Cara Mengatasi Ngorok ; Praktikkan 7 Langkah Ini!

Cara mengatasi ngorok

Cara mengatasi ngorok ; Mendengkur atau ngorok terjadi ketika sesuatu menghalangi udara untuk mengalir bebas melalui mulut dan hidung Anda. Ada beberapa faktor penyebab mendengkur salah satunya karena kelebihan berat badan. Lalu, bagaimana cara mengatasi ngorok?

 

Go Dok – Apakah Anda pernah merasa sulit tidur karena terganggu dengan suara ngorok pasangan atau mungkin orang tua Anda? Atau malah mungkin orang-orang di sekitar Anda mengeluh susah tidur karena suara ngorok Anda? Ngorok atau mendengkur memang sering terjadi pada orang dewasa. Suara napas yang keras dan parau ini terjadi ketika Anda tidur, otot-otot di tenggorokan rileks dan lidah berada di bagian belakang dalam mulut Anda. Mendengkur terjadi ketika sesuatu menghalangi udara untuk mengalir bebas melalui mulut dan hidung Anda. Saat Anda bernapas, dinding tenggorokan bergetar, menyebabkan suara ngorok atau dengkuran.

Faktor penyebab seseorang ngorok ketika tidur

Sebelum mengenal cara mengatasi ngorok Anda perlu tahu beberapa faktor yang dapat menyebabkan seseorang mendengkur ketika tidur, antara lain:

  1. Kelebihan berat badan
  2. Pembengkakan jaringan selama bulan terakhir kehamilan
  3. Hidung bengkok
  4. Polip pada hidung
  5. Hidung tersumbat karena pilek atau alergi
  6. Pembengkakan di uvula atau atap langit-langit mulut
  7. Amandel yang membengkak merupakan penyebab umum mendengkur pada anak-anak
  8. Lidah yang lebih lebar di pangkal, atau lidah yang lebih besar di mulut yang lebih kecil
  9. Terkadang mendengkur bisa menjadi tanda gangguan tidur yang disebut sleep apnea
  10. Dalam kasus lain, mendengkur dapat disebabkan karena tidur telentang atau minum alkohol terlalu dekat dengan waktu tidur.

Setelah mengetahui beberapa penyebab seseorang mendengkur, tentu Anda juga ingin tahu bagaimana mengurangi atau mengatasi ngorok, bukan?

Coba terapkan beberapa cara mengatasi ngorok di bawah ini!

1. Ubah Posisi Tidur Anda

Tahukah Andda mengubah posisi tidur bisa jadi salah satu solusi sebagai cara mengatasi ngorok? Ketika Anda tidur telentang, lidah bergerak ke bagian belakang tenggorokan, yang sebagian menghalangi aliran udara melalui tenggorokan Anda. Oleh karena itu, ubahlah posisi tidur Anda ke posisi tidur miring.

2. Usahakan Cukup Tidur

Bekerja berjam-jam tanpa tidur yang cukup membuat Anda terlalu lelah sehingga mendengkur saat tidur. Pastikan Anda mendapatkan tujuh hingga delapan jam tidur yang Anda butuhkan setiap malam.

3. Angkat Bagian Kepala Tempat Tidur Anda

Mengangkat bagian kepala pada tempat tidur Anda sekitar empat inci dapat membantu mengurangi dengkuran Anda dengan menjaga saluran udara tetap terbuka.

4. Turunkan Berat Badan Anda

Bagi Anda yang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan cara mengatasi ngorok yang bisa Anda praktikkan dengan menurunkan berat badan seperti mengurangi asupan kalori dengan makan porsi yang lebih kecil dan makanan yang lebih sehat. Pastikan juga Anda berolahraga teratur setiap hari. Menurunkan berat badan dapat membantu Anda mengatasi dengkuran, tetapi beberapa orang kurus ternyata juga mendengkur.

5. Jauhi Alkohol Sebelum Tidur

Penelitian mengatakan bahwa orang-orang yang biasanya tidak mendengkur akan mendengkur ketika mereka mabuk. Alkohol dapat mengendurkan otot-otot tenggorokan sehingga menyebabkan dengkuran. Jadi, cobalah untuk tidak mengonsumsi alkohol 4-5 jam menjelang waktu tidur Anda.

6. Hindari Minum Obat Penenang Sebelum Tidur

Menghentikan penggunaan obat penenang sebelum tidur dapat meredakan dengkuran Anda.

7. Berhenti merokok

Terakhir, cara mengatasi ngorok dengan berhenti merokok. Pasalnya, merokok adalah kebiasaan tidak sehat yang dapat memperburuk dengkuran Anda. Anda dapat mencoba terapi, misalnya dengan makan permen karet yang dapat membantu Anda berhenti merokok.

Seperti yang telah disampaikan tentang faktor penyebab ngorok atau mendengkur, ternyata mendengkur juga bisa menjadi tanda gangguan tidur yang serius yang disebut sleep apnea. Ketika parah, mendengkur dapat menyebabkan Anda sering lelah di siang hari, tidak dapat tidur nyenyak, atau bangun terengah-engah dan bahkan dapat mengganggu tidur pasangan Anda. Jika Anda mengalami hal tersebut, segeralah menemui penyedia layanan kesehatan.

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

TS/TP/PJ

Referensi