Cara Mengatasi Gugup yang Bisa Anda Praktikkan

Cara mengatasi gugup

Cara mengatasi gugup ; Banyak manfaat senyum yang bisa Anda rasakan. Salah satunya, bisa menghilangkan gugup, lho. Lalu, apa saja cara mengatasi gugup selain dengan tersenyum? Yuk, simak!

 

Go Dok Bagi kebanyakan orang, berada dalam situasi yang menantang, terlebih berada dalam sebuah momen pertama kali pasti memunculkan rasa gugup dalam diri, bukan? Pastinya perasaan gugup ini pernah Anda rasakan juga, kan? Tenang saja, kondisi ini wajar, kok. Bahkan, bagi sebagian orang sebenarnya bisa dianggap sebagai sesuatu yang positif, lho.

Bagi Anda yang belum tahu, kondisi gugup dipengaruhi oleh aliran adrenalin dalam tubuh kita. Reaksi kimia yang dihasilkan oleh zat tersebut mampu meningkatkan performa kita karena indera kita menjadi lebih tajam sehingga kita berada dalam kondisi yang sangat fokus. Wah, rupanya ada manfaatnya juga, ya, saat perasaan gugup melanda!

Namun, bagi sebagian yang lain, kondisi ini bisa mengurangi rasa percaya diri dan menjadi masalah, lho. Pasalnya, kondisi tersebut dapat membuat Anda jadi salah tingkah akibat hilangnya kendali diri. Misalnya, saat sedang melakukan presentasi, pendengar akan lebih fokus kepada gerak-gerik Anda ketimbang materi apa yang sedang disampaikan. Duh, jadi malu, kan? Atau saat menghadapi ujian, misalnya. Gara-gara gugup, apa yang telah Anda pelajari jadi hilang begitu saja. Risiko gagal tes jadi lebih besar, kan?

Nah, apakah Anda salah satu yang memiliki masalah gugup? Coba cara mengatasi gugup berikut ini, deh!

1. Persiapkan diri dengan matang

Cara mengatasi gugup yang pertama dengan persiapkan diri semaksimal mungkin. Menguasai dan mempersiapkan segala hal yang akan Anda hadapi, hingga bagian terkecil sekalipun, tentunya sangat penting agar dapat mencapai hasil semaksimal mungkin. Ada pepatah yang berbunyi, mereka yang gagal dalam persiapan berarti mereka mempersiapkan diri mereka untuk gagal.

Nah, ketika Anda sudah bisa mengontrol diri, Anda sudah mengetahui apa saja yang harus dilakukan seperti apa yang sudah Anda persiapkan sebelumnya.

 2. Selalu berlatih menghadapi kondisi terburuk

Terkadang, ada saja keadaan di luar kendali dalam setiap kesempatan yang sedang Anda hadapi. Nah, tidak mempersiapkan hal-hal yang di luar perkirakan dapat menjadi alasan utama perasaan menjadi gugup. Dalam kondisi ini, Anda dituntut agar dapat menyiapkan setiap rencana, mulai dari rencana utama hingga skenario terburuk sekalipun, termasuk bagaimana membuat keputusan secara cepat. Dengan menyiapkan setiap plan A to Z, keadaan terburuk sekalipun dapat Anda hadapai tanpa rasa gugup. Rasa tenang dan percaya diri akan muncul dengan sendirinya sebagai hasil dari latihan yang telah dilakukan berkali-kali. Ingat, practice makes perfect, kan?

3. Atur nafas

Selanjutnya, cara mengatasi gugup yang bisa Anda praktikkan dengan mengatur nafas. Secara biologis, detak jantung Anda menjadi tidak beraturan ketika sedang berada dalam kondisi gugup. Bahkan, hal tersebut bisa berlangsung untuk waktu yang lama, lho, bergantung pada kondisi pikiran Anda saat itu. Selama Anda berusaha untuk mengembalikan kontrol diri, Anda bisa mengatur nafas untuk mengurangi rasa gugup tersebut. Banyak orang yang menggunakan cara mudah ini, mengingat metode tersebut terbukti cukup efektif mengatasi gugup.

Selain itu, penelitian membuktikan bahwa pola nafas yang pelan, dalam, dan teratur mampu mengembalikan fungsi tubuh Anda ke dalam kondisi normal. Otak yang mendapat suplai darah yang teratur akan bekerja seperti seharusnya, dan dengan begini Anda bisa mengatasi kondisi gugup tersebut.

 4. Senyum

Senyum ternyata bisa jadi salah satu cara mengatasi gugup Anda, lho. Penelitian membuktikan bahwa senyum, meskipun berupa senyum palsu, bisa membawa suasana damai bagi pembicara maupun lawan bicara. Tidak perlu mengeluarkan biaya untuk senyum kan?

Selain itu, Anda juga bisa menanamkan pemikiran bahwa lawan bicara Anda adalah teman dekat Anda. Secara psikologis, pemikiran ini bisa membuat Anda lebih rileks, lho.

Hmm, gugup memang bisa datang tiba-tiba, sih. Namun, ternyata rasa gugup bisa diatasi, kan? Dengan menerapkan cara mengatasi gugup di atas, dijamin Anda bisa mengendalikan diri di saat gugup datang melanda. Selamat mencoba!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

RZ/PJ/MA

Referensi