Cara Mengecilkan Pori-Pori Wajah yang Sederhana

Cara mengecilkan pori-pori wajah

Cara mengecilkan pori-pori wajah ; Ukuran pori-pori wajah yang besar membuat kecantikan wajah tidak sempurna. Anda bisa menyamarkan ukuran pori-pori wajah Anda dengan berbagai perawatan kecantikan. Sebelum ke salon kecantikan, Anda bisa coba dengan mengubah  kebiasaan buruk yang tidak peduli pada kesehatan wajah.

 

Go DokApakah Anda sering menjadi pusat perhatian karena besarnya pori-pori yang ada pada wajah? Jangan rendah diri, dulu. Ada kabar baik dan buruk untuk Anda. Kabar buruknya, pori-pori di wajah tidak bisa dihilangkan karena keberadaannya memang dibutuhkan oleh tubuh. Pori-pori sebenarnya berfungsi sebagai jalur bagi kelenjar minyak memproduksi minyak alami bagi tubuh. Selain itu, pori-pori juga menjadi jalur bagi cabang rambut yang baru akan tumbuh.

Yuk, Kenali penjelasan pori-pori wajah beserta cara mengecilkan pori-pori wajah yang sederhana!

Para ahli juga menyebutkan, ukuran pori-pori juga bergantung pada faktor genetik, lho. Salah satunya faktor warna kulit. Konon, orang yang memiliki warna kulit lebih cerah cenderung memiliki pori-pori lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang berwarna lebih gelap. Selain itu, orang dengan karakter kulit yang kering alami cenderung memiliki pori-pori yang lebih kecil dibandingkan dengan mereka yang lebih berminyak.

Ukuran pori-pori juga bervariasi. Dari seluruh bagian tubuh, ukuran terbesar biasanya sering ditemukan di area kening dan hidung pada wajah. Makanya, banyak orang peduli terhadap ukuran pori-pori di wajah dibandingkan bagian tubuh lainnya. Maka dari itu, penting untuk menjaga kondisi wajah  tetap bersih agar menjaga pori-pori tidak terlihat dengan jelas.

Nah, kabar baiknya adalah ada juga beberapa cara mengecilkan pori-pori wajah. Dengan begitu, Anda bisa menyamarkan ukurannya, kan. Ukuran pori-pori wajah yang besar sebenarnya dapat  dibenahi dengan mengubah kebiasaan buruk Anda yang kurang peduli pada kesehatan wajah. Kebiasaan apa saja, sih yang mempengaruhi ukuran pori-pori? Simak terus, ya!

  1. Selektif dalam memilih produk kecantikan. Pilih produk kecantikan yang kaya akan zinc dan magnesium. Kedua nutrisi tersebut terbukti ampuh mengembalikan keseimbangan kandungan minyak dan mengecilkan pori-pori pada wajah. Selain itu, produk yang mengandung rosemary dan lavender dapat meredakan iritasi dan mencegah pori-pori membesar.
  2. Gunakan tabir surya dengan kandungan SPF 30 atau lebih setiap hari. Anda harus tahu bahwa terkena paparan sinar matahari secara langsung dapat membuat kulit wajah kering sehingga pori-pori jadi terlihat jelas. Maka dari itu, hindari terpapar sinar matahari secara langsung pada siang hari, yaitu pada pukul 10.00 sampai 16.00.
  3. Jaga menu makanan sehari-hari Anda dan selalu penuhi dengan kandungan gizi yang baik.Makanan yang tinggi lemak dapat membuat peradangan di wajah Anda yang kemudian menyumbat sejumlah partikel polutan di pori-pori.
  4. Kebiasaan malas untuk membersihkan kosmetik sebelum tidur memberikan banyak efek buruk pada kesehatan wajah. Selain merangsang pertumbuhan jerawat, pori-pori Anda juga bisa melebar, lho. Maka dari itu jangan malas, ya!

Selain mengubah kebiasaan tersebut, Anda juga bisa mencoba cara mengecilkan pori-pori wajah dengan menggunakan bahan-bahan alami, lho. Anda bisa menggunakan beberapa cara seperti mengoles wajah dengan putih telur atau memijat wajah dengan es batu yang dibalut dengan kain. Kedua cara tersebut terbukti ampuh untuk mengencangkan wajah sembari mengecilkan pori-porinya. Selain itu, kedua cara tersebut juga bisa mengangkat sel-sel kulit mati yang meyumbat pori-pori di wajah.

Nah, mulai dari sekarang  coba terapkan cara mengecilkan pori-pori wajah di atas, ya. Pastinya, mau kan wajah Anda terus tampak bersih berkilau. Selamat mencoba!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi