Cara Mengatasi kedinginan : Ini Dia Daftar Lengkapnya!

cara mengatasi kedinginan

Go Dok – Cara mengatasi kedinginan – Badan terasa tidak fit, gemataran, bersin-bersin, dan dingin adalah beberapa tanda Anda mengalami kedinginan. Walau terdengar sepele kedinginan jika dibiarkan dapat berakibat buruk bagi kesehatan. Bagi Anda yang sedang mengalami kedinginan, segeralah atasi,

Berikut beberapa tips cara mengatasi kedinginan yang bisa dilakukan!

1. Hangatkan diri Anda terlebih dahulu

Cara mengatasi kedinginanan yang pertama dengan menghangatkan tubuh Anda. Menurut Loren Greenway, CEO dari Wilderness Medical Center di Utah, kita akan merasa kedinginan setiap kalinya tubuh berkontak langsung dengan udara atau sesuatu yang dingin. Dalam kasus ini, Anda disarankan dapat melindungi diri dari dingin dengan menggunakan beberapa lapisan pakaian. Dimulai dari pakaian dalam, gunakan bahan yang tebal dan pastikan juga Anda mengenakan kaus kaki untuk menjaga kehangatan kaki ya! Kemudian Anda dapat memakai “outer” -luaran yang direkomendasikan berbahan anti angin dan air. Jika masih merasa dingin, Anda dapat menambahkan lapisan pakaian di dalam luaran tersebut sehingga tubuh dapat menjadi lebih hangat.

2. Bergeraklah

Disaat merasa kedinginan, di situlah tanda bahwa Anda harus segera menghangatkan tubuh dengan cara bergerak. Beberapa aktivitas yang dapat Anda coba antara lain, berlari kecil di tempat, berjalan, senam wajah hingga stretching atau melakukan gerakan pereganggan.

3. Makan dan minum!

Selanjutnya, cara mengatasi kedinginan dengan makan dan minum. Pasalnya, dengan perut yang terisi, Anda akan langsung dapat merasa lebih hangat. Mengapa? Sebagaimana Greenway menjelaskan, bahwa dengan mengonsumsi kalori tingkat gula Anda tentunya akan meningkat dan dengan ini mampu menghasilkan energi yang dibutuhkan tubuh untuk menghangatkan diri dari kondisi udara yang dingin.

Selain mengonsumsi makanan, Greenway menyarankan untuk tetap terhidrasi dengan sering minum agar tubuh Anda dapat lebih baik mentolerir udara dingin dengan mengimbangi asupan makanan dan minuman dalam tubuh. Untuk berjaga-jaga, siapkan air minum, makanan, selimut dan pakaian ganti dalam mobil agar disaat sedang tidak ada di rumah dan merasa kedinginan, Anda dapat dengan segera menghangatkan tubuh.

4. Kenakanlah topi

Di saat Anda merasa kedinginan, tubuh akan kehilangan suhu hangatnya dari seluruh bagian yang terbuka dan dapat berkontak langsung dengan udara dingin. Nah, ini termasuk dengan bagian kepala yang biasanya terekspos langsung sehingga tubuh Anda kehilangan suhu hangatnya dibagian kepala. Jadi, agar suhu hangat tubuh tetap terjaga, kenakanlah aksesoris kepala yang menghangatkan seperti topi ya!

5. Mandilah dengan air hangat dan dingin

Mandi dengan air yang hangat dapat digunakan sebagai cara mengatasi kedinginan karena air hangat dapat dengan cepat menghangatkan tubuh Anda, akan tetapi air dingin nyatanya dapat meningkatkan sirkulasi darah antara kulit dan organ tubuh Anda. Jadi sebaiknya, mandilah dengan bergantian menggunakan air hangat dan dingin, ya!

6. Tambahkan selimut yang tipis di atas selimut yang tebal

Selimut yang tebal dengan bahan berbulu-bulu contohnya, direkomendasikan untuk dikenakan dekat dengan kulit Anda. Kemudian, untuk lebih tetap menjaga kehangatan, selimut tipis dapat dikenakan di atas selimut yang tebal. Selain itu, jika kasur Anda dekat dengan dinding, ada tips yang menyarankan Anda untuk memberi sedikit ruang diantaranya untuk memberikan kehangatan.

7. Jauhi minuman beralkohol

Terakhir, cara mengatasi kedinginan dengan menjauhi minuman alkohol. Memang kelihatannya, mengonsumsi alkohol yang terasa hangat, merupakan sebuah ide yang bagus, bukan? Tetapi nyatanya, mengonsumsi alkohol ketika seseorang sudah merasa kedinginan, akan menyebabkan suhu tubuh inti menurun. Jadi, tetaplah mengonsumsi air mineral atau minuman hangat lainnya sepertu teh saja, ya!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.