Cara Membuat MPASI Buah-buahan untuk Buah Hati

cara membuat MPASI buah

Cara membuat MPASI buah-buahan rupanya belum dipahami sepenuhnya oleh sebagian orangtua. Selain rutin memberikan bubur bayi dan biskuit bayi, nyatanya, menu MPASI berbahan dasar buah juga mampu menunjang pertumbuhan gigi dan gerakan tangannya, terutama saat menginjak usia 6 bulan.

Go DokKetika bayi masih berada pada fase menyusui, menjaga asupan nutrisi si buah hati tentunya harus diperhatikan oleh setiap orangtua. Selain memberikan ASI eksklusif, Anda juga harus memahami cara membuat MPASI buah-buahan untuk si kecil ketika sudah menginjak usia 6 bulan.

MPASI atau Makanan Pendamping ASI memang terbukti dapat mendukung kebutuhan nutrisi bayi Anda. Selain itu, pemberian MPASI yang tepat juga dapat melatih kemampuan mengunyah anak yang sedang dalam masa pertumbuhannya, serta merangsang pertumbuhan giginya. Namun, tidak semua jenis buah bisa diberikan kepada bayi yang masih berusia dini.

Lalu, seperti apa cara membuat MPASI buah-buahan yang baik dan tepat untuk menunjuang pertumbuhan buah hati Anda?

Seiring pertumbuhannya, bayi yang tengah menginjak usia 6 bulan mulai harus dikenalkan dengan jenis makanan semi padat menginat tubuhnya yang mulai membesar. Selain itu, pada usianya yang sekarang giginya juga sudah mulai tumbuh.

Selain itu, memberikan MPASI pada bayi di usia 8 bulan juga dapat merangsangnya untuk melibatkan gerakan tangannya dalam meraih jenis makanan favoritnya. Salah satu jenis MPASI yang bisa Anda coba berikan adalah menu dengan bahan dasar buah-buahan.

Berikut beberapa cara membuat MPASI buah-buahan yang bisa diberikan kepada bayi Anda.
  • Apel: Buah apel mampu menjaga kesehatan bayi Anda dan bisa menjadi salah satu makanan pertama utuk bayi Anda.
  • Aprikot: Buah ini memiliki kandungan yang tinggi akan Beta Carotene (Vitamin A), Vitamin C dan Lycopene. Kandungan ini tentunya sangat baik bagi bayi Anda.
  • Blueberry: Buah ini mengandung antioksidan, Vitamin A, Vitamin C dan serat yang tinggi. Namun, buah ini biasanya diberikan kepada bayi Anda yang sudah memasuki usia 8 bulan.
  • Stroberi: Buah ini juga menjadi sumber yang luar biasa untuk Vitamin C. Dengan warna merahnya yang cantik, tentunya bayi Anda akan sangat tertarik dengan buah ini.
  • Blewah dan Melon: Kedua buah ini memiliki kandungan Vitamin A, Vitamin C serta zat kalsium yang tinggi. Blewah memiliki konsentrasi beta karoten yang tinggi, loh! Kandungan ini akan menjaga kesehatan mata sang buah hati.
  • Ceri: Buah kecil dengan rasanya yang manis dan menyegarkan ini memiliki kandungan vitamin dan mineral yang banyak!
  • Pisang: Sumber gizi yang terdapat dalam buah pisang sangat baik untuk bayi Anda. Selain itu, memberikan MPASI pisang juga dapat melatih otot tangannya, lho!
  • Kiwi: Nah, buah ini memiliki kandungan vitamin c, serat, kalium serta folat yang baik untuk bayi Anda!
  • Mangga: Buah ini mengandung 6.9 mg Vitamin K, lho!
  • Pepaya: Mengandung jumlah Vitamin C yang tinggi, buah ini mampu membantu menyerap zat besi non-heme. Papaya juga memiliki kandungan Vitamin A (2516 IU’s.) serta Vitamin E. Selain itu, buah ini juga merupakan sumber serat dan asam folat yang baik.
  • Pir: Buah ini memiliki tekstur yang lembut untuk perut. Buah ini juga baik untuk bayi yang mungkin menderita Reflux.

Itulah beberapa pilihan cara membuat MPASI buah-buahan yang bisa Anda coba sebagai nutrisi tambahan untuk bayi Anda. Satu hal yang harus diperhatikan adalah untuk selalu menjaga kondisi kesehatan anak Anda dengan rutin berkonsultasi ke dokter anak. Semoga bermanfaat!

 

Baca juga:

 

Konsultasikan masalah kesehatan bayi Anda dengan menggunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya jawab dengan dokter kandungan pilihan Anda! Segera download aplikasi kesehatan Go Dok di sini.

PJ/TP

Referensi

Fruits for Baby Food. Learn about the yummy fruits you can make for baby food! Tasty Fruits easily made into Homemade Baby Food!


https://www.livestrong.com/article/515899-fruits-that-are-beneficial-in-breastfeeding/