Cara Memanjangkan Rambut Secara Cepat dan Mudah

Cara memanjangkan rambut

Cara memanjangkan rambut ; Sebelum mengetahuinya Anda harus terlebih dahulu mengenal cara mengetahui kesehatan rambut Anda. Banyak hal yang berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut, mulai dari kurangnya  protein, vitamin, lemahnya akar rambut hingga faktor keturunan.

 

Go Dok – Kerap kali, beberapa wanita mengeluhkan bahwa rambutnya tak kunjung tumbuh dan memanjang meski sudah lewat waktu setahun. Biasanya, mereka kemudian menjadi tidak percaya diri karena menganggap bahwa rambut panjang seharusnya dapat membuat penampilan menjadi lebih cantik dan feminin. Apakah Anda salah satu wanita yang mengalami masalah tersebut? Sejatinya, banyak hal yang berpengaruh terhadap pertumbuhan rambut, mulai dari kurangnya protein, vitamin, lemahnya akar rambut, hingga faktor keturunan. Nah, untuk Anda yang ingin mempercepat pertumbuhan rambut, simak terus artikelnya, ya!

Mari simak beberapa cara memanjangkan rambut berikut ini!

1. Konsumsilah makanan yang mengandung asam lemak

Ingat, apa yang Anda konsumsi setiap harinya juga aka berpengaruh terhadap kesehatan dan pertumbuhan rambut Anda. Karenanya, cara memanjangkan rambut yang pertama adalah, Anda harus bisa membiasakan diri mengonsumsi makanan yang mengandung asam lemak, terutama Omega 3, yang berperan penting dalam menjaga kesehatan kulit, rambut, dan kuku. Beberapa makanan yang kaya Omega 3, antara lain adalah ikan salmon, tuna, makarel, kacang almond, dan walnut.

2. Mengonsumsi vitamin B dan asam folat

Masih seputar asupan makanan, cara memanjangkan rambut yang kedua adalah menjaga asupan vitamin B6. B12, serta asam folat di dalam tubuh Anda.  Pasalnya, kandungan-kandungan tersebut sangat penting untuk pertumbuhan rambut. Makanan yang memiliki kandungan B6 ini antara lain adalah pisang, kentang, ubi, dan bayam. Sementara yang mengandung asam folat di antaranya adalah daging sapi, daging ayam, ikan, dan produk olahan sapi. Sementara itu, Anda bisa mendapatkan asam folat dari buah dan sayuran, terutama buah citrus dan tomat, kacang-kacangan, serta gandum.

3. Mengonsumsi protein

Sama seperti asam lemak, asam folat, dan vitamin, protein juga merupakan zat yang berperan penting dalam pertumbuhan dan kesuburan rambut Anda. Daging ringan, seperti ikan dan ayam, serta telur dan produk kedelai (kacang kedelai, tempe, susu kedelai), merupakan sumber protein tinggi yang wajib Anda konsumsi secara rutin guna mempercepat panjangnya rambut.

4. Memijat kulit kepala

Cara memanjangkan rambut yang selanjutnya adalah dengan rutin memijat kulit kepala Anda. Hal ini akan membantu pertumbuhan rambut dan dapat dilakukan selagi Anda memakai minyak atau masker rambut. Pijatan bisa menstimulasi kulit kepala, mempercepat penumbuhan, serta menebalkan rambut Anda, jika dilakukan setiap hari. Jadi, sisihkan waktu Anda untuk kegitan yang satu ini, ya!

5. Manfaatkan lidah buaya (Aloe vera)

Sejak lama, lidah buaya alias aloe vera sudah dipercaya untuk mengobati kerontokan rambut. Hal ini bukan tanpa alasan, karena aloe vera memang bisa membebaskan folikel-folikel rambut yang tersumbat oleh minyak berlebih, yang seringkali membuat lemah batang rambut Anda. Kerontokan merupakan salah satu hambatan dalam memanjangkan rambut, dan hal ini dapat dihilangkan secara rutin mengoleskan aloe vera atau menggunakan shampoo yang memiliki kandungan ini. Hasilnya, pertumbuhan rambut akan lebih cepat, dan ketombe pun bisa hilang. Hebat, bukan?

6. Minyak kelapa

Sama dengan lidah buaya, minyak kelapa juga ampuh untuk mengobati serta mencegah kerontokan rambut. Anda bisa mendapatkan manfaat ini dengan mengoleskan minyak kelapa pada kulit kepala setiap hari, dan memijat bagian tersebut dengan lembut.

7. Minyak rosemary dan jus bawang

Baik jus bawang maupun minyak rosemary, sudah banyak digunakan dan dianjurkan untuk para penderita Alopecia -suatu kondisi di mana rambut tak kunjung tumbuh. Pasalnya, kedua bahan tersebut diyakini mampu menstimulasi pertumbuhan rambut secara kuat dan cepat. Jus bawang dapat meningkatkan sirkulasi darah ke kepala, dan meningkatkan produksi keratin yang bertugas menjaga pertumbuhan rambut. Anda bisa mengonsumsi jus bawang, atau menggunakan campurannya untuk digunakan bersama shampoo, dan menggunakan minyak rosemary untuk memijat kulit kepala secara rutin.

8. Konsumsilah minyak ikan

Ya, tak hanya baik untuk perkembangan otak dan syaraf, ternyata minyak ikan juga dapat digunakan sebagai cara memanjangkan rambut. Pasalnya, minyak ikan kaya akan antioksidan, Omega 3, nutrisi, dan protein yang dibutuhkan untuk merangsang pertumbuhan rambut dan menjaganya tetap sehat. Kerontokan pun bisa berkurang karena minyak ikan, lho!

9. Ginseng

Cara memanjangkan rambut yang terakhir adalah dengan mengonsumsi ginseng secara rutin. Pasalnya, suplemen yang mengandung ginseng dapat merangsang pertumbuhan rambut lebih cepat. dengan menstimulasi folikel-folikel rambut.

Nah, itu dia 9 cara memanjangkan rambut yang bisa Anda terapkan di rumah. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

 

SF/PJ/MA

Referensi