahui kesehatan rambut Anda berikut!

1. Berkaca dan lihatlah rambut Anda

Cara mengetahui kesehatan rambut Anda yang pertama dengan memperhatikan rambut Anda. Jika melihat percikan titik putih pada ujung rambut Anda, kemungkinan besar itu adalah split end atau rambut yang bercabang. Kondisi ini menandakan kerusakan, entah akibat rambut yang tidak sehat atau penataan rambut berlebih seperti seringnya menggunakan alat pengeriting rambut.

2. Mengetes sehelai rambut pada wadah berisikan air

Ambil sehelai rambut dan masukan ke dalam wadah berisikan air lalu lihat bagaimana hasilnya. Apabila helai tersebut mengambang, ini berarti Anda memiliki rambut yang sehat. Berbeda dengan rambut rusak dan kering yang berpori, akan menyerap air yang ada dan jatuh ke dasar kointainer.

3. Merasakan rambut dengan jari-jari Anda

Selanjutnya, cara mengethaui kesehatan rambut dengan merasakan struktur rambut dengan jari. Gunakan jari Anda dan rasakan rambut Anda. Apabila rambut terasa lembut dan halus, ini berarti Anda memiliki rambut yang sehat. Berbeda dengan rambut yang rusak, akan terasa kasar dan rapuh.

4. Perhatikan berapa jumlah rambut yang rontok ketika mandi

Apabila rambut yang rontok ketika mandi mencepai 200 helai setiap harinya, berarti tergolong normal. Tetapi, apabila sampai kehilangan rambut dengan jumlah yang amat sangat banyak ketika sedang mencuci rambut, ini menandai adanya masalah pada kesehatan rambut Anda.

5. Pekalah terhadap perubahan pada rambut

Terakhir, cara mengetahui kesehatan rambut dengan melihat perubahan pada rambut Anda. Di saat Anda sedang menata rambut, perhatikanlah kondisi rambut. Jika rambut terlihat berkilau dan yang tadinya normal namun mulai mengembang dan terlihat kusam, kemungkinan besar rambut Anda benar-benar rusak.

Nah, apabila dari beberapa cara mengetahui kesehatan rambut di atas menandakan rambut Anda nyatanya tidak sehat, janganlah khawatir!

Ada beberapa tips mudah menyehatkan rambut dan yang dapat Anda ikuti di bawah ini, loh!

1. Potong Bagian Rambut yang Bercabang

Rambut yang bercabang, dapat melemahkan kondisi rambut sehingga mudah patah. Mulailah dengan memotong rambut yang bercabang, tidak lebih dari 1 senti. Menghilangkan rambut yang bercabang ini, tidak hanya sehat tetapi juga menjaga keindahannya.

2. Sisir Rambut Setiap Hari

Menyisir rambut adalah kegiatan yang harus dilakukan setiap hari, tipsnya pilihlah jenis sisir yang mempunyai jenis sikat yang lembut. Usahakanlah untuk menyisir rambut ketika sedang basah, agar tidak mudah patah. Jika memiliki rambut yang panjang, Anda juga disarankan untuk menyisir rambut di malam hari sebelum tidur, ya! Mengapa? Karena menyisir rambut di malam hari, sirkulasi pada kulit kepala dan akar rambut yang lebih baik sehingga rambut Anda dapat tumbuh dengan sehat!

3. Ketahuilah Jenis Rambut Anda

Mengetahui jenis rambut sendiri, dapat membantu Anda memilih produk seperti sampo yang paling sesuai dalam merawatnya! Berikut beberapa kondisi yang harus diperhatikan:

  • Ketebalan: tebal, sedang, atau tipis
  • Tekstur: kasar, sedang, halus
  • Kekuatan: mudah patah, elastis atau terhidrasi.

Selain itu, pastikan Anda menggunakan produk yang bersifat organik dan bebas dari bahan kimia, ya!

4. Bilas dengan Air Dingin

Teknik membilas rambut dengan air dingin seusai mencucinya menggunakan sampo dan conditioner, dapat membantu dalam pertumbuhan rambut, loh! Mengapa? Hal ini dilakukan agar pori-pori  pada rambut tertutup dan kadar minyak pada kulit kepala tidak meningkat, sehingga rambut tidak bercabang dan mudah patah.

5. Lindungi Rambut dari Sinar Matahari dan Air Kolam Renang

Pakailah pelindung kepala seperti topi, apabila Anda berpergian, agar terhindar dari sinar matahari yang membahayakan kesehatan rambut. Lalu, setiap kalinya berenang di kolam yang mengandung kaporit, pastikan Anda juga menggunakan penutup kepala, ya! Efek dari kandungan kaporit dapat membuat rambut menjadi kering dan kusam.

6. Hindari Mencuci Rambut Setiap Hari

Apabila Anda memiliki kebiasaan mencucui rambut setiap hari, mulailah untuk memberi jarak di antaranya, ya! Mengapa? Karena semakin sering Anda mencucinya, semakin berkurang kandungan minyak alami di dalamanya, sehingga menyebabkan rambut terlihat kusam.

7. Jagalah Pola Makan Sehat Anda

Perawatan rambut yang baik, tidak hanya dari luar tetapi juga harus ternutrisi dari dalam, ya! Jadi, sangatlah penting untuk Anda mengonsumsi diet yang seimbang dengan buah-buahan serta sayuran yang cukup.

Nah, itu dia cara mengetahui kesehatan rambut dan cara mengatasinya agar tetap sehat. Semoga membantu!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

YC/PJ/MA

Referensi

12 Tips for Strong and Healthy Hair