Cara Membersihkan Komedo Bagi Si Hidung Landak

Cara membersihkan komedo

Cara membersihkan komedo ;  Terdapat 2 jenis komedo, yaitu komedo putih (whitehead) dan komedo hitam (blackhead). agar Anda terbebas dari komedo, baik komedo putih maupun hitam, berikut beberapa cara membersihkan komedo yang bisa dicoba di rumah.

 

Go DokLelah hati karena selalu dipanggil ‘si hidung landak’ lantaran kondisi wajah yang dipenuhi komedo? Duh, sabar, ya! Selain menjaga wajah dari berbagai polutan, Anda juga harus tahu berbagai cara membersihkan komedo, mulai dari menggunakan bahan alami maupun dengan perawatan kecantikan menggunakan obat khusus wajah.

Kondisi wajah yang sempurna memang menjadi harga mati agar rasa percaya diri tetap terjaga saat harus tampil di depan banyak orang. Memang, tidak semua orang cukup beruntung memiliki kondisi wajah yang bersih bersinar tanpa noda jerawat dan komedo. Mulai dari faktor hormonal, kondisi wajah yang berminyak, hingga aktivitas yang membuat wajah jadi lebih sering terpapar polutan di siang hari.  Simak cara membersihkan komedo untuk wajah bersih berikut ini!

Seperti yang sudah Anda ketahui, terdapat 2 jenis komedo, yaitu komedo putih (whitehead) yang masih tersembunyi dan berada di balik pori-pori kulit. Lalu, ada pula komedo hitam (blackhead) yang sama saja dengan kondisi komedo putih, namun sudah terlebih dahulu keluar dan menyumbat pori-pori sehingga teroksidasi dengan udara dan menjadi hitam. Ketika pori-pori tersumbat, itulah yang menyebabkan produksi minyak meningkat dan wajah jadi meradang.

Berikut beberapa cara membersihkan komedo yang bisa dicoba di rumah.
  • Selalu mengoleskan sunblockdengan kadar minimal SPF 15, karena terlalu lama terpapar sinar matahari dapat membuat kulit menjadi lebih sensitif.
  • Krim retinoid yang kaya akan vitamin A mengandung sifat antioksidan yang kuat sehingga dapat meningkatkan pertumbuhan kulit, mengurangi peradangan, serta memicu regenerasi sel-sel pada kulit wajah. Namun perlu diingat, penggunaan krim retinoid dapat membuat kulit wajah Anda menjadi lebih sensitif terhadap sinar matahari sehingga disarankan digunakan pada malam hari sebelum tidur
  • Melakukan uap wajah agar dapat membuka pori-pori yang sudah tersumbat sehingga komedo dapat meredakan komedo pada wajah. Anda bisa mencoba cara alami dengan menghadapkan wajah pada air panas yang telah direbus di dalam wadah.
  • Tea tree oiltelah dikenal sebagai bahan anti-peradangan dan antimikroba alami. Caranya, oleskan produk dengan kandungan tea tree oil pada kapas dan oleskan perlahan pada wajah secara menyeluruh.
  • Mengoleskan madu yang telah dihangatkan dan membiarkannya meresap ke dalam kulit selama 15 menit pada wajah dapat mengangkat komedo yang tersumbat pada pori-pori kulit.
  • Penggunaan lidah buaya atau aloe veradalam produk kecantikan sepertinya sudah diakui banyak orang, terutama kaum hawa karena sifatnya yang antibakteri dan dapat mengurangi produktivitas minyak pada kulit wajah.
  • Mengoleskan putih telur sebagai masker wajah dapat melindungi kulit wajah dari minyak berlebih dan kotoran yang menempel. Kandungan albumin dalam putih telur membantu menghilangkan jerawat dan dapat menjaga elastisitas wajah serta membuatnya semakin lembut dan halus. Selain itu, telur putih juga dipercaya mampu mengencangkan pori-pori kulit, lho.
  • Penggunaan obat dengan kandungan benzoil peroksida 2% sebanyak sekali dalam sehari dapat mengurangi komedo karena mengandung sifat anti-bakteri yang kuat dan dapat mengurangi peradangan pada wajah. Selain itu, benzoil peroksida juga dapat membantu mengurangi produksi minyak berlebih, lho.
  • Seperti benzoil peroksida, asam salisilat dapat mengurangi produksi minyak berlebih sehingga mampu mendorong komedo yang tersumbat dalam pori-pori keluar kulit. Selain itu, kandungan ini juga dapat menyingkirkan sel-sel kulit mati yang dapat menyumbat pori-pori wajah. Gunakan sebanyak 1 hingga 3 kali sehari untuk wajah yang cantik maksimal!

Selain menggunakan bahan-bahan di atas, Anda juga disarankan untuk memperhatikan pola makan dan kandungan dari asupan sehari-hari.

Berikut beberapa pola makan yang sebaiknya Anda hindari sebagai cara menghilangkan komedo:
  • Makanan dengan kandungan gula yang tinggi dapat meningkatkan kadar insulin yang berdampak pada meningkatnya hormon dalam tubuh. Seiring meningkatnya hormon, meningkat pula kelenjar minyak yang dapat membuat penumpukan minyak pada pori-pori wajah. Penumpukan minyak tersebut lah yang akhirnya membuat wajah Anda penuh komedo, terutama pada area dahi hingga hidung (T-zone).
  • Saat Anda mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat, tubuh akan mencerna dan mengubahnya menjadi gula. Seperti yang disebutkan di atas, terlalu banyak gula dapat meningkatkan kadar hormon seseorang, lho. Hal serupa terjadi jika Anda terlalu banyak mengonsumsi alkohol, karena dapat meningkatkan gula dalam darah.
  • Terlalu banyak mengonsumsi makanan dengan kandungan lemak jenuh dapat meningkatkan arachidonic aciddalam tubuh. Asam jenis ini dapat mengaktifkan lemak omega 3 dalam tubuh yang menyebabkan peradangan dan timbulnya jerawat

Dengan mengikuti cara  menghilangkan komedo di atas, dijamin wajah Anda dapat terbebas dari noda bintik-bintik di wajah. Dengan begitu, selamat tinggal ‘si hidung landak’!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini

TP/PJ/MA

Referensi