Cara Menangani Kram di Kolam Renang yang Tepat

Cara menangani kram

Cara menangani kram di kolam renang ; Manfaat berenang sudah tidak diragukan lagi. Ketika Anda berniat untuk melakukan aktivitas ini. Selain menyiapkan persiapan sebelum berenang, penting juga bagi Anda untuk mengetahui cara menangani kram saat berenang.

 

Go Dok – Menghabiskan akhir pekan di wahana permainan air, siapa yang tidak mau? Banyak aktivitas menyenangkan bisa dilakukan, mulai dari bermain air, bersantai di pinggir kolam renang, dan tentunya berenang. Olahraga yang satu ini memang bisa menyehatkan jantung sekaligus menguatkan seluruh fungsi tubuh Anda. Beragam manfaat tersebut dapat dirasakan bagi siapapun, mulai dari anak-anak hingga orang tua.

Namun hati-hati, jangan lupa untuk tetap waspada, ya, karena tidak menutup kemungkinan Anda dapat terserang kram. Selain dapat merusak kesenangan Anda, kondisi tersebut juga berbahaya, jika tidak ditangani dengan tepat. Jika Anda panik, tidak menutup kemungkinan risiko tenggelam dapat menjumpai Anda, lho!

Memangnya, apa sih yang dapat menyebabkan kram di kolam renang? Bagaimana sih cara menangai kram dikolam renang dengan tepat? Yuk, simak terus pembahasannya karena terdapat beberapa hal yang harus diperhatikan jika kram di kolam renang.

Penyebab kram di kolam renang

Sebelum kita membicarakan cara menangani kram saat berenang, ada baiknya kita mengetahui terlebih dahulu penyebabnya. Menurut para ahli, penyebab utama kram di kolam renang ialah kekurangan cairan. Penelitian membuktikan bahwa kehilangan cairan tubuh sedikit saja bisa mempengaruhi performa berenang secara signifikan.

Kelelahan otot juga bisa disebut sebagai biang keladi saat kram di kolam renang terjadi. Sejumlah penyelidikan membuktikan bahwa kram sering terjadi setelah seseorang menggunakan otot secara terus-menerus dalam durasi yang panjang.

Cara menangani kram di kolam renang

Kram otot yang terjadi saat berenang bisa berakibat fatal. Beberapa kasus kram saat berenang berakhir di rumah duka. Maka dari itu, setiap perenang wajib mengetahui cara menangani kran guna meminimalisasi risiko yang ada.

Ketika Anda merasakan ada hal yang janggal pada otot-otot Anda saat berenang, keluarlah dari air dengan segera. Anda perlu menenangkan otot tersebut dengan melakukan peregangan atau pemijatan. Seperti yang sudah disebutkan, pastikan Anda tidak panik saat merasakan kram pada otot mengingat hal ini justru bisa memperburuk keadaan dan menyebabkan Anda tenggelam.

Selain melakukan peregangan dan pemijatan, sebagai cara menangani kram saat berenang. Anda bisa juga mengompres air hangat kemudian kompres air dingin. Hal ini bertujuan untuk memberi rasa rileks pada otot Anda. Selain itu, Anda mungkin akan merasakan sedikit tidak nyaman atau sakit pada otot yang kram. Hal ini menunjukkan bahwa ada pembengkakan pada otot tersebut. Jika rasa sakit yang disebabkan oleh kram belum pergi, Anda bisa mengoleskan sedikit balsam pereda nyeri otot pada daerah yang terasa sakit secara merata.

Dalam cara menangani kram saat berenang, jangan lupa untuk mengonsumsi makanan atau minuman yang bisa memenuhi cairan tubuh Anda. Minuman untuk olahraga yang banyak beredar juga bisa dimanfaatkan untuk menambah ion dalam tubuh Anda. Buah-buahan yang mengandung nutrisi yang mudah diserap oleh tubuh juga cukup membantu dalam memulihkan otot yang kram.

Cara mencegah kram di kolam renang

Mengingat Anda sudah mengetahui penyebab dan cara mengatasi kram di kolam renang, Anda hanya perlu mengantisipasinya. Pastikan Anda terhindar dari dehidrasi dengan memenuhi kebutuhan cairan tubuh Anda. Selain itu, pastikan Anda melakukan pemanasan sebelum mulai berenang. Hal ini bisa membuat otot Anda siap untuk bersenang-senang di dalam air.

Nah, penting, kan untuk membekali diri dengan informasi terkait cara menangani kram di kolam renang? Dengan memperhatikan hal-hal tersebut, Anda dapat terhindar dari bahaya kram saat sedang bersenang-senang di akhir pekan. Tidak mau, kan, akhir pekan Anda berujung pada cedera gara-gara kram di kolam renang? Mulai sekarang, yuk selalu pemanasan sebelum berenang, dan jangan lupa penuhi cairan tubuh Anda agar terhindar dari hal-hal yang tak diinginkan saat berenang!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

RZ/TP/PJ/MA

Referensi