Cara Memutihkan Ketiak yang Menghitam

cara memutihkan ketiak

Cara memutihkan ketiak ; Ketiak hitam? Tentunya malu jika akan memakai baju lengan pendek? Ternyata, dengan mengubah pola makan dan gaya hidup, serta penggunaan bahan alami bisa jadi solusi untuk  mencerahkan ketiak Anda, lho.

 

Go DokApakah Anda memiliki ketiak yang perlahan-lahan mulai menghitam? Bagi kebanyakan orang, terutama para kaum Hawa, memiliki ketiak yang hitam tentu merupakan aib sekaligus mengganggu penampilan. Bagaimana tidak, Anda akan menjadi kurang percaya diri jika akan memakai baju tanpa lengan maupun baju yang berlengan pendek.

Belum lagi jika ada acara menginap bersama, atau berenang yang memungkinkan wanita lain untuk melihat ketiak Anda. Ugh, tentu sangat menyebalkan! Nah, ternyata ada beberapa cara memutihkan ketiak menghitam yang bisa Anda coba di rumah, lho! Apa sajakah cara tersebut?

Yuk, simak penjelasan lengkap cara memutihkan ketiak berikut ini!

1. Ubah pola makan dan gaya hidup Anda

Tahukah Anda, bahwa salah satu penyebab utama ketiak menghitam adalah obesitas, alias berat badan yang berlebih? Ya, ketiak bisa perlahan menjadi hitam dan gelap jika berat badan Anda sudah di luar batas normal.

Untuk hal ini, cara memutihkan ketiak yang paling efektif adalah dengan terlebih dulu mengubah pola makan dan gaya hidup Anda, guna menurunkan berat badan. Hindari makanan berlemak serta tinggi gula, dan mulailah mengonsumsi karbohidrat, protein, vitamin, dan serat dalam jumlah yang seimbang.

Hentikan kebiasaan mengemil kue dan snack manis, serta gorengan dan minuman dalam kemasan secara berlebihan. Mulailah berolahraga secara rutin, mungkin dengan porsi kecil pada awalnya, dan porsi yang lebih besar secara perlahan. Jika Anda sudah dalam berat badan yang normal, tentu perlahan kondisi ketiak menghitam dapat diperbaiki.

2. Manfaatkan ekstrak timun laut

Cara memutihkan ketiak menghitam yang selanjutnya adalah dengan memanfaatkan ekstrak timun laut. Sejak lama, ekstrak timun laut sudah dipercaya untuk memutihkan dengkul, siku, dan ketiak.

Untuk mendapatkan manfaatnya, Anda bisa mengolah ekstrak timun laut menjadi semacam salep atau masker, lalu mengoleskannya secara rutin ke area di bawah ketiak.

Dewasa kini, juga sudah banyak masker kecantikan yang dijual khusus guna memutihkan ketiak, yang mengandung ekstrak timun laut di pasaran. Anda tentu saja juga bisa mencoba masker tersebut.

3. Gunakan baking soda

Selain untuk membuat kue, baking soda ternyata dapat menjadi salah satu cara memutihkan ketiak yang menghitam, lho! Untuk ini, Anda cukup mengoleskan baking soda ke area di bawah ketiak Anda sehabis mandi.

Anda juga bisa mengolahnya menjadi semacam pasta untuk kemudian dioleskan ke area ketiak dan mendiamkannya selama 30 menit  guna mendapatkan hasil yang optimal. Jangan lupa, lakukan secara rutin, ya!

4. Manfaatkan ramuan jus lemon, timun, dan kunyit

Kunyit dan timun sudah sejak lama dipercaya dapat memutihkan kulit di bagian manapun, begitu pula dengan campuran lemon. Untuk mencoba resep ini, Anda dapat mencampur satu sendok teh jus lemon, satu sendok teh jus mentimun, dan sedikit potongan kunyit yang telah dihaluskan.

Campurlah bahan-bahan tersebut menjadi satu, hingga membentuk pasta, lalu oleskan di bawah ketiak Anda sehabis mandi. Diamkan selama beberapa menit, sebelum membilasnya dengan air bersih. Jangan lupa lakukan hal ini secara rutin guna mendapatkan hasil yang maksimal, ya!

5. Pijat dengan kentang

Ya, Anda tidak salah dengar. Memijat bagian bawah ketiak dengan potongan kentang memang bisa menjadi salah satu cara memutihkan ketiak yang menghitam. Pasalnya, kentang memiliki kandungan pemutih yang ampuh untuk mengenyahkan noda hitam pada kulit.

Untuk mencobanya, Anda dapat mengiris kentang tipis-tipis, lalu menggunakannya untuk memijat bagian bawah ketiak selama 5-7 menit. Setelah itu, bilas ketiak dengan air bersih, dan ulangi langkah tersebut sebanyak 2-3 kali dalam seminggu untuk hasil yang optimal.

6. Oleskan campuran gula dan minyak kelapa

Cara memutihkan ketiak menghitam yang terakhir adalah dengan mengoleskan campuran gula dan minyak kelapa ke area ketiak. Kedua campuran ini dapat menghilangkan sel-sel kulit mati yang menyebabkan area ketiak menghitam.

Untuk mencobanya, campurkan satu sendok teh gula dengan beberapa tetes minyak kelapa, dan aduk hingga menjadi semacam pasta. Oleskan campuran ini ke bagian bawah ketiak, dan gosok-gosoklah area tersebut dengan campuran ini. Setelah itu, bilas dengan air bersih dan lakukan hal ini secara rutin.

Nah, itu dia 6 cara memutihkan ketiak menghitam yang bisa Anda coba praktikkan di rumah. Semoga bermanfaat, ya!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

SF/PJ/MA

Referensi