Cara Memutihkan Wajah ; Yuk, Ketahui!

cara memutihkan wajah

Cara memutihkan wajah ; bisa dilakukan dengan perawatan di salon kecantikan, menggunakan suplemen kulit berkualitas impor, atau home treatment menggunakan resep atau bahan alami  yang bisa didapatkan dengan mudah. 

Go DokSepertinya, hampir setiap orang yang tinggal di iklim tropis seperti Indonesia, memimpikan untuk mempunyai kulit yang putih cerah, ya? Tidak hanya wanita, kaum pria pun juga ingin mempunyai kulit yang putih bak bintang Hollywood, kan?

Tapi tak bisa dipungkiri, wilayah geografis Indonesia yang berada di garis khatulistiwa membuat penduduknya terpapar sinar matahari lebih sering dibanding negara-negara di wilayah barat sana. Maka dari itu, begitu banyak iklan di televisi yang menawarkan janji untuk memutihkan kulit dengan menggunakan produk kecantikan tertentu.

Lantas, bagaimana cara memutihkan wajah?

Sebenarnya ada banyak cara memutihkan wajah, mulai dari perawatan di salon kecantikan, menggunakan suplemen kulit berkualitas impor, atau home treatment menggunakan resep yang bisa didapatkan di internet dengan mudah.

Namun sebelum menggunakan perawatan tersebut, alangkah lebih baik jika Anda memahami faktor yang membuat setiap orang memiliki warna kulit yang berbeda. Warna kulit seseorang ditentukan oleh suatu jaringan yang bernama melanin. Kemudian melanin ini terpecah menjadi beberapa jenis, yaitu pheomelanin yang membuat kulit Anda berwarna lebih terang dan eumelanin yang membuatnya lebih gelap. Nah, kadar kedua zat tersebut lah yang mempengaruhi warna kulit Anda, apakah berwarna cerah atau gelap.

Jika berbicara perawatan memutihkan wajah, nama Hydroquinon pastinya bukan sebuah hal baru, dong. Yups, kandungan tersebut hampir selalu digunakan di setiap metode pemutihan kulit. Pasalnya, Hydroquinone dianggap ampuh untuk meredakan hiperpigmentasi yang menyebabkan penggelapan di bagian-bagian tertentu pada wajah Anda. Contohnya, meredakan flek hitam pada wajah.

Satu hal yang harus diperhatikan adalah penggunaan Hydroquinone harus dibatasi kandungannya. Badan Pengawas dan Obat Amerika (FDA) menyebutkan bahwa batas maksimal kandungan Hydroquinonen dalam sebuah produk pemutih kulit wajah hanyalah sebesar 2%.

Cara memutihkan wajah secara alami

Jika Anda terlalu kawatir untuk memanfaatkan zat kimia seperti Hydroquinone sebagai cara memutihkanan wajah, mengapa tidak coba menggunakan bahan-bahan yang alami? Sejumlah buah dan sayuran dinilai bisa digunakan sebagai metode pemutihan wajah, lho. Kandungan alami dalam bahan-bahan tersebut dapat meredakan gejala penuaan dini seperti kerutan dan garis usia pada wajah. Selain itu, ada juga yang mampu memancarkan rona alami wajah dengan membentenginya dari radiasi sinar Ultraviolet.

Mau tahu bahan apa saja yang bisa digunakan? Cek terus artikel di bawah ini, ya!

1. Lemon

Tingginya kandungan vitamin C dan asam pada buah lemon dipercaya mampu mengangkut semua bakteri dan sel kulit mati yang tertinggal di pori-pori lho. Selain itu, lemon juga dapat menghapus noda kusam di wajah akibat paparan sinar matahari.

Caranya juga tergolong mudah. Cukup celupkan kapas bersih di air perasan lemon murni dan oleskan perlahan di seluruh wajah. Ingat, hanya dari buah lemon asli, ya! Setelah dioles rata, diamkan sekitar 15 menit dan kemudian bilas dengan air bersuhu normal hingga bersih.

2. Lidah Buaya

Ada sebuah kandungan di dalam lidah buaya atau aloe vera yang disebut aloesin. Nah zat aloesin tersebut dipercaya ampuh untuk menekan pembentukan eumelanin yang membuat kulit jadi gelap.

Cara penggunaannya mungkin sudah Anda sering dengar. Keluarkan jelly yang ada di dalam lapisan lidah buaya dan oleskan pada wajah. Diamkan selama 15 menit dan bilas sampai bersih, deh. As simple as that!

3. Yoghurt

Semua sudah tahu dong, tentang salah satu prodak olahan dari susu ini. Yups, karena berasal dari susu yang kaya nutrisi, sudah tidak diragukan dong manfaatnya. Salah satunya nutrisi lactacyd acid dalam yoghurt mampu memutihkan wajah secara alami. Selain itu, kandungan lain dalam yoghurt juga dipercaya dapat menjaga kelembapan wajah dan membuatnya tampak lebih kenyal.

Caranya, sesimpel sebelumnya, kok. Cukup oleskan yoghurt pada wajah selama kira-kira 20 menit. Anda bisa juga tambahkan madu sebagai nutrisi antibakteri sebagai racikan dalam yoghurt. Tapi yang harus diperhatikan adalah, lebih baik gunakan yoghurt yang plain/tawar ya untuk hasil yang lebih maksimal.

Setelah mengetahui cara memutihkan wajah, kini Anda bisa tampil cemerlang seperti artis Hollywood, kan? Selamat mencoba!

Baca juga:

Punya permasalahan seputar kulit wajah? Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk chat dengan dokter seputar tips dan penanganannya. Download aplikasi Go Dok di sini.

TP/PJ/MA

Referensi