Cara Mendamaikan Orang Tua Ketika Bertengkar

Cara mendamaikan orang tua

Cara mendamaikan orang tua ; Ketika orang tua bertengkar Anda selaku anak tidak akan bisa memihak dan memilih salah satu di antara keduanya. Lantas, apa saja  cara untuk mendamaikan orang tua ketika bertengkar?

 

Go Dok – Perbedaan pendapat adalah hal yang umum terjadi dalam suatu hubungan termasuk pernikahan. Tak jarang perbedaan pendapat tersebut membuat dua pihak saling bertengkar. Beberapa anak sering kali terjebak dalam pertengkaran orang tua di rumah.

Bukan hanya menyaksikan pertengkaran dan percekcokan saja, tetapi menjadi penengah yang tak tahu harus berbuat apa. Ayah dan Ibu Anda sama-sama mengadukan masalahnya pada Anda. Sebagai anak, tentu saja Anda tidak akan bisa memihak dan memilih salah satu di antara keduanya.

Lantas hal apa saja yang bisa dilakukan anak untuk mendamaikan orang tuanya ketika bertengkar?

Kita simak sama-sama cara mendamaikan orangtua ketika bertengkar, yuk!

  1. Pahami bahwa orang yang saling mencintai terkadang bertengkar dan berdamai untuk memperkuat ikatan di antara mereka. Jadi, wajar bila orang tua mengalami pertengkaran. Namun, alangkah lebih bijak apabila pertengkaran tersebut tidak dilakukan di depan anak.
  2. Sebagai anak, jika orang tua bertengkar di hadapan Anda, cobalah perhatikan apakah pertengkaran tersebut hanya sebatas adu mulut atau terdapat unsur kekerasan secara fisik. Jika ternyata hanya adu mulut, pergilah menjauh dan tidak usah ikut campur. Namun, jika pertengkaran mengarah pada tindakan kekerasan, maka hubungi orang dewasa lain yang sekiranya mampu melerai orang tua Anda.
  3. Jika Anda diseret ke dalam pertengkaran, cara mendamaikan orantua Anda dengan jangan pernah memihak kepada salah satu orang tua Anda. Katakan dengan jujur bahwa Anda tidak suka melihat mereka bertengkar karena Anda menyayangi mereka berdua.
  4. Perlu Anda pahami bahwa meskipun mereka meributkan hal yang berhubungan dengan Anda, Anda bukanlah penyebab pertengkaran mereka. Mereka hanya tidak satu suara tentang bagaimana cara memilih yang terbaik untuk Anda, anaknya. Jangan menyalahkan diri sendiri atas pertengkaran orang tua.
  5. Jika Anda sudah cukup dewasa, tentu ingin membicarakan masalah yang diributkan. Bicarakan saat keadaan sudah tenang. Bicaralah pada ibu atau ayah Anda terlebih dahulu, jangan langsung bicara dengan keduanya karena kemungkinan dapat menyulut kembali emosi.
  6. Jika sudah bicara dengan keduanya, cara mendamaikan orantua selanjutnya lihatlah  simpul permasalahan dan kesalahpahaman keduanya. Jika tidak menemukan titik terang tanyalah pada orang yang dipercaya.
  7. Ajaklah kedua orang tua Anda untuk duduk bersama dan membicarakan masalah yang diributkan dengan kepala dingin. Usahakan tetap netral meskipun Anda menemukan bahwa kesalahpahaman adalah akibat keegoisan salah satu pihak.
  8. Katakanlah bahwa Anda ingin yang terbaik bagi mereka, namun mereka juga tidak boleh egois dan mengorbankan anak. Tidak ada anak yang bahagia melihat kedua orang tuanya selalu ribut dan bertengkar.
  9. Jika dengan jalan demikian orang tua Anda telah berdamai, maka Anda tidak perlu memikirkan hal lain lagi. Namun, jika usaha Anda sia-sia, ajaklah orang tua Anda menemui ahli untuk berkonsultasi tentan masalah yang dihadapi kedua orang tua Anda.
  10. Craa mendamaiakn orangtua yang terakhir dengan memposisikan diri Anda bukan sebagai orang yang lebih tahu masalah mereka, tetapi sebagaiseseorang yang peduli dan menyayangi mereka berdua.

Nah itulah beberapa cara mendamaikan orangtua yang bisa dilakukan oleh anak. Dalam pertengkaran orang tua, anak cenderung menjadi korban. Namun saat ini anak harus berperan sebagai penengah, apalagi anaknya sudah dewasa. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Konsultasi kesehatan kini bisa langsung lewat gadget Anda. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

TW/PJ/MA

Referensi