Cara Membuat Es Krim yang Segar dan Menyehatkan

Cara membuat es krim

Cara membuat es krim yang segar dan menyehatkan ini bisa Anda coba untuk menu lebaran Anda tahun ini, Dengan membuat es krim sendiri di rumah, Anda bisa bebas berkreasi dalam menambahkan rasa dan bahan yang menyehatkan, seperti buah dan yoghurt sebagai pelengkap.

 

Go Dok – Selain menyegarkan, menyantap es krim juga bisa menjadi kudapan yang syarat akan vitamin dan mineral, lho. Jika Anda terlalu bosan dengan rasa yang monoton dari kudapan berbahan susu ini, mengapa tidak mencoba membuatnya sendiri? Lagipula, cara membuat es krim tergolong cepat dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan, lho.

Dengan membuat es krim sendiri di rumah, Anda bisa bebas berkreasi dalam menambahkan rasa dan bahan yang menyehatkan, seperti buah dan yoghurt sebagai pelengkap. Selain itu, membuat es krim sendiri juga bisa memastikan tidak ada bahan pengawet yang ditambahkan, bukan?

Mau tahu apa saja bahan dan alat yang dibutuhkan dalam membuat es krim yang sehat dan menyegarkan? Juga, apa saja sih manfaat menyantap es krim bagi tubuh? Berikut, daftar lengkapnya!

Apa saja Kandungan dan manfaat es krim?

Siapa sih yang tidak tergoda dengan bentuk dan visual dari sebuah es krim? Apalagi jka disantap ketika terik matahari di siang hari! Selain nikmat, ternyata es krim juga berguna sebagai sumber energi, karena kaya akan sumber karbohidrat. Dalam satu porsi piring kecil es krim, terdapat 15 gram karbohidrat, 7 gram lemak, dan 2 gram protein yang dapat membantu pemenuhan gizi kita.

Selain itu, es krim juga menjadi sumber vitamin dan mineral seperti vitamin A, B-6, B-12 C, D, dan E, serta thiamin, riboflavin, niacin, dan folat. Es krim juga mengandung sedikit vitamin K, yang berguna untuk mendukung pembekuan darah. Kandungan kalsium dan fosfor yang ada pada es krim juga menjaga tulang dan gigi kita tetap kuat, lho. Wah, lengkap, ya?

Jika diperhatikan, es krim seringkali menjadi obat mujarab ketika seseorang sedang merasa stres dan sedih. Wajar saja, pasalnya, es krim juga dapat menstimulasi terbentuknya hormon trombotonin atau serotonin, yang merangsang munculnya perasaan bahagia, lho. Selain itu, senyawa dopamine yang ada pada otak kita juga membantu mengambalikan suasana hati dan membantu kita kembali pada mood baik. Banyak sekali ya manfaatnya?

Di bulan Ramadan ini, tentu menyenangkan berbuka puasa dengan es krim yang beraneka rasa. Namun, daripada Anda membeli, tentu lebih baik kita membuatnya sendiri di rumah. Selain lebih hemat, kandungan bahan-bahan pembuatannya pun akan lebih terjamin dan tentu saja lebih sehat.

Lalu, bagaimana cara membuat es krim yang menyehatkan?

Berikut tahapan cara membuat es krim coklat yang bisa Anda coba:

  • Tepung maizena 15 gram
  • Gula pasir 200 gram
  • Susu segar 1 liter
  • 2 sendok teh ekstrak vanili
  • Kuning telur ayam 4 butir, kocok lepas
  • Coklat bubuk 3 sendok makan.

Pertama, masaklah susu segar dan gula pasir dalam panci hingga mendidih sambil terus diaduk-aduk secara merata. Sambil mengaduk, masukkan perlahan-lahan bubuk coklat.

Setelah itu, ambil satu sendok makan susu, kemudian campurkan dengan tepung maizena dan aduk sampai larut. Lalu, masukkan larutan tepung maizena tersebut dalam panci rebusan susu pertama dan larutkan.

Pada wadah lain, pindahkan susu dengan menyaringnya dengan kain tipis lalu masukkan perlahan kuning telur ayam, kemudian aduk hingga rata. Diamkan 10 menit, lalu masukkan ke dalam freezer.

Setelah 15 menit, aduk kembali es krimnya secara merata. Secara berkala, aduk es krim tiap 15 menit sebanyak 3 sampai 4 kali agar es krim menjadi halus dan lembut.

Selanjutnya, setelah delapan sampai sembilan jam dimasukkan ke dalam freezer es krim Anda siap dinikmati. Untuk penambah rasa, Anda bisa menambahkan buah, kue, coklat, permen, maupun sirop kesukaan Anda.

Bagaimana, mudah dan menyenangkan, bukan? Selain itu, setelah mengetahui cara membuat es krim, Anda bisa mengajak anak atau keponakan untuk turut serta meluangkan kreativitasnya. Selamat mencoba!

Baca juga:

Gunakan aplikasi Go Dok untuk dapatkan ragam layanan kesehatan gratis, langsung dari SmartphoneDownload aplikasinya di sini.

PS/TP/PJ

Referensi