Cara Menebalkan Rambut secara Alami

cara menebalkan rambut

Memiliki rambut yang tipis dan tidak sehat tentu sangat mengganggu penampilan. Untuk itu, coba cara menebalkan rambut secara alami untuk mendapatkan rambut yang tebal dan sehat dengan menggunakan jus lidah buaya, telur hingga minyak rosemary.

Go DokMasalah rambut rontok memang terjadi baik pada perempuan, maupun laki-laki. Sekitar sepertiga perempuan akan menderita alopecia di dalam hidupnya. Sementara dua pertiga laki-laki akan mengalami kerontokan rambut yang signifikan pada usia 35 tahun.

Penipisan rambut bisa disebabkan dari banyak hal, termasuk proses penuaan alami, over-styling serta akibat genetika. Nah, bagi Anda yang mengidamkan untuk memiliki rambut tebal, lebat dan indah, ada loh cara natural yang dapat dilakukan.

Yuk, simak cara menebalkan rambut secara alami di bawah ini!

1. Jus lidah buaya

Salah satu bahan alami  terbaik yang bisa digunakan sebagai cara menebalkan rambut adalah jus lidah buaya. Polisakarida adalah salah satu kandungan yang ada pada jus lidah buaya yang dapat menyembuhkan, baik secara internal atau eksternal. Nah, jus lidah buaya juga bagus untuk menebalkan rambut.

Kandungan ini bahkan sering ditemukan pada banyak shampo dan kondisioner. Lidah buaya atau aloe vera memiliki banyak vitamin dan mineral yang dapat menjaga rambut tetap kuat dan sehat.

Sifat antibakteri dan antijamur pada lidah buaya juga dapat menghilangkan ketombe. Selain itu, enzim gelnya juga dapat membersihkan kulit kepala dari sel mati dan meregenerasi jaringan kulit di sekitar folikel rambut.

2. Biji Rami

Tidak hanya dari luar, Anda juga harus memperhatikan makanan yang dikonsumsi untuk menebalkan rambut. Nah, untuk itu, biji rami perlu ditambahkan ke list makanan sehari-hari, dikarenakan manfaat flaxseeds dan asam lemak omega-3 yang terkandung didalamnya. Bahan-bahan anti-inflamasi ini juga membantu memperbaiki kulit Anda.

3. Minyak rosemary

Minyak rosemary bisa menjadi salah satu bahan yang harus disediakan di rumah.  Karena, penggunaan minyak rosemary dapat membantu merangsang pertumbuhan rambut jika dikenakan di kulit kepala.

Beberapa penelitian mengatakan bahwa kandungan di dalam minyak ini dapat mencegah kebotakan, memperlambat pertumbuhan uban, dan dapat digunakan untuk mengobati ketombe serta kulit kepala kering.

4. Telur

Telur mengandung protein tinggi yang penting bagi tubuh untuk membentuk rambut yang kuat dan tebal. Jika digunakan secara teratur, perawatan telur dapat membantu mengentalkan dan memperkuat rambut lho!

Cara menebalkan rambut dengan telur juga sangat mudah, jadikan saja telur sebagai masker rambut dan diamkan selama beberapa menit. Kemudian bilas seperti biasa.

5. Puree jeruk

Vitamin C, pektin, dan asam pada jeruk dapat membuat rambut berkilau alami serta membuatnya tampak lebih tebal. Asam dalam jeruk dapat memecah residu yang tersisa dari produk rambut. Karena, residu produk yang tersisa pada rambut dapat mengganggu pertumbuhan rambut.

6. Suplemen

Nah, selain bahan-bahan alami sebagai cara menebalkan rambut, suplemen juga penting untuk membantu penebalan rambut dari dalam tubuh. Anda bisa mengonsumsi suplemen minyak ikan cod.

Suplemen minyak ikan cod mengandung omega-3, termasuk EPA dan DHA, yang dapat membantu menebalkan rambut, serta menyeimbangkan hormon secara alami.

Kekurangan EPA dan DHA dalam tubuh dapat mempengaruhi kondisi kulit dan menyebabkan ketombe, penipisan rambut, eksim, psoriasis, serta bintik-bintik pada kulit.

Selain itu Anda juga dianjurkan untuk mengonsumsi vitamin yang mengandung biotin, vitamin E, vitamin B-6, inositol, folate, vitamin C, zinc, magnesium and sulfur.

Nah, itu dia cara menebalkan rambut secara alami. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

Jangan ragu untuk selalu gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk berkonsultasi dengan dokter online yang siap siaga 7×24 jam. Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

 

GA/PJ/MA

Referensi