Cara Mengenali Orientasi Seksual Anda, Bagaimanakah?

Cara mengenali orientasi seksual

Cara mengenali orientasi seksual Anda, orientasi seksual akan menjadi jauh lebih jelas saat memasuki usia dewasa, Aktivitas dan kegiatan yang Anda lakukan bersama jenis gender tertentu, bisa jadi bagian dalam menyadari orientasi seksual Anda.

 

Go Dok – Dewasa kini, gaung dari gerakan LGBT semakin banyak terdengar. Bagi banyak orang, mungkin hal ini berita baik, sedangkan bagi sebagian lainnya, justru hal ini haruslah dihindari. Nah, karena pembahasannya pun kurang populer di Nusantara, banyak yang tidak mengerti tentang ragam orientasi seksual selain heteroseksual. Bahkan, mereka yang mungkin memiliki orientasi seksual berbeda bisa kesulitan mengenalinya, sehingga sulit pula bagi mereka untuk mengenali jati diri masing-masing. Salah satu kaum yang paling rentan untuk salah mengenali orientasi seksualnya adalah remaja. Apakah Anda salah satu yang ragu dengan hal tersebut?

Yuk, cari tahu cara mengenali orientasi seksual Anda dengan menyimak penjelasan berikut ini!

Apa saja ragam orientasi  seksual?

Orientasi seksual merupakan suatu istilah yang digunakan untuk menyebut ketertarikan Anda terhadap orang lain -baik laki laki maupun perempuan- secara fisik, emosional, dan romantis. Seksualitas sendiri merupakan suatu hal yang penting bagi kehidupan Anda sebagai manusia. Hal ini mendefinisikan identitas diri Anda dan bagaimana Anda secara fisik terkoneksi dengan orang lain.

Jenis orientasi seksual yang paling umum dan dapat diterima semua kalangan adalah heterokseksual, di mana seorang laki-laki hanya tertarik pada perempuan, dan begitu pula sebaliknya. Namun, selain itu, ternyata ada pula jenis orientasi seksual lain, seperti :

  • Homoseksual, di mana seseorang hanya tertarik pada orang lain yang berjenis kelamin sama dengan dirinya. Jenis ini terbagi dua, yaitu orientasi Gay di mana laki-laki hanya tertarik pada laki-laki dan Lesbian, di mana seorang perempuan hanya tertarik pada perempuan lainnya.

  • Biseksual, yaitu jenis orientasi seksual di mana Anda bisa tertarik baik dengan lawan jenis maupun sesama jenis. Orang dengan orientasi ini bisa jatuh cinta dan tertarik secara fisik pada laki-laki maupun wanita.
Bagaimana cara mengetahui orientasi seksual Anda?

Bagi banyak orang, orientasi seksual akan menjadi jauh lebih jelas saat memasuki usia dewasa, karena di saat tersebut, Anda telah matang dan tidak lagi labil masalah asmara. Aktivitas dan kegiatan yang Anda lakukan di dalam suatu komunitas, bersama jenis gender tertentu, bisa jadi bagian dalam menyadari orientasi seksual Anda. Intinya, satu-satunya orang yang bisa mengindetifikasi hal ini adalah diri Anda sendiri. Berikut adalah hal-hal yang mungkin harus diperhatikan untuk mengidentifikasi orientasi seksual Anda.

  • Heteroseksual :Jika Anda seorang heteroseksual, Anda akan tertarik dengan lawan jenis dan hanya dengan lawan jenis. Anda akan merasa bergairah saat melihat lawan jenis berpakaian minim, dan akan fokus terhadap tokoh lawan jenis Anda saat menonton video atau film porno. Jika Anda laki-laki, tentu Anda akan selalu senang dan merasa gairah bangkit perlahan ketika membaca atau memandang majalah berisi perempuan berbikini. Sebaliknya, perempuan akan merasa bergairah jika melihat gambar laki-laki dengan pakaian minim atau berwajah tampan.

  • Homoseksual: Dalam kasus ini, Anda akan lebih merasa tertarik secara fisik terhadap kawan sesama jenis, dibandingkan dengan lawan jenis. Anda akan merasa bahwa lawan jenis tidak memberikan pengaruh apapun pada Anda, apalagi membangkitkan gairah seksual. Anda juga akan lebih tertarik dan lebih banyak berfantasi tentang hubungan asmara sesama jenis. Jika perempuan (Lesbian), Anda justru akan bergairah melihat seorang perempuan seksi berbikini dibandingkan melihat lelaki berpakaian minim. Sebaliknya, laki-laki (Gay) akan lebih bergairah saat melihat sesama jenisnya bertelanjang dada dan secara tidak wajar menganggapnya sangat tampan dan menarik. Anda juga akan berharap bahwa gender Anda berbeda dari yang dimiliki saat ini. Lelaki cenderung ingin menjadi perempuan, sementara perempuan cenderung ingin menjadi laki-laki.

Jika Anda masih bingung dengan rasa yang Anda alami, cobalah untuk bergaul lebih dekat dengan kedua jenis gender, dan amati reaksi Anda sendiri. Akan lebih baik jika Anda menjadi lebih jujur terhadap diri Anda sendiri. Pasalnya, dengan cara ini, Anda akan lebih mudah mengetahui reaksi dan seksualitas Anda terhadap salah satu gender (atau keduanya).

Bisakah orientasi seksual Anda berubah?

Ya, bisa saja. Bagi para remaja, yang tengah mengalami masa-masa labil dan pencarian jati diri, perasaan yang kerap berubah adalah hal biasa. Rasa penasaran pada remaja juga bisa memengaruhi orientasi seksualnya, di mana mereka pun masi bingung dengan perasaan sendiri. Banyak kasus di mana seseorang merasa dirinya seorang homoseksual di masa remaja, namun ternyata menyadari dirinya seorang heteroseksual saat telah dewasa. Ingat, jika Anda berfantasi tentang gender yang jenisnya sama, hal ini tidak berarti Anda homoseksual. Perlu dilakukan analisis lebih dalam, dan melibatkan lebih dari sekadar fantasi.

Nah, itu dia penjelasan tentang bagaimana cara mengenali orientasi seksual Anda. Jika masih ada kebingungan, Anda tentu dapat berkonsultasi dengan psikiater atau psikolog segera. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Ingin tips sehat seputar seks? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk konsultasikan seputar tipsnya dengan dokter Go Dok, GRATIS! Download aplikasi Go Dok di sini.

SF/PJ/MA

Referensi