Cara Mengatasi Pori-pori Besar Pada Wajah

Cara mengatasi pori-pori besar

Cara mengatasi pori-pori besar; Keberadaan pori-pori sebenarnya penting bagi kulit sebagai tempat keluarnya kotoran dalam tubuh. Paparan sinar matahari menjadi salah satu penyebab pori-pori membesar. Lalu, bagaimana cara mengecilkan pori-pori wajah.

 

Go DokMemiliki wajah yang halus nan lembut? Duh, siapa sih yang tidak mau? Sepertinya, baik pria maupun wanita pasti mendambakan dong, punya kulit seperti itu. Namun, ada beberapa masalah pada kulit yang terkadang dapat mengganggu penampilan dan kepercayaan diri saat sedang menghadapi momen-momen penting dalam hidup Anda. Salah satunya adalah adanya pori-pori pada wajah dengan ukuran raksasa!

Nah, sebelumnya mari kita luruskan dulu tentang keberadaan pori-pori pada wajah. Pori-pori ini sebenarnya penting bagi kulit kita, lho, karena ini menjadi tempat keluarnya kotoran dari dalam tubuh. Minyak dan keringat, misalnya. Jadi, kita tidak bisa menghilangkan keberadaan pori-pori ini, ya.

Nah, bagi Anda yang memiliki pori-pori seukuran “kawah gunung” , pasti bertanya-tanya mengapa ukurannya melebihi ukuran pada umumnya. Selain karena paparan sinar matahari, pori-pori yang membesar karena ada sesuatu yang menyumbat di dalamnya. Salah satu contohnya adalah adanya tumpukan minyak yang bercampur dengan sel kulit mati. Nah, cara mengecilkan pori-pori wajah salah satunya dengan mengetahui terlebih dahulu  penyebab sumbatan di dalamnya, ya!

Berikut adalah hal-hal yang patut diperhatikan bagi Anda yang ingin mengetahui cara mengatasi pori-pori besar pada wajah:

1. Selektif dalam memilih produk kecantikan

Seperti yang telah kita sama-sama ketahui, bijak dalam memilih produk kecantikan yang akan digunakan merupakan sebuah aturan yang wajib hukumnya. Pasalnya, tidak semua produk cocok dengan karakter kulit kita. Nah, untuk Anda yang memiliki masalah dengan pori-pori, pilihlah produk kecantikan yang mengandung zinc dan magnesium. Kedua zat ini ternyata cukup ampuh untuk mengatasi masalah Anda, lho, karena terbukti mampu menyeimbangkan kadar minyak dalam kulit, serta mengangkat sumbatan dalam pori-pori wajah Anda.

Selain itu, produk-produk yang mengandung ekstrak rosemary dan lavender juga dinilai baik untuk kesehatan pori-pori wajah Anda. Keduanya terbukti mampu mengatasi bakteri, mencegah iritasi, serta mengurangi ukuran pori-pori. Selamat tinggal pori-pori besar!

 2. Jaga kebersihan

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pori-pori wajah kita membesar karena adanya kotoran yang menyumbat di dalamnya. Nah, salah satu cara mengatasi pori-pori besar pada wajah adalah dengan menjaga kebersihan kulit wajah kita.

Guna mencegah penyumbatan, jangan lupa untuk mencuci wajah secara teratur. Pembersihan wajah juga perlu disesuaikan dengan jenis aktivitas Anda sehari-hari, lho. Tentunya, pertimbangkan juga jenis make up yang Anda pakai serta paparan polusi saat berada di luar ruangan.

 3. Gunakan pelindung sinar matahari

Cara mengatasi pori-pori besar pada wajah berikutnya datang dari pakar kulit Mitchell Chasin. Mitchell mengungkapkan bahwa sinar matahari meningkatkan risiko pori-pori membesar karena kulit wajah kehilangan fleksibilitasnya.

Tentu Anda tidak mau dong kulit wajah Anda menjadi kaku dan tidak lagi elastis? Maka dari itu, Anda bisa menggunakan krim pelindung dari sinar matahari dengan minimal kandungan SPF 30.  Bila matahari terasa begitu menyengat, jangan lupa gunakan juga pelindung kepala seperti topi atau payung, ya!

 4. Rawat dengan masker

Satu hal yang perlu dicatat adalah semakin besar pori-pori, semakin besar juga produksi minyak di wajah Anda. Pernyataan tersebut benar adanya dan sudah terbukti, lho, karena disampaikan langsung oleh seorang dr. Chasin. Makanya, gunakanlah masker wajah secara teratur untuk mengurangi minyak yang ada dan menurunkan risiko pertumbuhan jerawat.

Ahli dermatologi yang berbasis di Amerika Serikat ini juga menambahkan, cara mengatasi pori-pori besar pada wajah adalah dengan menggunakan masker tanah liat. Masker ini dinilai mampu mengangkat minyak dan kotoran lain yang menyumbat dari pori-pori Anda, lho.

Nah, tidak sulit, kan, untuk mengaplikasikan cara mengatasi pori-pori besar pada wajah? Dengan begini, wajah Anda akan terasa lebih halus berkilau dan Anda tidak perlu lagi merasa minder jika harus bertemu klien bisnis atau calon jodoh Anda di masa depan. Ayo, mulai wajah bersih bersinar dari sekarang!

Baca juga:

Konsultasi dokter kini bisa lewat fitur ‘Tanya Dokter’. Download aplikasinya Go Dok di sini.

RZ/TP/PJ/MA

Referensi