Cara  Memandikan Bayi  yang Benar. Ibu Baru Harus Tahu!

cara memandikan bayi

Cara memandikan bayi yang benar dimulai dengan pemilihan tempat mandi yang tepat, jumlah dan suhu air, tentukan waktu dan pemilihan produk mandi bayi.  Lalu, bagaimana tahapan cara yang harus dilakukan?

 

Go Dok Sebagai orang tua baru ada banyak hal yang harus dipelajari dalam merawat sang buah hati, mulai dari menggendong, menenangkan, memberikan ASI, pemilihan produk perawatan, hingga memandikan. Selain harus telaten, Anda juga harus berhati-hati dalam melakukan kegiatan tersebut terlebih saat memandikannya, karena jika salah maka si kecil akan merasa tidak nyaman dan yang paling fatal dapat menyebabkan cidera ringan, berbahaya bukan?

Namun Anda jangan khawatir, berikut cara memandikan bayi yang dapat diikuti:

1. Pemilihan tempat mandi

Bagi bayi yang baru lahir, Anda cukup memandikannya di atas perlak menggunakan lap basah. Namun jika sudah berumur sebulan Anda dapat memandikannya ke dalam bak bayi. Tipsnya, sebaiknya pilihlah bak mandi bayi yang terbuat dari bahan yang ringan seperti plastik yang didesign anti-slip. Lalu jangan pilih yang terlalu tinggi karena dapat menyebabkan bayi tersedak air dan tenggelam.

2. Atur jumlah dan suhu air

Setelah memilih bak mandi,  cara memandikan bayi selanjutnya adalah air. Tipsnya adalah usahakanlah suhu air yang digunakan tidak terlalu panas, tapi cukup ‘hangat-hangat kuku’. Sebab beberapa penelitian menyatakan bahwa air hangat dapat membuat bayi merasa lebih tenang dan nyaman. Lalu bagaimana cara memastikan suhu air yang tepat? Menurut Jeniffer Shu, M.D., seorang penulis heading Home with Your Newborn, cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan memasukkan sikut ke dalam dan rasakan apakah suhu air sudah hangat dan siap untuk digunakan.

3. Menentukan waktu dan berapa kali bayi dimandikan

Agar terjaga kebersihannya, mandikanlah bayi setiap hari setelah bayi berjemur atau sekitar pukul 7-8 pagi dan sore hari sekitar pukul 4 hingga 5 sore. Selain itu jangan lupa untuk selalu membersihkan popoknya tiga kali sehari dan juga mengelap muka, leher dang kedua tangannya, cukup hanya dua atau tiga kali dalam satu minggunya, ya!

4. Pemilihan produk mandi

Ari Brown, M.D., salah satu penulis Baby 411, menyarankan untuk memilih sabun seperti, mild baby wash tanpa kandungan parfum atau warna yang dapat memberikan iritasi pada kulit.

Kemudian dalam memilih sampo, sebenarnya Anda cukup menggunakan sabun untuk mencuci rambut si kecil. Namun, jika ingin menggunakan sampo, pilihlah yang aman dan tidak menyebabkan pedih untuk mata bayi.

Nah, itu dia berbagai persiapan yang harus Anda ketahui sebelum memandikan si kecil. Lalu untuk proses pemandiannya sendiri, menggunakan kain lap basah untuk bayi atau bathtub, Anda dapat mengikuti cara memandikan anak yang benar, berikut ini!

Menggunakan kain lap basah untuk bayi yang baru lahir:

  1. Gendonglah si kecil di atas lutut Anda, atau baringkanlah pada perlak bayi. Lepaskanlah pakaiannya dan balutlah badannya dengan handuk.
  2. Celupkanlah lap bayi ke dalam air hangat, kemudian lapkanlah dengan perlahan pada bagian seputar mata dan hidung bayi Anda.
  3. Lalu, bilaslah lap basah tersebut dan bersihkan sekitar kedua telinga bayi Anda, tetapi pastikan untuk tidak sampai ke dalam bagian telinganya.
  4. Setelah lap dibilas, bersihkanlah bagian leher bayi dan kedua tangannya.
  5. Menggunakan handuk, keringkanlah muka, telinga, leher dan tangan si kecil dengan perlahan.
  6. Menggunakan kain lap yang baru, masukanlah ke dalam air hangat, lalu bersihkan bagian pantat dan daerah kemaluan bayi secara perlahan.
  7. Keringkanlah area pantat dan kemaluan bayi dengan handuk.

Menggunakan bathtub, sabun dan sampo:

  1. Dengan satu tangan memegang bagian leher dan pundakbayi dan satu tangannya lagi memegang pantat bayi, tarulah si kecil di dalam bath tub atau bak kecil, mulai dari bagian kaki hingga kepala dan leher yang harus berada di atas batas air, ya!
  2. Bersihkanlah badan bayi dengan menggunakan satu tangan, Sedangkan untuk tangan satunya yang berada pantat bayi, perlahan berpindah ke atas, pada pinggang bayi. Dalam menggunakan sabun dan sampo, pastikan tidak terlalu berlebihan agak air tidak menjadi terlalu berbusa dan membuat si kecil tidak nyaman.
  3. Setelah selesai membersihkan bagian badan bayi dengan air dan sabun serta sampo, lalu angkat bayi dengan cara yang sama Anda menaruhnya ke dalam bathtub.
  4. Segera gunakan handuk untuk mengeringkan bayi Anda.
  5. Gunakanlah lotion, minyak hangat atau bedak pada tubuh bayi sebelum mengenakan pakaian padanya.

Nah, itu dia cara memandikan bayi yang benar! Hindari memandikan bayi Anda dalam jangka waktu yang panjang, demi mencegah hipotermia, ya! Cukup melakukannya selama 3-5 menit. Semoga bermanfaat!

Baca juga:

Gunakan fitur ‘Tanya Dokter’ untuk tanya dokter online yang siap 7×24 jam. Download aplikasi Go Dok di sini.

YC/PJ/MA

Referensi